Quantcast

10 Video Musik Bertema LGBTQ Yang Paling Berkesan

By - 3 months ago in Top 10 Lists

Di era masa kini, seorang musisi tampaknya semakin bebas dalam mengekspresikan seni mereka, termasuk dalam mengangkat tema-tema LGBTQ (Lesbian, Gay, Bisexual, Transgender, Questioning). Dan lagu-lagu bertema LGBTQ tersebut tidak hanya datang dari musisi yang merupakan bagian komunitas tersebut saja, namun juga ternyata berasal dari musisi heteroseksual.

Sebagaimana lagu-lagu “konvensional”, maka lagu-lagu bertema LGBTQ tersebut tentunya didukung pula oleh hadirnya sebuah video musik, yang bertugas tidak hanya untuk kepentingan promosional tapi juga mencurahkan narasi yang mereka hadirkan dalam lagu dalam bentuk visual.

Tidak begitu banyak memang video musik bertema LGBTQ yang hadir ke kalangan awam, terutama di ranah mainstream. Meski begitu, tetap ada yang berhasil mencuat ke permukaan dan menarik atensi besar, tidak kalah dengan “rekan-rekannya”, video musik bertema umum.

Untuk itu, simak 10 Video Musik Bertema LGBTQ Yang Paling Berkesan di dekade terakhir ini:

1. Troye Sivan – Blue Neighbourhood

Penyanyi muda asal Australia, Troye Sivan, memang sudah mengakui jika dirinya seorang gay. Tidak heran jika di album barunya, “Blue Neighbourhood”, ia pun dengan leluasa mengeksplorasi tema-tema tersebut. Bahkan, sebagai promosi ia menghadirkan 3 buah video sekaligus yang memiliki narasi saling berkaitan dan membentuk satu cerita utuh, yaitu ‘Wild’ ‘Fools’ dan ‘Talk Me Down’, yang kemudian digabungkan dalam satu video. Videonya sendiri berkisah tentang perjalan cinta Troye dan sang kekasih yang dikenalnya semenjak kecil. Namun tentangan orang tua dan juga norma heteronormatif menghalangi hubungan mereka. Troye juga mengangkat tema depresi dan bunuh diri dalam videonya yang memang memiliki resonansi dengan permasalahan yang sering dihadapi oleh para remaja LGBTQ.


2. Logic – 1-800-273-8255 (feat. Alessia Cara and Khalid)

‘1-800-273-8255’ milik Logic adalah bagian dari kampanye pencegahan bunuh diri di kalangan remaja dan juga bagian dari kisah coming-out (menyatakan ke publik jika dirinya seorang gay). Video menggambarkan perjuangan seorang remaja dalam menghadapi seksualitasnya. Lagunya sendiri terdengar sedih, sehingga videonya juga dengan otentik mencoba menggambarkan kehidupan para remaja LGBTQ yang harus mendapat tekanan normatif dalam hidup mereka. Meskipun perjalanan yang harus dilakukan protagonis dalam video penuh dengan aral, namun video membuktikan jika ada selalu cahaya menanti di ujung perjalanan.

Love Film. Love Books. And Everything in Between.

Comments

3 Responses to “10 Video Musik Bertema LGBTQ Yang Paling Berkesan”

  1. Bella says:

    aw y’all forgot to put Lady Gaga “Born this Way” there it was da most
    iconic song for LGBTQ community. really inspired tho to respect each other

  2. Rooney says:

    Harusnya ada T.A.T.U yang All The Thing She Said.. fenomenal di zamannya

  3. Anonim says:

    Adele – Set Fire To The Rain bisa masuk juga kan ya? karena menginterpretasikan seorang biseksual

Leave a Reply

Related Articles

Music News | December 12, 2017 By

Mariah Carey Dan Nick Jonas Mendapat Nominasi Di Golden Globes 2018

Music News | December 11, 2017 By

Gandeng Nicki Minaj, Quavo Hadirkan Lagu Romantis, ‘She for Keeps’

Music News | By

Dua Lipa Luncurkan Sebuah Album Mini Baru, “Live Acoustic”