Quantcast

Album of The Day: Taeyang – White Night

By - 3 months ago in Album of The Day

Setelah menunggu 3 tahun, Taeyang akhirnya kembali dengan album solo terbaru. “White Night” menjadi nama album ketiga dari vokalis utama boy group Big Bang tersebut. Sekaligus menjadi nama tour yang digelar di Jepang, satu bulan sebelum album resmi dirilis. Album ini sendiri sudah sangat dinanti-nanti oleh fans. Terutama setelah hiatus panjang Big Bang dan rencana Taeyang untuk pergi wajib militer tahun depan.

Terdiri dari 8 track, YG Entertainment cukup memanjakan fans setelah mini album dari sederet group dan artis lain yang tak lebih dari 3 atau 5 track maksimal. Untuk album ini sendiri, Taeyang pun bekerja sama dengan produser serta pencipta lagu papan atas, mulai dari Kush dan Teddy, yang merupakan produser in house terkenal di YG Entertainment, serta Zico yang hadir sebagai featuring.

Album “White Night” dibuka dengan lagu White Night yang hanya sepanjang 1 menit lebih. Sayang sekali sebenarnya, karena untuk sebuah introWhite Night sukses membuat pendengar album langsung merasa jatuh hati.

Taeyang menunjukan kualitas suara yang tak perlu diragukan lagi untuk track pertama ini. Musik video White Night dirilis satu minggu sebelum album resmi meluncur ke pasaran dan sukses menarik perhatian untuk album “White Night” itu sendiri.

Wake Me Up menjadi salah satu track utama dari double track untuk album “White Night”. Track kedua ini memiliki komposisi vokal dan instrumen yang kuat, dengan lirik yang tak kalah penuh makna pula. Sentuhan musik tekno yang diberikan diantara karakter vokal Taeyang yang kental dengan R’nB menjadikan lagu ini repeatable.

Untuk track utama lain, Taeyang menghadirkan Darling, yang sayangnya kurang terasa “nyangkut” untuk sebuah main track. Lirik dan musik Darling ditulis oleh Teddy, produser utama YG Ent yang melahirkan sederet track sukses untuk artis dan idol group dari agensi tersebut. Sayangnya, Darling bukan salah satunya.

Darling merupakan lagu ballad dengan iringan dentingan piano. Suara Taeyang terasa lebih berkarakter untuk lagu ini. Namun sekali lagi, Darling rasanya terlalu underwhelming untuk sebuah lagu promosi utama.

Beberapa track berikutnya dari album ini memiliki konsistensi tema dan genre, yang sejujurnya menjadi hal yang bagus. Ride merupakan track yang sangat kental dengan unsur R’nB, sesuatu yang seharusnya memang sudah menjadi “makanan” bagi Taeyang. Track berikutnya, Amazing juga masih berada dalam alur genre yang sama dengan track lain. Dentuman tecno beat yang menjadi latar belakang untuk lagu ini berpadu dengan sangat apik dengan range vokal Taeyang yang lebar.

Empty Road menggunakan unsur dentingan elektrik gitar yang manis. Sekilas lagu ini mengingatkan pada lagu hits, Stay dari girl group yang berada di satu agensi dengan Taeyang, Black Pink. Bukan sesuatu yang buruk, tentunya. Lagu berikutnya, Naked merupakan perpaduan dari semua elemen yang ada di album ini. Mulai dari musik club banger dengan techno beat hingga unsur R’nB dan electric guitar.

Setelah Naked, pendengar langsung dibawa ke track berikutnya, Tonight yang merupakan lagu kolaborasi dengan rapper Zico. Lagu di track terakhir ini memiliki unsur yang nyaris sama dengan Naked, ditambah dengan rap dari Zico sebagai cherry on top.

Secara keseluruhan “White Night” mungkin bisa dikatakan sebagai album solo terbaik kedua dari Taeyang, setelah “Rise” yang dirilis pada 2014 lalu. Genre musik R’nB masih menjadi backbone dari keseluruhan dari album ini, meski sentuhan dari elemen di genre musik lain menjadi pemanis. Album ini sendiri dirilis secara eksklusif oleh YG Entertainment dengan hiasan bunga, daun, hingga feather asli yang dikeringkan. An art, indeed. 

Tracklist “White Night”

1. White Night
2. Wake Me Up
3. Darling
4. Ride
5. Amazin’
6. Empty Road
7. Naked
8. Tonight (Feat. ZICO)

extremely loud, music enthusiast, and proud mother of 3 kittens

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Music News | November 25, 2017 By

Why Don’t We Umumkan Perilisan Album Natal “A Why Don’t We Christmas”

Music News | November 24, 2017 By

BTS Luncurkan MV ‘Mic Drop’ Versi Remix Steve Aoki dan Desiigner

Music News | November 22, 2017 By

Agnez Mo Umumkan Bakal Tampil di Premier MNET Asian Music Awards 2017 di Vietnam