Quantcast

Album of the Day: Demi Lovato – Tell Me You Love Me [Deluxe]

By - 3 weeks ago in Album of The Day

Island

Setelah rock dan pop, dalam album studio keenamnya, “Tell Me You Love Me“, kini Demi Lovato ingin lebih memperdalam musikalitasnya di ranah pop-soul-R&B. Bukannya Demi tidak pernah membawakan lagu-lagu seperti itu di masa lalu, hanya saja “Tell Me You Love Me” memang seolah ingin mempertebal pilihannya.

Hal ini ini sudah ditekankan Demi melalui single pertama, yang sekaligus bertindak membuka album, ‘Sorry Not Sorry’. Dalam lagu yang kaya dinamika ini beat electro-R&B kuat mewarnai lagu, sementara Demi memamerkan jangkauan vokalnya yang luas dan terdengar sangat soulful. Anthem rasa percaya diri dibawakan dengan…tentu saja percaya diri oleh Demi. What’s wrong with being confident, off course.

Langsung disusul dengan ‘Tell Me You Love Me’ yang juga menjadi judul album. Permainan vokal cantik tadi masih menjadi andalan Demi dalam membetot perhatian pendengar, sementara arsiran soul yang anthemik menjadi latar bagi dirinya dalam bernyanyi. Dua track yang menjadi awalan “Tell Me You Love Me” seolah menegaskan arah musikalitas yang diusung Demi kali ini.

Tidak heran jika album berisi juga track-track sejenis seperti balada ‘You Don’t Do It For Me Anymore’ yang membawa soul secara lebih klasik di mana Demi tak kalah sukses dalam tugasnya. Lantas ada track balada lain, yang kali ini adalah sebuah nomor R&B atmosferik, ‘Only Forever’, yang rasa-rasanya pas membuat Demi sebagai versi perempuan untuk The Weeknd, meski secara tema tidak segelap sang penyanyi Kanada itu juga.

Pendekatan yang mirip dengan ‘Only Forever’ ditemui dalam track susulannya, ‘Lonely’. Hanya saja, ketimbang R&B alternatif, rhythm and blues dihadirkan secara lebih tradisional. Hadir pula rappper Lil Wayne yang membantunya di track ini. Seolah bagian kedua album memang disengaja Demi untuk diisi oleh track-track balada, karena setelahnya ada track soul ‘Cry Baby’, yang mempuat suasana mellow menjadi semakin kuat saja.

Tapi rupanya Demi tak ingin lama-lama terjebak dalam melankolisme, karena intensitas kembali ditingkatkan Demi dalam track berikutnya, ‘Games’, yang mengingatkan akan anthem R&B era 90-an meski harus diakui lagunya terdengar organis ketimbang hanya sekedar pastiche sepertinya kebanyakan lagu-lagu bergaya sama di masa kini.

Kentalnya warna soul dan R&B memang layak diacungi jempol karena Demi mengerjakannya dengan baik. Tapi bukan lantas ia melupakan lagu-lagu pop juga. Album masih menyediakan untuk itu. Misalnya track synth-pop ‘Sexy Dirty Love’, meski sebenarnya mengingatkana akan track R&B era 80-an, yang dipadu dengan funk. Sementara ‘Daddy Issues’ hadir dalam semangat alt-pop, yang dibalur dengan vokal powerful Demi. Alt-pop pun masih diangkat dalam balada atmosferik ‘Run The Friendship’.

Untuk edisi deluxe, Demi menghadirkan kolaborasi EDM serunya bersama Jax Jones dan Stefflon Don yang tak kalah anthemik. Memang cocok track ini dimampatkan sebagai track bonus saja, karena memang secara warna dan musikalitas terasa jomplang dengan lagu-lagu di atasnya.

Sementara ada dua track akustik yang juga hadir sebagai bonus, yaitu untuk ‘Sorry Not Sorry’ dan single hit kolaborasinya bersama Cheat Codes, ‘No Promises’. Dalam balutan akustik, tentunya lagu-lagu ini lebih menegaskan vokal Demi sebagai penggerak utama lagu

Setelah beberapa album yang berisi materi hit-and-miss, senang saat mengetahui akhirnya Demi Lovato bisa terdengar penuh dan bulat dalam album barunya ini, “Tell Me You Love Me”. Meski beberapa tema lagu cenderung terlihat insekur, namun pemilihan musik yang lebih sewarna membantu albumnya untuk tampil mencorong.

Lagipula melalui lagu-lagu seperti yang dibawakan Demi di album ini, ia bisa dengan lebih ekstensif dalam menyalurkan vokalnya yang memang cukup istimewa, terutama di kalangan penyanyi generasinya. Jika sebelumnya Demi pernah menyebutkan Christina Aguilera dan Kelly Clarkson sebagai penyanyi yang mempengaruhinya dalam bermusik, maka dengan “Tell Me You Love Me”, bolehlah dikatakan ia sukses menyuarakan dua idolanya tersebut dalam musikalitas yang disajikannya.

Official Website

TRACKLIST

1. “Sorry Not Sorry” 3:23
2. “Tell Me You Love Me” 3:56
3. “Sexy Dirty Love” 3:33
4. “You Don’t Do It for Me Anymore” 3:17
5. “Daddy Issues” 3:09
6. “Ruin the Friendship” 3:53
7. “Only Forever” 3:17
8. “Lonely” (featuring Lil Wayne) 4:41
9. “Cry Baby” 3:42
10. “Games” 3:08
11. “Concentrate” 3:17
12. “Hitchhiker” 3:43

DELUXE
13. “Instruction” (Jax Jones featuring Demi Lovato and Stefflon Don) 2:45
14. “Sorry Not Sorry” (Acoustic) 3:25
15. “No Promises” (Acoustic) (Cheat Codes featuring Demi Lovato) 3:52

Love Film. Love Books. And Everything in Between.

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Music News | October 24, 2017 By

Martin Garrix Sukses Pertahankan Gelarnya Sebagai Top DJ Dunia

Music News | By

Bebe Rexha & Florida Georgia Line Bersama Membawa Americana Dalam Video ‘Meant To Be’

Music News | By

Sejukkan Hari Yang Panas Dengan Single Baru DJ Snake Bersama Max Frost, ‘Broken Summer’