Quantcast

‘Colours of Love’ Bukan Sekedar Konser Film ‘Ayat Ayat Cinta 2

By - 2 months ago in Reviews

Salah satu film yang ditunggu-tunggu tahun ini, ‘Ayat Ayat Cinta 2’, punya sajian istimewa untuk mereka yang sudah tidak sabar menunggu filmnya tayang di bioskop. Satu hari sebelum 21 Desember 2017, sebuah konser bertajuk ‘Colours of Love’ digelar di Plenary Hall, Jakarta Convention Center. Mungkin sebelumnya sudah pernah ada acara-acara orkestra yang membawakan lagu-lagu dari soundtrack film dalam sajian yang megah. Namun sebuah konser yang digelar khusus sebagai bagian dari promosi sebuah film layar lebar, konser film ‘Ayat Ayat Cinta 2’ ini bisa dikatakan yang pertama. Layak memang kalau misalnya lagu-lagu dari film yang diproduksi oleh MD Pictures itu ditampilkan secara megah dengan orkestra dalam sebuah konser. Mengingat para pengisi soundtrack-nya pun juga adalah penyanyi-penyanyi andal Indonesia. Salah satunya bahkan sudah dikenal sebagai seorang diva. Well, sebenarnya tiga yang lain pun bisa dikategorikan sebagai diva sih. Setidaknya diva di era zaman now.

Mereka adalah Krisdayanti, Rossa, Isyana Sarasvati dan Raisa. Dua nama yang disebutkan lebih dulu bisa dikatakan sudah akrab dengan rumah produksi MD Pictures. Krisdayanti menjadi pengisi OST untuk dua film ‘Surga yang Tak Dirindukan‘ sementara Rossa adalah penyanyi di balik lagu legendaris ‘Ayat Ayat Cinta‘ yang diciptakan oleh Melly Goeslaw yang juga jadi OST untuk film pertama yang diperankan oleh Fedi Nuril ini. Sementara Isyana Sarasvati dan Raisa bisa dibilang sebagai “pendatang” baru sebagai pengisi soundtrack di rumah produksi milik produser Manoj Punjabi tersebut. Meski ada perbedaan generasi, kombinasi empat diva dalam sebuah proyek soundtrack film ini sangat luar biasa. Apalagi di atas panggung konser dengan live orkestra.

Walaupun judulnya konser film ‘Ayat Ayat Cinta 2’, tidak hanya lagu yang mengalun di film pertama dan kedua dibawakan di atas panggung konser yang digelar 20 Desember itu. Konser malah dibuka dengan track duet Raisa dan Isyana ‘Anganku Anganmu’ sebagai pemanasan. Penonton yang datang dari berbagai kalangan, termasuk tamu undangan dan orang-orang penting lainnya seperti Pak Habibie pun diharuskan menikmati lagu buat anak-anak muda ini. Diiringi oleh orkestra dari Oni and Friends, konser berlanjut dengan solo stage Isyana membawakan lagu ‘Mimpi’ yang di-medley dengan ‘Kau Adalah’.

Tidak ada di poster memang, namun aksi berikutnya terbilang mengejutkan buat beberapa orang. Sempat ramai dibicarakan akhir-akhir ini, Payung Teduh ikut menjadi salah satu penampil dalam konser ini. Lagu yang ditunggu-tunggu oleh para penonton, ‘Akad’, dibawakan secara live orkestra membuat feel lagunya semakin dalam. Sebelumnya mereka juga menampilkan lagu ‘Di Antara Pepohonan‘.

Salah satu penyanyi lain yang terbilang underrated namun jadi stage stealer malam itu adalah Sarah Saputri. Penyanyi yang berada di bawah naungan MD Music ini membuat penonton merinding dengan suara khasnya yang merdu sambil memainkan harmonika. Sarah juga menyanyikan satu lagu OST ‘Ayat Ayat Cinta 2’ yang berjudul ‘Harapku’. Lagu yang nggak kalah bagus dari track-track yang dinyanyikan KD, Rossa, Isyana hingga Raisa di album soundtrack film ini.

Berturut-turut kemudian Krisdayanti, Raisa dan Rossa membuat suasana semakin syahdu. Lewat lagu ‘Surga Yang Tak Dirindukan‘, Krisdayanti sukses membawa penonton hanyut dalam lantunan lagu yang menyayat hati itu. Tapi segera dicuci bersih dengan track bersemangat ‘Mahadaya Cinta’ di mana KD menyanyi dan menari ditemani para dancers. Penonton ditimpa kegalauan lagi ketika Raisa membawakan lagu Kali Kedua. Tidak ada satupun tampaknya penonton yang tidak ikut bernyanyi bersama ketika dia membawakan lagu ini. Track terakhir stage solo Raisa malam itu adalah ‘Jatuh Hati’. Agak OOT tapi ketika Raisa sedang tampil di panggung, dari kursi VIP terlihat sang suami, Hamish Daud, merekam lewat ponsel. Kurang gemes apa lagi pasangan ini?!
Nah, sang penyanyi ikonik film ‘Ayat Ayat Cinta’ akhirnya tampil. Hanya saja lagu yang dibawakan belum yang klimaks. Rossa membuka penampilan solo-nya dengan lagu ‘Takdir CInta’ yang juga diciptakan Melly Goeslaw untuk film ‘Ayat Ayat Cinta’ pertama. Tampak mata Rossa berkaca-kaca ketika penonton menyanyi bersama-sama dan masih hapal lagu yang dirilis nyaris 10 tahun yang lalu itu. Tidak mau lama-lama baper, Rossa menghentak panggung lewat versi remix orkestra dari lagu ‘Pudar‘ yang juga sempat populer pada masanya.

Yang paling ditunggu-tunggu sebenarnya adalah momen ketika lagu legendaris ‘Ayat Ayat Cinta’ itu dibawakan secara live. Ternyata memang disimpan untuk sajian terakhir. Usai penampilan Dewi Sandra menyanyikan ‘Jalan Cinta‘ dan masing-masing cast utama film ‘Ayat Ayat Cinta 2’ yaitu Fedi Nuril (pemeran Fahri), Chelsea Islan (pemeran Keira), Tatjana Saphira (pemeran Hulya) dan juga Dewi Sandra (pemeran Sabina) membacakan puisi tentang makna cinta, keempat diva bersatu dan menyanyikan lirik demi lirik yang pasti sudah dihapal oleh para penggemar di luar kepala.

“Maafkan bilaku tak sempurna. Cinta ini tak mungkin ku cegah. Ayat-ayat cinta bercerita, cintaku padamu…”

Semua orang tampak menyanyi bersama sekaligus mengenang bagaimana film ini menjadi sebuah karya sinema yang dikenang oleh masyarakat pada masanya. Menjadi sebuah film fenomenal dan kontroversial yang akan selalu identik dengan kisah Fahri dan Aisha juga tentang poligami. Lagu itulah yang menutup konser ini sekaligus juga menjadi pengantar menuju film keduanya yang tayang esok hari.

Text : Ronzzy Kevin

Photo: Budi Susanto

a weirdo, a dreamer, a freethinker. I'm on a diet but I'm not getting thinner.

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Concerts Review | February 11, 2018 By

Kembali ke Jakarta, Incubus Menggebrak Dengan Lagu-Lagu Ikonik

Concerts Review Reviews | February 2, 2018 By

Menembus Ruang dan Waktu Bersama PADI

Concerts Review | January 25, 2018 By

Keintiman Yang Semarak Dalam Penampilan The xx di Jakarta