Inilah Daftar Jawara Streaming di Spotify Indonesia Tahun 2017

Oleh: jeni - 07 Dec 2017

Bulan Desember, tak terasa kita sudah sampai di penghujung tahun 2017. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih, di tahun ini industri musik pun semakin familiar dan terbiasa dengan kehadiran music streaming app yang kian merajai, bahkan kini sudah menjadi candu.

Spotify, salah satu music streaming app yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dunia, baru saja merilis rekap music streaming selama tahun 2017 ini. Dan sesuai perkiraan banyak orang, tahun 2017 ini memang milik Ed Sheeran. Single "Shape of You" yang dirilis pada 6 Januari 2017 lalu, menjadi lagu yang paling banyak diputar di Spotify di seluruh dunia, tepatnya ada sebanyak 45 juta pendenger setiap bulannya. Tidak hanya "Shape Of You", albumnya berjudul "÷ (Divide)" juga menjadi album yang paling sering diputar di seluruh dunia, yaitu lebih dari 1,4 juta kali.

Tahun 2017 juga menjadi penanda kebangkitan musik Latin di kancah internasional, berkat dua lagu yang saking populernya, bahkan bisa dinyanyikan oleh anak balita di Indonesia, yaitu "Despacito" dan "Mi Gente". Lagu "Despacito - Remix" yang dibawakan oleh Luis Fonsi, Daddy Yankee ft. Justin Bieber kemudian dinobatkan sebagai Song Of The Summer dari Spotify.

Genre K-Pop pun mengalami pertumbuhan yang signifikan secara global. Jumlah pemutaran lagu K-Pop mengalami pertumbuhan sebesar 63% dari tahun ke tahun. And guess what? Indonesia adalah negara di urutan ke-3 yang paling banyak memutar lagu K-Pop di Spotify. Daebak!

Bagaimana dengan Spotify di Indonesia?

Seperti tren dunia, Ed Sheeran juga menjuarai daftar artis yang paling banyak diputar di Spotify Indonesia. Tapi meskipun musik-musik internasional banyak mendominasi, popularitas musisi Indonesia juga ternyata tidak kalah bersinar di negara sendiri. Raisa berhasil mengalahkan Taylor Swift, dengan menjadi artis wanita yang lagunya paling banyak diputar di Indonesia. Sedangkan Tulus berhasil masuk ke dalam daftar 5 artis pria yang lagunya paling banyak diputar di Indonesia. Proud!

Nah untuk lebih lengkapnya, berikut daftar jawara-jawara streaming di Spotify Indonesia Tahun 2017!

Most Streamed Artists

  1. Ed Sheeran
  2. The Chainsmokers
  3. Coldplay
  4. BTS
  5. Bruno Mars

Most Streamed Female Artist

  1. Raisa
  2. Taylor Swift
  3. Dua Lipa
  4. Selena Gomez
  5. Ariana Grande

Most Streamed Male Artist

  1. Ed Sheeran
  2. Bruno Mars
  3. Martin Garrix
  4. Charlie Puth
  5. Tulus

Most Streamed Tracks

  1. Shape of You - Ed Sheeran
  2. Something Just Like This - The Chainsmokers
  3. Despacito - Remix - Luis Fonsi, Daddy Yankee ft. Justin Bieber
  4. That's What I Like - Bruno Mars
  5. Attention - Charlie Puth

Most Streamed Albums

  1. ÷ (Divide) - Ed Sheeran
  2. 24K Magic - Bruno Mars
  3. Dunia Batas - Payung Teduh
  4. Illuminate - Shawn Mendes
  5. Lelaku - FOURTWNTY

jeni
More from Creative Disc