Quantcast

Album of the Day: DJ Khaled – Grateful

By - 2 weeks ago in Album of The Day

Epic

Sebenarnya tidak perlu heran jika DJ Khaled tahun ini merilis “Grateful“, album ke-10-nya, padahal tahun lalu sudah merilis album “Major Key”. Tampaknya sang produser kenamaan ini memang memiliki kreativitas amat-sangat-berlimpah, sehingga harus menuangkannya dalam bentuk album, yang semenjak debutnya di tahun 2006, dirilis nyaris dengan jeda hanya setahun sekali. 10 album dalam 11 tahun? It meant for something.

Ngomong-ngomong kreativitas yang berlimpah, maka hal tersebut sangat terasa dalam “Grateful”, karena album dibekali oleh 23 track yang dipecah dalam dua keping CD dengan durasi sepanjang 87 menit. Mirip durasi minimal sebuah film panjang. Dengan amunisi sebanyak itu, maka DJ Khaled memanfaatkan banyak kenamaan masa kini, terutama di ranah R&B dan hip-hop untuk membantunya. Beyonce, Jay Z, Rihanna, Drake, Alicia Keys, Nicki Minaj, hingga Justin Bieber adalah pengisi “Grateful”.

“Grateful” jelas adalah salah satu album tersukses saat ini, setidaknya dari segi komersil. Ia debut di posisi #1 Billboard 200. Beberapa single yang dirilis pun mencapai status mega hit, sehingga menegaskan kesuksesan album. “Grateful” adalah saingan terdekat album baru Calvin Harris, “Funk Wav Bounces Vol. 1”, sebagai album bertabur bintang. Namun alih-alih menjadi saingan, bahkan Harris pun menjadi salah satu bintang tamu, bahkan produser, untuk salah satu track dalam “Grateful”.

Track yang kita bicarakan adalah ‘Don’t Quit’, yang juga menampilkan Jeremih dan Travis Scott sebagai pengisi vokal. Track yang menjadi penutup keping pertama ini memang cocok menjadi salah satu bagian “Funk Wav Bounces Vol. 1”, karena memiliki pendekatan tropikal yang sejenis dengan berbagai lagu lain di album tersebut. Menilik ini, bisa dikatakan DJ Khaled memang cenderung mengikuti aliran atau gaya bermusik musisi yang menjadi bintang tamunya, terutama jika sang featuring act adalah nama terpandang.

Contohlah ‘To The Max’ yang menampilkan Drake. Alur electro-hip-hop yang diusung Drake dalam lagu ini juga bisa sangat pas diskografi Drake sebagai artis solo. Sedang pasutri kenamaan Beyonce dan Jay Z hadir dalam track R&B up-beat ringan dan mengandalkan pop tebal ‘Shining’. Menilik track-track yang dihadirkan DJ Khaled di keping pertama, tampaknya ia memang mengincar lagu-lagu yang pas masuk dalam katalog top 40 atau radio-friendly.

Alicia Keys dan Nicki Minaj berkolaborasi dalam sebuah track pop-soul yang enerjik, dan dengan efektif memamerkan kekuatan dari masing-masing artis ikonik ini. Tentunya jangan lupa track-track mega hit seperti track laidback ‘I’m The One’ bersama Bieber, Quavo, Chance the Rapper dan Lil Wayne, dan ‘Wild Thought’ yang untuk kali pertama DJ Khaled sukses mengajak Rihanna untuk membantunya, setelah selama 7-8 terakhir mencoba untuk mengajak sang diva pop untuk menjadi featuring act-nya.

Jika keping pertama cenderung diisi oleh track-track hip-hop atau R&B atau pop kekinian, maka dalam keping kedua untuk “Grateful” DJ Khaled mengajak barisan artis yang dikenal berkat southern trap mereka, sehingga bagian ini pun dimeriahkan oleh track-track trap, yang boleh dikatakan memiliki tone dan nuansa yang agak berbeda dengan track-track yang terdapt dalam keping pertama.

Oleh karenanya lagu-lagu dalam keping kedua ini cenderung lebih tersegmentasi dan tidak terlalu mengejar pasar “mainstream”. Indikasi yang sudah ditunjukkan semenjak track pembuka keping kedua, ‘I Can’t Even Lie’ yang menampilkan Future dan langganan DJ Khaled, Nicki Minaj. Apa artinya album masa kini tanpa kehadiran Migos? Maka keping kedua menampilkan dua lagu bersama kumpulan ini, yaitu ‘Major Bag Alert’ dan ‘Iced Out My Arms’.

Berbicara tentang Future, ia juga menjadi salah satu artis yang hadir di beberapa track “Grateful” sekaligus. Setelah duetnya bersama Minaj tadi, ia juga hadir dalam ‘The Range Rover Came with Steps’, ‘Down for Life’, dan ‘Iced Out My Arms’, meski menjadi bagian ensemble ketimbang beraksi secara penuh.

Terlepas dari itu, keping kedua ini memang lebih konsisten dalam menghadirkan musikalitasnya. Trap, trap dan trap, sehingga tidak mengapa jika harus memulai mendengar “Grateful” di keping kedua, karena memang memiliki alur yang berbeda dengan keping pertamanya. Secara sederhana, “Grateful” memang terdengar seperti dua album yang dihadirkan secara simultan. Mendengarkan secara keseluruan tak mengapa, mendengarkan satu bagian saja juga pun tak masalah.

Verdict? Mixed bag at its best. Karena dengan begitu banyaknya materi “Grateful”, DJ Khalid agak sulit dalam menghadirkan track demi track yang memiliki impresi sama kuat. Beberapa terdengar sangat mencorong, sementara lebih banyak jenerik dan gampang terlupakan. Populasi yang kedua tadi cenderung lebih banyak sehingga lagu-lagu bagus dalam album relatif tertutupi. Mungkin lebih baik jika album dipadatkan dalam satu keping saja dengan DJ Khaled memilih track-track terbaik untuk dikompilasi. Mungkin.

Tapi mungkin karena ia masih berada dalam sebuah euforia setelah kelahiran putranya, Asahd. Tidak hanya vokal sang bayi di track penutup, ‘Asahd Talk (Thank You Asahd)’ (‘I Love You So Much’ dan ‘I’m So Grateful’ adalah dua lagu lain yang didedikasikan untuk sang putra), atau menjadi model sampul album, bahkan menjadi salah satu produser eksekutif untuk “Grateful”.

Bahkan jumlah track dalam album “Grateful” diambil dari 23 yang menjadi tanggal lahir Asahd di bulan Oktober tahun lalu. Oleh karena itu tidak heran jika materi album terdengar “agak dipaksakan”, karena ingin menyesuaikan dengan kelahiran anak tercintanya. Oleh karena itu, dengan banyaknya talenta kualitas A yang terlibat, agak disayangkan jika ternyata album tidak memiliki kualitas yang sama.

Official Twitter

TRACKLIST

Disc one
1. “(Intro) I’m So Grateful” (featuring Sizzla) 4:58
2. “Shining” (featuring Beyoncé and Jay Z) 4:44
3. “To the Max” (featuring Drake) 3:13
4. “Wild Thoughts” (featuring Rihanna and Bryson Tiller) 3:24
5. “I’m the One” (featuring Justin Bieber, Quavo, Chance the Rapper and Lil Wayne) 4:48
6. “On Everything” (featuring Travis Scott, Rick Ross and Big Sean) 3:53
7. “It’s Secured” (featuring Nas and Travis Scott) 3:39
8. “Interlude (Hallelujah)” (performed by Betty Wright) 0:52
9. “Nobody” (featuring Alicia Keys and Nicki Minaj) 4:31
10. “I Love You So Much” (featuring Chance the Rapper) 4:50
11. “Don’t Quit” (featuring Calvin Harris, Travis Scott and Jeremih) 3:49

Disc two
12. “I Can’t Even Lie” (featuring Future and Nicki Minaj) 4:01
13. “Down for Life” (featuring PartyNextDoor, Future, Travis Scott, Lauren Jauregui, Rick Ross and Kodak Black) 5:00
14. “Major Bag Alert” (featuring Migos) 4:57
15. “Good Man” (featuring Pusha T and Jadakiss) 3:38
16. “Billy Ocean” (featuring Fat Joe and Raekwon) 3:11
17. “Pull a Caper” (featuring Kodak Black, Gucci Mane and Rick Ross) 4:06
18. “That Range Rover Came with Steps” (featuring Future and Yo Gotti) 4:16
19. “Iced Out My Arms” (featuring Future, Migos and T.I.) 4:35
20. “Whatever” (featuring Future, Young Thug, Rick Ross, 2 Chainz and Travis Scott) 4:59
21. “Interlude” (performed by Belly) 2:18
22. “Unchanging Love” (performed by Mavado) 3:27
23. “Asahd Talk (Thank You Asahd)” Asahd Khaled 0:16

Love Film. Love Books. And Everything in Between.

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Music News | August 16, 2017 By

Wiz Khalifa Ajak Demi Lovato Dan Jamie Foxx Di Video Musik Barunya, ‘Something New’

Music News | By

Evanescence Umumkan Album Baru Bernuansa Orkestra, “Synthesis”

Music News | By

We Love Manchester Emergency Fund Sumbangkan $300 Ribu Pada Keluarga Korban Bom Konser Ariana Grande