Quantcast

Konser Taeyang di Jakarta: “Saat Terbahagiaku Adalah Saat Bersama BIGBANG”

By - 1 month ago in Concerts Review

Untuk kedua kalinya, Dong Young-bae alias Taeyang memasukkan Jakarta ke dalam tur dunia solonya bertajuk “White Night in Jakarta” yang dipromotori oleh IME Indonesia. Bertempat di JIExpo Jakarta pada 13 Oktober lalu, sebulan setelah konser solo rekannya di BIGBANG, G-Dragon, antusiasme VIP untuk menonton langsung idola mereka tetap tinggi! “What’s up Jakarta?!” sapa Taeyang yang langsung menghentak panggung dengan ‘Ringa Linga’ yang disambut teriakan meriah dan ayunan crownstick penonton.

Berturut-turut membawakan ‘Ringa Linga’, ‘Body’ dan ‘Superstar’, Taeyang menghilang ke balik panggung. Sebenarnya terlalu awal untuk memberikan jeda, karena semangat penonton yang baru dimulai harus langsung menurun sebelum menyambut lagu selanjutnya. Tidak lama-lama, Taeyang kembali ke panggung dengan membawakan ‘Wake Me Up,’ salah satu track dari album terbarunya, ‘White Night’. “Halo semuanya! Selamat malam. Ini Taeyang. Senang bertemu kalian! Aku kangen kalian. Apa kalian kangen aku?” Taeyang berinteraksi dengan Bahasa Inggris yang fasih, yang tentunya disambut teriakan gembira penonton. Kita semua kangen Taeyang!

Di konser ini, Taeyang cukup sering memberikan jeda dengan pergi ke balik panggung, baik untuk berganti kostum maupun sedikit mengisi ulang enerji. Seperti konser solonya dua tahun lalu, penampilan Taeyang ditemani full band dan delapan dancer di atas panggung. Tidak ada yang terlalu spesial tentang setting panggung yang memang mirip dengan tata panggung konser terdahulunya. Namun kali ini Taeyang ditemani sebuah layar bulat di atas kepalanya yang seringkali menampilkan proyeksi matahari, sesuai arti namanya dalam bahasa Korea (“Taeyang” berarti matahari). Taeyang membawakan ‘I Need a Girl’ dengan diawali versi akustik yang diiringi gitarisnya, dilanjutkan dengan ‘Empty Road’ yang juga bernuansa akustik. Suara Taeyang semakin terdengar jernih saat akustikan! “Bagaimana pendapat kalian tentang album baruku? Cukup keren, ‘kan? Malam ini kalian bisa dengar semua lagu baruku. Secara pribadi, dari semua (solo) albumku, aku paling bersenang-senang membuat album ini. Aku sangat puas dan senang dengan hasilnya. Kuharap pesan musikku bisa tersampaikan pada kalian.” curhat Taeyang tentang album barunya.

VIP memang belum bisa melihat lagi aksi BIGBANG yang sedang hiatus dan harus menunggu beberapa tahun sampai semua membernya “lulus” wajib militer nanti. Malam itu, Taeyang cukup mengobati kerinduan dengan membawakan beberapa lagu BIGBANG. ‘Last Dance’ dibawakan Taeyang sambil bermain keyboard ditemani gitarisnya. Sungguh bikin baper! Taeyang sempat berhenti di awal lagu dan mengulang dari awal karena kunci yang tidak pas. “Maaf, aku akan coba sekali lagi.” ucapnya. Selanjutnya, ‘Last Dance’ seakan menjadi duet antara Taeyang dan penonton yang sing along sepanjang lagu. “Lagu yang baru kalian dengar itu milik BIGBANG, judulnya Last Dance. Bagaimana lagunya saat kubawakan sendirian? Setiap aku menyanyikan ini, aku kangen banget sama semua member BIGBANG! Saat terbahagia bagiku adalah saat aku bersama BIGBANG.” kata Taeyang. Setelah sempat membuat penonton semakin heboh dengan ‘Good Boy’, track duetnya bersama G-Dragon, hysteria penonton memuncak saat dua lagu BIGBANG dibawakan. ‘Bang Bang Bang’ dan ‘Fantastic Baby’ benar-benar jadi puncak kehebohan malam itu! ‘Eyes Nose Lips’ menjadi lagu penutup yang dibawakan Taeyang tanpa adegan topless seperti konser terdahulunya.

Tidak banyak fan service yang diberikan Taeyang. Tidak ada adegan bagi-bagi sepatu bertanda tangan apalagi mengajak penonton naik ke atas panggung. Untungnya Taeyang terhitung cukup sering berinteraksi dengan penonton, yang membuat penonton merasa dekat dengan idolanya. Walau tata panggungnya sederhana, tak apalah, penampilan Taeyang tidak sederhana. Suara yang terus stabil sepanjang konser juga tarian yang terus membakar suasana cukup membuat konser malam itu berkesan. G-Dragon dan Taeyang sudah resmi mengucapkan perpisahan dengan penggemar mereka di Jakarta, dan sekarang waktunya kita setia mendukung BIGBANG dan menunggu mereka selesai wajib militer yang kabarnya baru bakal dimulai musim semi tahun depan.

Official photo by IME Indonesia.

From Pop-Punk to K-pop. From "My headbang is so hard that I get my concussion." to "Kyaaa oppa!"

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Music News | September 25, 2017 By

Taeyang ‘Big Bang’ Bakal Gelar Konser World Tour 2017 “White Night” di Jakarta

Concerts Review | September 18, 2017 By

In Our Bones Tour Jakarta, Lebih Dekat dengan Against the Current

Top 10 Lists | September 15, 2017 By

Ini Dia 5 Alasan Kamu Wajib Nonton Konser Taeyang ‘BIGBANG’ di Jakarta