Quantcast

Album of the Day: BTS – Love Yourself Her

By - 3 weeks ago in Album of The Day

Beberapa tahun lalu, tepatnya ketika pertama kali debut di tahun 2013, rasanya sulit membayangkan BTS akan menjajal banyak genre musik seperti saat ini. Debut dengan konsep raw hip hop, musik yang dihadirkan membawa angin segar di industri musik Korea Selatan. Terlebih ketika itu mayoritas idol group lain mengusung genre pop, hingga electro-pop, atau bahkan R’nB untuk beberapa group.

Produser sekaligus CEO Big Hit Entertainment, Bang PD yang membentuk BTS awalnya memang berniat membuat idol group dalam genre hip hop. Konsep tough hip hop gank pun digunakan oleh BTS pada masa debut dengan album pertamanya, “2 Cool 4 Skul”. Untungnya, pada mini album kelima ini, BTS menjajal paduan genre baru.

Pendewasaan secara musikalitas ini memang sangat terlihat pada mini album “Love Yourself ? Her”. Mulai dari genre yang digunakan, lirik yang lebih dewasa, hingga para member yang semakin menunjukan peranan dan bagian mereka masing-masing dalam grup. Satu lagi, mini album yang menjadi bagian pertama dari Love Yourself Series ini pun memantapkan popularitas BTS. Bukan hanya di Korea Selatan, tapi juga di seluruh dunia.

Album dengan total 9 track ini dibuka dengan intro track, Serendipity. Intro yang dirilis sebagai bagian dari teaser album tersebut dibawakan secara solo oleh sang vokalis utama, Park Jimin. Di track dengan durasi kurang dari 2 menit, Jimin menyanyikan lagu tentang rasa insecure, perasaan cinta yang mendalam, hingga keyakinan pada takdir. Suara dari sang vokalis sendiri sudah cukup memiliki karakter, namun di Serendipity, Jimin memperlihatkan sisi sensual sekaligus kemampuan vokal yang lebih dewasa.

DNA menjadi track kedua sekaligus track unggulan untuk album “Love Yourself ? Her”. Track dibuka dengan suara siulan yang menjadi latar belakang hingga verse pertama. DNA menjadi “uji coba” pertama BTS digenre EDM. Sederet elemen musik elektronik diberikan untuk track ini, membuat banyak penggemar BTS sendiri merasa tidak yakin apakah harus membenci atau menyukai DNA sebagai title track.

Dibandingkan dengan hits track dari BTS sebelumnya, seperti Not TodayBlood, Sweat, and Tears, bahkan dengan Spring DayDNA memang membawa napas baru. Westernisasi dari musikalitas BTS ini pun sepertinya menjadi satu hal yang mau tak mau harus diterima oleh fans. Walau patut disyukuri, V, sebagai sub-vokalis mendapatkan porsi yang cukup besar. Baik itu ketika membuka lagu, hingga untuk verse.

Track berikutnya merupakan lagu yang digarap BTS bersama The Chainsmokers. Track Best of Me mengusung genre mid-tempo EDM yang membawa album ini ke level berikutnya. Tak mengecewakan, meski banyak fans yang berharap lebih dari kolaborasi idol group yang merepresentasikan Asia dengan duo produser dari industri musik Amerika Serikat.

Mic Drop menjadi track tepat setelah skit Billboard Music Awards Speech. Setelah dimanjakan dengan track bernafaskan EDM di beberapa track sebelumnya, BTS kembali ke “jati diri” mereka di track ini.

Mic Drop merupakan track yang penuh energi, liriknya pun menunjukan rasa percaya diri para member BTS dengan prestasi yang mereka raih hingga saat ini. Sedikit disayangkan memang karena Mic Drop sangat title track worthy untuk menjadi track ketujuh di mini album “Love Yourself ? Her”.

Tak ada yang menyangka BTS akan memilih Go Go sebagai b-side mereka untuk masa promosi kali ini. Sama seperti Mic Drop, BTS kembali dengan genre hip hop dengan sentuhan R’nB yang manis. Track yang cukup bagus, sebenarnya, bila tidak terasa kebanting dengan Mic Drop yang mindblowingly good. Secara produksi, Go Go menunjukan kekayaan yang tak akan ditemukan dari track BTS di album sebelumnya. Satu lagi peningkatan dari BTS.

Secara keseluruhan, kualitas album “Love Yourself ? Her” sesuai dengan popularitas dan hype yang didapatkan, terutama untuk fans yang kembali menyaksikan pendewasaan dan ekspansi BTS secara musikalitas. Album ini sendiri memiliki 4 versi berbeda, L, O, V, dan E. Masing-masing hadir dengan photobook dan cover berbeda.

Track List:

01. Intro : Serendipity
02. DNA *Title
03. Best Of Me
04. ??? (Dimple)
05. Pied Piper
06. Skit : Billboard Music Awards Speech
07. MIC Drop
08. ???? Go (Go Go)
09. Outro : Her

extremely loud, music enthusiast, and proud mother of 3 kittens

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Album of The Day | October 23, 2017 By

Album of the Day: IU – Kkot-Galpi #2: A Flower Bookmark

Music News | October 21, 2017 By

Pentatonix Rilis Video Pertama ‘Away in a Manger’ Tanpa Avi Kaplan

Music News | By

Joe Jonas Bekerja Sama Dengan Naughty Boy Untuk Single Terbaru ‘One Chance To Dance’