Quantcast

Shane Filan dan Lagu-Lagu Cinta Yang Bergema di Bandung

By - 1 month ago in Concerts Review

Satu hal yang unik dari musik 90-an: kalau sudah nempel di masa kecil, nggak akan lupa sampai dewasa. Mau didengarkan berkali-kali juga pasti nggak akan bosan. Keputer secara random di radio pas kebetulan dengar, atau di tempat nongkrong pas kebetulan sedang ngopi-ngopi sore, pasti bikin bersenandung sendiri. Musik 90-an adalah racun yang bikin ketagihan. Persis seperti lagu-lagu Westlife yang dibawakan (lagi, dan lagi) oleh Shane Filan di gelaran konser ‘Love Always Tour’.

Setelah Surabaya dan Yogyakarta, vokalis utama Westlife itu diboyong oleh Full Color Entertainment ke Bandung. Tepatnya di Amphitheater, Trans Studio Bandung, pada Sabtu (19/8/2017). Ini adalah pertama kalinya Shane Filan menggelar konser tunggalnya di Bandung. Nggak heran kalau sambutan warga Negeri Pasundan cukup meriah buat pria asal Irlandia itu.

Meski acara dimulai sekitar pukul 20:00 WIB tapi sejak sore, antrean untuk masuk ke lokasi konser sudah dipadati oleh para Filaners (sebutan untuk fans Shane Filan). Jelas sekali terlihat bahwa kebanyakan dari mereka adalah penggemar Westlife sejak lama. Kebanyakan dari mereka adalah perempuan berusia di atas 25 tahun. Bahkan ada beberapa yang turut membawa suami dan anak. Ah tentu saja, karena Shane sendiri sekarang sudah punya tiga anak. Pasti fans-nya juga kebanyakan sudah berumah tangga.

Tapi saya belum. Positive. Saya menyukai Westlife sejak album pertama mereka dirilis di tahun 1998. Semua lagu-lagu hits mereka saya hapal di luar kepala. Dan kalimat pertama di artikel ini mendeskripsikan saya banget. Makanya meskipun Shane sudah berkali-kali menggelar konser di Jakarta, saya pasti akan tetap bisa menikmati lagu-lagu yang dia bawakan.

Yang berbeda dari konser di Bandung adalah karena ini merupakan tur promosi album terbarunya ‘Love Always’. Album yang berisi lagu-lagu cover/remake dari track-track bernuansa cinta kesukaan Shane (yang pastilah juga disukai oleh kebanyakan orang yang hidup di era lagu-lagu itu). Ya bagaimana nggak? Isinya adalah ‘Heaven’-nya Bryan Adams, ‘This I Promise You’-nya NSYNC, track klasik yang sudah di-cover banyak sekali penyanyi ‘Eternal Flame’, sampai ‘Need You Now’-nya Lady Antebellum.

Sayangnya Shane menyimpan kebanyakan lagu-lagu di album barunya untuk didengarkan mulai 25 Agustus nanti. Soalnya di konser ‘Love Always Tour’ Bandung, hanya sedikit dari tracklist dalam album ‘Love Always’ yang dinyanyikan. Beruntunglah mereka yang datang hari itu (tentu juga termasuk saya!) karena bisa mendengarkan Shane menyanyikan lagu-lagu barunya secara live meski tanpa diiringi oleh band.

“Halo Bandung! Senang sekali karena kalian sejak tadi banyak memanggil-manggil namaku. Mr. Shane! Mr. Shane! Mr. Filan!”

Shane menyapa fans-nya ketika muncul di atas panggung. Dia membuka konser dengan lagu ‘About You’. Fans di barisan terdepan yang membeli tiket dengan harga paling mahal nggak bisa mengontrol diri mereka malam itu. Setiap momen ingin diabadikan dalam kamera dan ponsel. Jadilah konser itu jadi parade Insta-Story. Nggak cuma mereka saja sih, karena penonton yang ada di kelas festival yang literally membentuk setengah lingkaran di depan panggung pun melakukan hal yang sama. Secara nonstop Shane lanjut menyanyikan ‘Uptown Girl’ dan ‘What Makes A Man’.

Koor membahana terdengar saat Shane memimpin fans untuk menyanyikan lagu ‘My Love’. Lagu ikonik Westlife yang diambil dari album ‘Coast To Coast’ itu langsung bikin fans melayang. Semakin membawa fans tenggelam dalam lirik-lirik lagu yang dalam dan menyentuh, Shane menyanyikan ‘What About Now’ yang juga dibawakannya dalam beberapa kali penampilannya di Jakarta.

Satu lagu yang disebut Shane sebagai lagu cinta favoritnya sepanjang masa adalah ‘Beautiful In White’. Lagu itu dibawakan dengan penuh penghayatan. Meski versi audionya sudah dibocorkan sejak lama, tapi resminya track ini akan ada di album ‘Love Always’ yang bakalan dirilis minggu ini.

“Di sini panas banget ya?” candanya, beristirahat sejenak sambil berusaha mendekatkan diri dengan para penggemar. Tapi belum ada tanda-tanda Shane akan mengakhiri konser ini karena sepertinya dia masih punya banyak deretan lagu untuk dinyanyikan. Lagu bernuansa country dari album solo pertamanya ‘Beautiful To Me’ lanjut dibawakan. Dihajar lagi oleh lagu yang kata Shane “lagu paling dalam dan benar-benar bermakna” dari album debut Westlife ‘Flying Without Wings’. Semua tentu sudah hapal lagu ini.

Sederet track “default” juga dinyanyikan seperti ‘Knee Deep In My Heart’, ‘You Raised Me Up’ (yang ini sih favorit dia banget deh kayaknya), dan ‘Swear It Again’ pun jadi bagian dari keseruan malam itu. Tapi yang paling bikin saya bernostalgia maksimal adalah versi live dari ‘This I Promise You’. Fandom clash banget antara Westlife dan NSYNC!

Konser diakhiri dengan ‘World Of Our Own’. Lagu andalan Shane untuk menghidupkan suasana dan bikin fans melompat-lompat nyanyi bersama di lokasi acara. Nuansa nostalgia memang selalu jadi andalan dalam setiap event konser Shane Filan. Dan malam itu, nostalgianya disertai dengan balon-balon sabun yang nggak berhenti ditiupkan oleh mesin di dekat panggung.

See you next time, Mr. Filan!

Photo by Sondhiar.

Fanboy Kpop sejak dahulu kala

Comments

Leave a Reply

Related Articles