'Insomnia' Dari Penyanyi Taiwan Wilber Pan Ketahuan Plagiat Karya 'Highlight' Junhyung

Oleh: naya - 16 Aug 2017

Aksi plagiarisme kembali menyandung industri musik Asia. Kali ini, single terbaru dari penyanyi asal Taiwan, Wilber Pan ketahuan mencontek lagu dari rapper sekaligus komposer musik dari boyband Highlight, Yong Junhyung. 

Wilber Pan baru saja beberapa hari lalu merilis single terbarunya, Insomnia yang sayangnya ketahuan menggunakan bagian melodi dari karya lagu milik Yong Junhyung. Lagu milik Yong Junhyung sendiri diciptakan bersama dengan komposer Kim Tae Joo dan tak pernah dirilis ke publik. Cuplikan lagu tersebut  hanya pernah diperdengarkan di acara “Showtime – Burning The Beast” episode 4 di tahun 2014.

Fans mulai mencurigai kesamaan tersebut semenjak lagu dirilis dan co-produser untuk lagu Insomnia mengikuti member boyband Highlight tersebut di media sosial. Beberapa fans bahkan sempat menyangka bahwa Junhyung sendiri yang menjual beat yang ia buat kepada produser Wilber Pan.

Namun pada 14 Agustus kemarin, Around US Entertainment selaku manajemen agensi Yong Junhyung memastikan hak cipta lagu tersebut masih menjadi milik Junhyung serta Music Cube.

Bang Jin Kang, yang akhirnya diketahui sebagai salah satu pencipta lagu Insomnia pun akhirnya merilis pernyataan pada 15 Agustus ini mengenai kemiripan kedua lagu. Ia pun mengakui bahwa tanpa sengaja menyertakan bar melodi yang sama untuk lagu Insomnia dengan milik Yong Junhyung.

Di sisi lain, agensi pun memastikan bahwa mulai dari sekarang akan lebih melindungi karya yang pernah dibuat oleh member dari Highlight.

naya
More from Creative Disc