Quantcast

Album of the Day: MXM – Unmix

By - 1 month ago in Album of The Day

Im Young Min dan Kim Dong Hyun pertama kali dikenal sebagai trainee dari agensi Brand New Music setelah mengikuti ajang survival show Produce 101 season 2. Im Young Min berhasil melaju hingga babak Top 20 sedangkan Kim Dong Hyun terhenti ketika masuk ke babak 35 besar. Namun bukan berarti karir keduanya selesai.

Dengan 2 orang trainee lain dari agensi yang sama lolos menjadi pemenang di Top 11 dan bergabung dengan boy group Wanna One, banyak fans khawatir Im Young Min dan Kim Dong Hyun harus menunggu hingga 2018 sebelum akhirnya bisa debut. Untungnya, agensi Brand New Music memiliki taktik lain dan mulai merencanakan debut keduanya di bulan September.

Setelah cukup sukses dengan dua single pre release Good Day dan I Just Do, pada 6 September kemarin duo dengan nama MXM ini pun resmi debut. Mini album dengan total 7 track, “Unmix” menjadi catatan pertama di discography mereka. 7 track total pada album ini terdiri dari dua single pre relase serta 4 lagu baru. Termasuk juga, I’m The One yang menjadi track utama.

Sebagai track utama, I’m The One digarap oleh dua produser unggulan dari agensi tersebut, 9999 dan Esbee. Track ini sendiri kaya akan unsur musik hip hop berpadu dengan pop. Genre yang dipilih memang sangat khas agensi label Brand New Music, yang mana sayangnya sudah dilakukan oleh sederet group lain di kpop. Salah satu alasan yang menjadikan I’m The One tak mampu tampil menonjol.

Secara keseluruhan, I’m The One sedikit mengecewakan sebagai track utama. Terlebih setelah Good Day, single pre release yang juga menjadi salah satu track di album ini hadir lebih powerful. Track ini mengusung unsur hip hop yang nyaris sama namun lebih kaya akan elemen yang menjadikan pendengar ingin terus mendengarkan lagu tersebut. Kombinasi dari vokal milik Kim Dong Hyun dan rap dari Im Young Min pun terdengar lebih harmonis untuk track satu ini.

Track Just Come Out memiliki sedikit unsur R’nB meski masih kaya akan genre hip hop. Tempo yang tak banyak berubah antara track satu ini dengan track sebelumnya, Being Objective sebenarnya menjadikan album ini secara keseluruhan terdengar lebih menyatu. Meski pun tempo yang meningkat naik pada track Save The Rest menjadikan album ini memiliki sedikit irama berbeda.

Single pre releaseI Just Do menjadi track terakhir dari album ini dan masih tak jauh berbeda dengan track sebelumnya. Baik itu untuk genre hingga untuk tempo yang digunakan. Meski harus dimaklumi, sebagai sebuah mini album debut, MXM tak memiliki banyak ruang untuk bermain-main dengan genre musik mereka. Meski nama kedua membernya terdaftar sebagai penulis lagu di beberapa track.

Mini album “Unmix” secara keseluruhan cukup memuaskan. Sebagai debut album pun, “Unmix” mencatatkan prestasi yang tak buruk di digital chart maupun penjualan fisik album. Tentunya, duo group ini masih memiliki ruang untuk mencoba genre baru di album-album mereka berikutnya.

Tracklist “Unmix”

1. Good Day
2. I’m the One
3. Being Objective
4. Just Come Out
5. Save the Rest
6. I Just Do
7. I’m the One (Inst.)* [CD Only]

Review ini pertama kali tayang di daebaknews

extremely loud, music enthusiast, and proud mother of 3 kittens

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Album of The Day | October 23, 2017 By

Album of the Day: IU – Kkot-Galpi #2: A Flower Bookmark

Music News | October 21, 2017 By

Pentatonix Rilis Video Pertama ‘Away in a Manger’ Tanpa Avi Kaplan

Music News | By

Joe Jonas Bekerja Sama Dengan Naughty Boy Untuk Single Terbaru ‘One Chance To Dance’