Quantcast

Album of the Day: AGNEZ MO – X

By - 2 weeks ago in Album of The Day

PT SA Entertainment Indonesia

Rasanya sudah cukup lama setelah Agnes Monica merilis kolaborasinya bersama Timbaland dan T.I. dalam ‘Coke Bottle’ (2013), yang kemudian disusul dengan album berbahasa Inggris penuhnya yang pertama, “Agnez Mo” (juga dirilis di tahun yang sama), sekaligus memperkenalkan moniker barunya, Agnez Mo. Dan rasanya sudah lebih lama lagi semenjak Agnes, ok Agnez, bertekad untuk menghadirkan album internasionalnya.

Meski “Agnez Mo” keseluruhannya berbahasa Inggris, hanya saja album tersebut dilepas hanya untuk pasar lokal, sehingga para penggemar masih harus menunggu lagi untuk bisa mendengar album internasional tersebut terealisasi. Tapi syukurlah penantian akhirnya berakhir karena di tahun 2017 ini Agnez pun merilis sebuah persembahan istimewa, “X“.

Sebelum album hadir, Agnez terlebih dahulu meluncurkan video untuk lagu yang diset sebagai single pertama untuk albumnya, ‘Long As I Get I Paid’. Sebagaimana yang diduga, Agnez masih menghadirkan semangat R&B yang dipengaruhi hip-hop dalam ‘Long As I Get Paid’. Dengan teknis produksi dan aransemen yang rapi, ‘Long As I Get Paid’ memang bisa memuaskan keingintahuan apa yang ingin disajikan Agnez dalam album “X”.

Saat “X” secara utuh dirilis, yang dilepasnya di berbagai layanan streaming terkemuka di berbagai belahan dunia, maka kita akan tetap bisa menyimak invasi Agnez di ranah R&B/hip-hop tadi secara lebih ekstensif. Uniknya album ini murni hanya bersandarkan pada kekuatan Agnez seorang diri, tanpa perlu mengundang bintang tamu (biasanya rapper) untuk memeriahkan.

Album dibuka dengan track anthemik ‘Million $ Lover’ yang mungkin terdengar familiar, karena memang sudah sering wara-wiri di televisi atau YouTube sebagai soundtrack untuk sebuah promo gadget yang dibintangi Agnez. Jika ketukan beat ‘Million $ Lover’ terdengar familiar karena ada Danja, mantan anak asuh Timbaland, yang memproduseri nyaris sebagian besar album.

Oleh karena itu jika mendengarkan track seperti ‘Backroom’ atau ‘Level Up!’, atau ‘Wanna Be Loved’ atau ‘Karma’ seolah membawa kita ke pertengahan 2000-an di mana urban pop berjaya, tidak perlu heran. Tapi “X” tidak melulu berisi track-track… retrospektif, karena tetap ada pendekatan kekinian yang diusungnya, seperti tropical dalam R&B yang dibawakan dalam track penutup ‘Get What You Give’ atau reggaeton dalam ‘Damn I Love You’.

Sementara pop yang lebih tradisional diperdengarkan dalam track ‘Sorry’ di mana lagu bercorak synth-pop ini lebih memamerkan kekuatan vokal Agnez ketimbang produksi musik latar secara ekstensif yang cenderung mendistraksi. Oleh karena itu ‘Sorry’ terdengar sangat sing-a-long, catchy dan relatif paling gampang disukai di album “X”. Lagi pula vokal Agnez terdengar lebih matang dan ia menghindarkan diri dari tendensi bernyanyi melengking secara berlebihan.

Oase lain dari bebunyian electronic yang memenuhi album adalah track synth-pop lain, ‘Beautiful Mistake’. Lagu bergaya pop 80-an ini justru terdengar segar karena, sekali lagi Agnez diizinkan untuk memberi fokus pada permaian vokalnya yang dinamis ketimbang mengandalkan gimmick sound saja.

“X” pada intinya adalah album yang ritmis, bergelora dan penuh semangat. Mungkin bagi sebagian orang sound yang ditawarkan “X” terdengar tertinggal oleh zaman. Sedang sebagian lagi akan menganggap album adalah sebuah nostalgia atau tribut akan genre yang dipeluk Agnez Mo di karirnya dewasa ini. Tapi apapun itu, “X” adalah sebuah pembuktian yang patut untuk diapresiasi.

Official Website

TRACKLIST

1. “Million $ Lover” 3:05
2. “Long As I Get Paid” 3:15
3. “Sorry” 3:34
4. “Level Up!” 2:59
5. “Wanna Be Loved” 3:04
6. “Backroom” 2:48
7. “Karma” 3:51
8. “Damn I Love You” 3:50
9. “Beautiful Mistake” 3:33
10. “Get What You Give” 3:49

Love Film. Love Books. And Everything in Between.

Comments

3 Responses to “Album of the Day: AGNEZ MO – X”

  1. Rolly says:

    Albumnya terlalu berani, karena di era sekarang genre nya ini sulit untuk sulit untuk sukses di US bb hot 100… dan lebih beraninya lagi dia rilis album tanpa ada featuring artis, seolah2 dia siap untuk albumnya gagal total atau dia sukses atas namanya sendiri… sbgai org indonesia saya sangat bangga dng agnez

  2. Johanes Matmey says:

    Asli .. albumnya keren pake bgt, suaranya nggak usaha dibilang dagh . kere. pake maksimal . pake komplit dagh .. CHUKAAA ..

  3. Abdul Jalil says:

    Berharap yang terbaik aja unutuk musisi Indonesia yang satu ini.Bagaimanapun usahanya selama ini perlu diapresiasi.

    Tapi jujur,melihat apa yang ditawarkan oleh agnez di album X.Saya juga kurang yakin apa kah publik internasional mau menerima.Mengingat sekarang, gempuran musik EDM masih bertaji.

Leave a Reply

Related Articles

Music News | October 24, 2017 By

Martin Garrix Sukses Pertahankan Gelarnya Sebagai Top DJ Dunia

Music News | By

Bebe Rexha & Florida Georgia Line Bersama Membawa Americana Dalam Video ‘Meant To Be’

Music News | By

Sejukkan Hari Yang Panas Dengan Single Baru DJ Snake Bersama Max Frost, ‘Broken Summer’