Quantcast

Konser ‘Diamond Edge’ SEVENTEEN yang Keren Banget

By - 4 weeks ago in Concerts Review

Waktu SEVENTEEN mengumumkan konser pertama mereka dan menjadikan Jakarta sebagai salah satu tujuan check in mereka, saya sudah tahu kalau konser ini akan jadi salah satu konser seru yang sangat menyenangkan untuk didatangi. Pertama karena saya sudah dua kali melihat penampilan SEVENTEEN di dua fanmeeting berbeda di Singapura dan di Jakarta yang memuaskan. Kedua karena bias. Hehe. Mungkin terlalu cepat untuk memasang label ‘CARAT’ di jidat saya untuk saat ini, tapi saya sejak ‘Mansae’, saya sudah masuk ke dalam jebakan 13 anak muda berbakat yang dilatih selama bertahun-tahun dan “disembunyikan” selama bertahun-tahun oleh Pledis Entertainment.

Nggak ada ekspektasi sama sekali untuk konser ‘Diamond Edge’ SEVENTEEN di Jakarta. Konser yang digelar promotor Mecima Pro di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang, pada 23 September 2017 lalu. Mungkin nggak adanya ekspektasi ini karena jauh di dalam hati (halah) saya sudah tahu konsernya akan keren banget. Men, ini SEVENTEEN. Bahkan nonton penampilan mereka di acara musik saja sudah menyenangkan dengan koreografi bak atraksi dan energi yang meledak-ledak namun terkontrol itu. Mungkin juga nggak adanya ekspektasi ini karena memang saya belakangan sudah banyak ketinggalan aktivitas mereka di industri hiburan. Kalau dipikir-pikir yang kedua mungkin benar karena memang belakangan ini terlalu melelahkan untuk mengejar ketertinggalan dan keep myself updated tentang apapun terkait grup-grup KPop. Hello, real life.

Kabar baiknya adalah, tidak adanya ekspektasi terhadap ini membuat saya justru puas banget duduk di kursi penonton di kelas Yellow dan menyaksikan ‘Diamond Edge’ dari sudut pandang paling strategis meski cukup jauh dari panggung.

Semua yang fans cari dari sebuah konser boyband Korea (kecuali live musik) ada di ‘Diamond Edge’. Konsep SEVENTEEN dengan tiga unit grup yaitu Vokal, Hip-hop dan Performance membuat ‘Diamond Edge’ jadi konser dengan paket lengkap. Penonton nggak cuma disuguhkan penampilan-penampilan reguler mereka membawakan lagu-lagu hits seperti ‘Pretty U’, ‘Mansae’, ‘Adore U’ atau ‘Very Nice’ saja. Tapi juga penampilan Vernon, S.Coups, Mingyu dan Wonwoo yang swag dengan musik hip-hop; Jeonghan, Joshua, Woozi, DK dan Seungkwan yang soulful dengan lagu-lagu ballad; juga Jun, Hoshi, The8 dan Dino yang tidak hanya sekedar menyanyi tapi menonjolkan performance mengingat mereka adalah para member Performance Unit. Rasanya seperti menyaksikan konser yang menggabungkan berbagai genre dalam satu panggung. Bedanya semua genre itu ditampilkan oleh satu grup yang berbakat luar biasa bernama SEVENTEEN.

Setlist-nya buat saya nggak berhenti berteriak dari awal sampai akhir konser. Meski saya tidak bisa terlalu hiperaktif dengan jingkrak-jingkrak dan lari-larian seperti mereka yang ada di kelas festival, tapi kaki saya tidak berhenti menghentak-hentak kencang. Tangan saya tidak berhenti bertepuk, terangkat, dan sesekali merekam dari kejauhan. Dan hampir selalu saya berteriak memanggil Joshua di setiap part menyanyinya yang saya ingat di beberapa lagu.

SEVENTEEN membuka konsernya dengan ‘Pretty U’, track yang membuat mereka seterkenal sekarang di Korea. 13 member naik panggung dengan setelan kemeja warna-warni mulai dari abu-abu, gradasi merah, pink, biru muda, biru sampai ungu gelap. Penampilan dengan busana ini dilanjutkan dengan ‘Beautiful’ dan lagu debut mereka ‘Adore U’ yang lagi-lagi bikin semua Carat histeris. Karena posisi kelas Yellow yang lebih tinggi dari kelas festival, saya bisa melihat cahaya dari Carat Bong (lightstick SEVENTEEN) yang dibawa para fans. Juga cahaya dari ponsel-ponsel yang terangkat untuk mengabadikan setiap momen dalam penampilan SEVENTEEN malam itu. Bersyukur juga promotor menempatkan Creative Disc di kelas Yellow. Kalau di Festival mungkin saya cuma bisa melihat ponsel terangkat doang sepanjang konser.

Sesi ment/chit-chat memakan cukup banyak waktu dalam konser ini. Mengingat jumlah member SEVENTEEN yang banyak dan masing-masing dari mereka berusaha untuk bicara bergiliran agar porsi bicaranya bisa terbagi rata. Ditambah lagi dengan proses menerjemahkan kata-kata mereka yang dilakukan oleh translator yang terkadang nggak bisa keep up dengan dialog antara member. Tapi seperti kebanyakan bintang KPop yang datang ke Jakarta, mereka menyapa dengan “Aku kangen kalian!” “Apakah kalian senang?” dan yang paling standar adalah “Aku cinta kamu!”.

Kalau mau diurutkan, saya punya tiga penampilan paling favorit di ‘Diamond Edge’ malam itu. Yang pertama adalah penampilan Vocal Unit membawakan dua lagu ballad ‘We Gonna Make It Shine’ dan ‘Don’t Listen Secretly’. Penampilan Joshua Cs di dua lagu ini benar-benar terasa emosional dan penuh penghayatan. Ditambah lagi efek lampu yang epik dan layar LED yang nyaman dipandang mata. Penampilan kedua yang jadi favorit saya ketika SEVENTEEN membawakan ‘Rock’ versi remix dan ‘Chuck’. Lampu dan LED berwarna merah itu sampai kebawa mimpi! Di dua lagu ini mereka juga berhasil mempertahankan mood dan suasana bersemangat meski sudah menjelang akhir konser. Dari kejauhan saja saya bisa merasakan energi mereka membuncah ketika dance. Nggak kebayang kalau saya ada di kelas Festival. Favorit saya yang terakhir adalah lagu ‘Shining Diamond’ karena lagunya easy listening (duh!) dan SEVENTEEN benar-benar memanfaatkan sesi encore untuk lebih dekat dengan para Carat dari berbagai sisi panggung.

Oh iya, momen ketika hip-hop unit membawakan lagu ‘Check In’ adalah yang paling seru. Karena di dalam lirik lagu itu terdapat kata “Jakarta” yang terasa sekali diberi penekanan oleh Vernon. Fans pun nggak bisa menyembunyikan rasa bangga mereka ketika nama ibukota negara dinyanyikan sang idola langsung di atas panggung.

‘Diamond Edge’ adalah konser tunggal pertama SEVENTEEN yang berkesan dengan segala keseruan dan penampilan bersemangat mereka. Andai saja lagu-lagu yang dibawakan malam itu diiringi oleh live band seperti konser-konser Infinite ketika mereka datang ke Indonesia pasti akan makin keren banget deh. Efek cahaya yang dimainkan malam itu, efek LED keren dibalut sound system yang oke membuat menyaksikan konser ini jadi makin nikmat. I think this is the best KPop concert of 2017. Setidaknya sampai September ini.

Oh iya kalau penasaran, berikut ini setlist konser ‘Diamond Edge’ di Jakarta (yang dikasih tanda seru adalah yang paling bikin histeris versi saya):

1. Opening VCR
2. Pretty U (!!!)
3. Beautiful
4. Adore U (!!!)
5. Ment 1 (Perkenalan)
6. Still Lonely
7. Very Nice (!!!)
8. Swimming Fool
9. VCR 2
10. Mansae Remix (!!!)
11. Boom Boom (!!)
12. Ment 2 (S.Coups & Wonwoo)
13. VCR 3 (Vocal Unit)
14. We Gonna Make It Shine (!!!)
15. Don’t Listen Secretly
16. VCR 4 (Hip-hop Unit)
17. Un Haeng Il Chi
18. Check In (!!)
19. VCR 5 (Performance Unit)
20. OMG Remix
21. Highlight Remix
22. VCR 6
23. Crazy In Love (!!)
24. My I (!!)
25. Habit
26. If I
27. Ment 3
28. Rock Remix (!!!)
29. Chuck (!!!)
30. Ment 4
31. Don’t Wanna Cry (!!!)
32. VCR – Video Letter to Carats
Encore
33. Shining Diamond (!!!)
34. Healing
35. Ending Ment

Official photo by Mecima Pro

Fanboy Kpop sejak dahulu kala

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Top 10 Lists | September 1, 2017 By

10 K-Pop Idol Ternama yang Juga Sekaligus Pencipta Lagu Hits

Concerts Review | August 28, 2017 By

Penampilan Perdana DAY6 di Jakarta, Seru dan Manis!

Concerts Review | August 25, 2017 By

Masih Baper Sama ‘Music Bank in Jakarta 2017’