Quantcast

Album of the Day: The Killers – Wonderful Wonderful

By - 3 weeks ago in Album of The Day

Island Records

Band rock asal Las Vegas, The Killers, bisa dikatakan telah memantapkan posisi mereka di skena musik dunia. Oleh karenanya, meski harus vakum selama 5 tahun setelah terakhir merilis album “Battle Born” di tahun 2012, band gawangan Brandon Flowers ini tidak merasa perlu kehilangan penggemar. Atau yang paling penting, kehilangan musikalitas khas mereka. Setidaknya jika kita mendengar album kelima mereka ini, “Wonderful Wonderful“.

“Hot Fuss” (2004), debut The Killers, mungkin yang sukses mengangkat nama mereka. Album bahkan tercatat di beberapa daftar sebagai salah satu album terbai era 2000-an. “Hot Fuss” pun sukses menghadirkan salah satu terbaik di era millennium, ‘Mr. Brightside’. Hanya saja, menurut saya album “Sam’s Town” (2006) adalah album paling bulat milik The Killers. Dalam arti, rock bergaya post-punk, alternative dan new wave mereka terdengar lebih solid, matang dan penuh dengan lagu-lagu berkesan, selain ‘When You Were Young” yang kini juga tercatat sebagai salah satu lagi ikonik The Killers.

Dua album berikutnya, “Day & Age” (2008) dan tentunya “Battle Born” masih kuat dengan warna khas The Killers, namun pergerakan The Killers ke wilayah pop secara lebih intens juga mempengaruhi warna album, sehingga meski tetap menarik untuk didengar, tetap saja kurang bisa mengimbangi kualitas dua album awal The Killers.

Jika merindukan The Killers yang lebih “bulat” dan lebih berkesan, mungkin kini jawabannya sudah hadir dalam album “Wonderful Wonderful”. Album menghadirkan track up-beat ‘Run for Cover’ yang bisa menjadi bagian koleksi “masterpiece” The Killers sebagaimana ‘Mr. Brightside’ atau ‘When You Were Young’.

Jangan lewatkan pula track istimewa seperti ‘Tyson vs Douglas’ yang mengusung new wave saat mengambil inspirasi dari pertarungan tinju legendaris antara Mike Tyson dan Buster Douglas, yang menjadi salah satu alasan lain mengapa album “Wonderful Wonderful” sangat layak untuk disimak.

Menggandeng Ryan Tedder dalam ‘Life to Come’ memang memberi sentimentalia tersendiri (yang sulit untuk menghindari pengaruh OneRepublic di dalamnya), namun tetap saja ini lagu The Killers secara utuh. Dinamika yang lebih kaya dapat disimak dalam track seperti ‘Rut’ atau ‘Have All the Songs Been Written?’ yang menampilkan sisi rapuh seorang Brandon Flowers.

Track-track seperti ‘Wonderful Wonderful’ yang atmosferik, ‘The Calling’ yang anthemik atau ‘The Man’ yang bergaya funk menghadirkan The Killers dalam variasi pendekatan musikalitas berbeda. Tapi, inilah yang menjadi kelebihan The Killers, mereka tidak pernah keluar dari “warna” The Killers itu sendiri.

Sebagaimana yang disebutkan Beat dalam ulasan mereka untuk “Wonderful Wonderful”, setiap track dalam album memiliki misinya sendiri, sehingga album tidak memiliki lagu filler, melodi membosankan atau lirik yang malas, karena setiap detil untuk setiap lagu sangat layak untuk disimak, baik secara mandiri ataupun satu kesatuan sebagai bagian kerangka album.

Meski begitu, Brandon sempat menyebutkan jika akhir-akhir ini merasa hanya menulis lagu-lagu dengan ponten 6 atau 7. Mendengarkan “Wonderful Wonderful” kita bisa mengerti mengapa Brandon bisa berkata demikian. Meski lagu-lagu dalam “Wonderful Wonderful” sangat menyenangkan untuk disimak, hanya saja ia agak sulit melewati marka di atas rata-rata.

Secara kualitas produksi tentu lagu-lagu ini tidak usah diragukan. Secara kualitas penulisan, memang sulit untuk dihindarkan jika lagu-lagu cenderung repetitif. Setidaknya pengulangan formula The Killers. Sederhananya lebih tertebak, dibandingkan (I can’t believe I said this) “Day & Age” dan “Battle Born” yang lebih berani mengeksplorasi genre.

Tapi, terlepas dari itu, tentu saja “Wonderful Wonderful” tetap saja adalah sebuah album The Killers yang gemilang. Gerakan back-to-basic yang diusung dalam album tidak hanya kembali memancarkan kemampuan mereka dalam memadukan aneka corak rock dengan new wave, juga mengembalikan kenangan mengapa The Killers bisa menjadi salah satu grup yang stand out dan layak senantiasa berdiri sebagai yang terdepan di antara rekan-rekannya ataupun di genre rock itu sendiri.

Official Website

TRACKLIST

1. “Wonderful Wonderful” 5:09
2. “The Man” 4:10
3. “Rut” 4:24
4. “Life to Come” 4:31
5. “Run for Cover” 3:42
6. “Tyson vs Douglas” 4:33
7. “Some Kind of Love” 4:38
8. “Out of My Mind” 3:43
9. “The Calling” 4:01
10. “Have All the Songs Been Written?” 4:09

Love Film. Love Books. And Everything in Between.

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Music News | November 21, 2017 By

Kolaborasi Seru Anitta & J Balvin Dalam Banger Catchy, ‘Downtown’

Music News | By

Eminem Hadirkan Medley Epic Hits-nya Di “Saturday Night Live”

Music News | By

“Reputation” Taylor Swift Catatkan Debut Terbesar Tahun Ini Di Billboard 200