Quantcast

UK/ID Festival 2017, Acara Puncak Kolaborasi Seniman Indonesia dan Inggris

By - 2 weeks ago in Music News

British Council, sebuah organisasi internasional asal Inggris dalam bidang hubungan budaya dan pendidikan akan kembali menggelar UK/ID Festival 2017 pada 17-22 Oktober 2017 di The Establishment, SCBD, Jakarta. Tidak tanggung-tanggung, acara bertema “Come Together” ini akan melibatkan 32 seniman asal Indonesia dan 22 seniman asal Inggris. Tema “Come Together” diangkat sebagai maksud untuk memahami perbedaan keragaman manusia, serta potensi kreatif kaum difabel.

Acara ini akan dibuka dengan pemutaran perdana film ‘English is Mine’ yang menceritakan kisah musisi Morrissey sebelum membentuk The Smiths. Nantinya, UK/ID Festival 2017 akan menampilkan banyak aksi menarik seperti konser musik, pemutaran film, pementasan karya seni, pameran visual instalasi seni, juga lokakarya dan diskusi panel. Menariknya, akan ada kolaborasi antara musisi elektronik asal Inggris, Chloe Martini, dengan Neomonora, penyanyi asli Indonesia.

Festival yang diadakan untuk kedua kalinya di Indonesia ini akan berlangsung selama enam hari. Menurut Adam Pushkin, Direktur Seni dan Industri Kreatif British Council di Indonesia, Inggris dan Indonesia adalah dua negara yang penuh keragaman dan memiliki kreatifitas dan penggunaan teknologi dengan cara menakjubkan di kalangan anak mudanya. Karena itu, tujuan utama UK/ID Festival 2017 adalah membantu musisi dari kedua negara untuk saling berbagi dan berkolaborasi. Setahun belakangan, lebih dari 20 seniman asal Inggris dan Indonesia saling belajar dan berbagi selama sebulan penuh. Kolaborasi kreatif mereka akhirnya akan ditampilkan di gelaran ini.

Di Festival ini, akan ditayangkan film The Lodger karya Alfred Hitchcock yang akan diikuti oleh penampilan live scoring Sjuman School of Music, juga pemutaran film A Distant Echo karya George Clark, yang juga akan diikuti oleh penampilan Hanyaterra, grup rock keramik asal Jatiwangi. Akan diadakan juga diskusi Frequency Factory volume 13 yang akan membahas serba-serbi musik elektronik di Indonesia dan Inggirs, juga pemutaran film Northern Disco Lights bersama Double Deer.

Jangan lupakan penampilan spesialnya! Dan Croll, seorang penyanyi asal Inggris akan menjadi pengisi acara ini, ditemani aski MC Afrikan Boy dalam kolaborasi bersama VICE Indonesia. Akan ada juga pertunjukan live Direct Action, Thomas Bullock dan penampilan DJ Paranoid London.

Fyi, acara UK/ID Festival adalah bagian program UK/Indonesia 2016-2018 yang diluncurkan saat kunjungan Presiden Joko Widodo ke Inggris pada April 2016 lalu lho! Indonesia dan Inggris memang sedang besar-besaran melakukan pertukaran budaya dan seni.

Informasi lengkap dan jadwal acara bisa kamu lihat di website resminya.

From Post-Hardcore to K-pop. Pizza is so pop-punk. Pop-punk is life. Therefore, pizza is life.

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Music News | May 12, 2016 By

Neonomora Akan Sambangi Inggris Sebagai Wakil Indonesia Di “The Great Escape”

Concerts Review | August 15, 2015 By

Echosmith, Jessie Ware, Kimbra, Madeon, dll Meriahkan We The Fest 2015

Photo Gallery | May 1, 2015 By

Photo Gallery: G’DAY MATE 2015