Quantcast

Album of the Day: Miley Cyrus – Younger Now

By - 3 weeks ago in Album of The Day

RCA

Bagi yang berkomentar kalau musik masa kini terdengar sama dan terlalu banyak bersandar pada mesin, siapa kira yang menyediakan alternatif untuk itu adalah seorang Miley Cyrus. Seorang mantan bintang Disney yang beken berkat track-track pop berbalut electronic yang terdengar sangat modern. Setelah “Bangerz” (2013) yang mengadaposi skena pop-urban dan “Miley Cyrus & Her Dead Petz” (2015) yang psikadelik. kembali mereboot karirnya dengan “Younger Now“, yang uniknya terdengar sangat “old soul” untuk seorang penyanyi (yang masih) berusia 24 tahun seperi dirinya.

Dalam “Younger Now” Miley justru kembali ke wilayah musik yang diakrabinya semenjak kanak-kanak sebagai warga Tennessee dan dibesarkan di rumah tangga milik penyanyi country kenamaan Billy Ray Cyrus, country, meski dipadukannya juga dengan folk serta tentunya pop.

Nomor pembuka ‘Younger Now’, yang juga menjadi judul album, adalah pembuktian eksistensi Miley di wilayah musik barunya. Dengan produksi yang cenderung minimalis, Miley lebih bersandar pada melodi yang mudah dicerna, sementara notasi bergerak dalam dinamika pop-folk-country dan memberi fokus pada nyanyian Miley yang terdengar dewasa.

Miley terdengar agak mengawang dalam ‘Malibu’, namun track ini jelas memberi definisi akan apa yang ingin disajikan dirinya dalam album ini. “Malibu’ mungkin tidak secatchy ‘We Can’t Stop’ sebagai single andalan, tapi tidak kalah dalam mengendap di benak dan susah keluar setelah mendengarnya. Apalagi setelah berulang-ulang.

Hanya beramunisi 11 track dan berdurasi sekitar 41 menitan, “Younger Now”, memang terasa padat dan kompak. Di dalamnya kita akan mendengar track seperti ‘Rainbowland’, di mana Miley berduet dengan legenda country sekaligus sang godmothe, dimana aura country begitu kuat merebak, sebagaimana ‘Miss You So Much’, ‘I Would Die For You’, ‘Bad Mood’, atau ‘She’s Not Him’ yang dinyanyikan dengan twang khas Miley.

Miley menulis lagu-lagu dalam “Younger Now” bersama Oren Yoel. Dan sebagian besar lagu yang mereka tulis di dalam album ini adalah balada. Oleh karena itu tidak heran jika album terdengar sangat menghanyutkan dan kadang emosional, seperti ‘She’s Not Him’ tadi atau track penutup yang melantun dengan lirih, ‘Inspired’.

Tapi album tak terlupa pula memasukkan pendekatan pop kekinian dalam musikalitas country/folky Miley, seperti ‘Thinkin” yang jika saja diolah dalam musik latar berbeda, bisa jadi anthem electropop kontemporer dengan semangat funk tebal dan pas menjadi bagian album lanjutan “Bangerz” (misalnya ada).

Sedang dalam ‘Week Without You’ Miley dengan cukup manis memasukkan unsur doo-woop dalam countrynya, sehingga lagu terdengar segar dan sedikit berwarna pop-soul. Lagu begitu inovatif sehingga rasanya sulit untuk bisa melupakannya setelah mendengarnya.

Lagu-lagu dalam “Younger Now”, selain bergerak di wilayah balada, adalah lagu-lagu yang dikomposisi dengan harmonisasi vokal dan notasi yang cantik. Dan sebagaimana yang disebutkan di atas, ia adalah jawaban untuk yang mencari lagu-lagu pop yang terdengar tidak sama dengan apa yang kini banyak beredar di pasaran.

Hanya saja, patut dicermati lagu-lagu yang terdapat dalam “Younger Now” bukanlah lagu-lagu yang begitu saja pas menjadi bagian top 40. Ia adalah jenis album dengan materi yang memang didengar secara utuh sebagai album. Bagi yang sudah terlalu biasa dengan track-track catchy dan easy listening pop masa kini, mungkin saja akan agak susah untuk bisa menyukai “Younger Now”. Oleh karena itu, bisa jadi mereka akan mudah melupakan album setelah sekali dengar saja.

Sungguh disayangkan jika begitu, karena sebenarnya “Younger Now”, terlepas dari semangat kurang mainstream-nya dan anggapan terlalu bermain aman (selepas “eksperimen”-nya dengan dua album terakhir), adalah sebuah album pop yang memiliki kualitas tidak main-main dan pastinya menunjukkan eksistensi seorang Miley Cyrus sebagai seorang musisi. Bukan sekedar bintang pop belaka.

Official Website

TRACKLIST

1. “Younger Now” 4:08
2. “Malibu” 3:51
3. “Rainbowland” (featuring Dolly Parton) 4:25
4. “Week Without You” 3:44
5. “Miss You So Much” 4:53
6. “I Would Die for You” 2:53
7. “Thinkin'” 4:05
8. “Bad Mood” 2:59
9. “Love Someone” 3:19
10. “She’s Not Him” 3:33
11. “Inspired” 3:21

Love Film. Love Books. And Everything in Between.

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Music News | October 24, 2017 By

Martin Garrix Sukses Pertahankan Gelarnya Sebagai Top DJ Dunia

Music News | By

Bebe Rexha & Florida Georgia Line Bersama Membawa Americana Dalam Video ‘Meant To Be’

Music News | By

Sejukkan Hari Yang Panas Dengan Single Baru DJ Snake Bersama Max Frost, ‘Broken Summer’