18 Most Anticipated Albums of 2018

Oleh: admincd - 13 Jan 2018

Tahun baru tentunya musik baru juga. Tahun 2017 mungkin sudah menghadirkan beberapa album yang cukup ditunggu-tunggu penikmat musik pop (Ed Sheeran, Katy Perry atau Taylor Swift). Lantas bagaimana dengan dengan tahun 2018 ini. Tentu banyak sekali musisi yang akan merilis album mereka di tahun ini. Dan tentu kita tidak akan membahas mereka semua karena keterbatasan ruang dan waktu. Meski begitu bukan berarti ada beberapa album yang layak ditunggu, karena baik sudah dikonfirmasi secara resmi maupun tidak album-album dari artis yang akan kita bahas berikut ini kabarnya akan memeriahkan ruang dengar di sepanjang tahun 2018.

Siapa saja? Simak dalam 18 Most Anticipated Albums of 2018 (dalam urutan abjad nama musisinya, judul dan tanggal rilis. TBD: To Be Determined atau akan ditentukan setelahnya), yang disarikan dari Billboard:

1. Ariana Grande - TBD (TBD)

Mungkin comeback artis pop yang paling ditunggu di tahun 2018 adalah Ariana Grande, mengingat album terakhirnya, "Dangerous Woman", dirilis di tahun 2016 lalu, selain namanya yang menjadi pengisi headline berita 2017 akibat tragedi yang terjadi di konsernya yang berlangsung di Manchester, Inggris. Janji sebuah album baru sudah diberikan Ariana dengan sebuah postingan di Instagram yang memperlihatkan dirinya tengah berada dekat sebuah playback komputer sembari bernyanyi. Dan jangan lupa captionnya, "Sampai jumpa tahun depan."


2. Camila Cabello - Camila' (12 Jan)

Tidak lagi berjudul "The Hurting. The Healing. The Loving.", album debut solo Camila Cabello kini berjudul "Camila" saja. Berpisah dari Fifth Harmony mungkin bukan kabar menyenangkan bagi penggemar grup tersebut ataupun Camila, namun ia sudah membuktikan diri sebagai solois bonafid berkat sukses besar 'Havana'. Siap menyusul pula 'Never Be The Same'. Dengan materi-materi menarik ini, maka menarik pula untuk mencermati album yang akan menjembatani Camila menuju status superstar.


3. Cardi B - TBD (TBD)

Saat ini tidak ada rapper yang melesat ke puncak tertinggi seperti Cardi B. Lajunya yang seperti meteor berkat single hit 'Bodak Yellow' yang sukses menjadi viral. Tidak hanya itu, ada 3 single miliknya yang berada di top 10 Hot 100 secara bersamaan. Dengan demikian ia hanya perlu melengkapi transformasi dirinya dari sensasi viral menjadi artis lefendaris dengan merilis sebuah album. Dan kabarnya album akan dirilis tahun ini juga, mengingat momentum Cardi B masih sedang kencang-kencangnya.

4. Carly Rae Jepsen - TBD (TBD)

Tidak terasa 3 kalender telah berganti semenjak Carly Rae Jepsen merilis album underrated miliknya, "Emotion". Memang ia sempat merilis sebuah album sampingan untuk "Emotion" di tahun 2016 selain single 'Cut to the Feeling' tahun lalu. Namun yang kita perlukan dari CRJ adalah sebuah album baru! Mengingat saat ini ia sedang berkutat dalam studio bersama produser Robyn, Patrik Berger, untuk lagu-lagu bergaya 80-an yang telah ditulisnya, maka jelas tahun 2018 adalah saat yang tepat bagi dirinya untuk merilis album.


5. Celine Dion - TBD (TBD)

Tidak terasa 20 tahun sudah berlalu semenjak Celine Dion merilis lagu legendaris 'My Heart Will Go On'. Namun namanya tetap berkibar sebagai yang terdepan meski beberapa tahun terakhir ia nyaris vakum karena harus mengurus suaminya yang saat itu sedang menderita sakit parah. Kini, setelah kembali berstatus lajang, maka sudah saatnya bagi sang diva pop untuk kembali. Mungkin sudah sedikit terlambat untuk mendominasi playlist radio Top 40 masa kini, namun jika album comeback Shania Twain saja bisa sukses debut di posisi juara Billboard 200, mengapa Celine tidak? Dan 2018 adalah saat yang tepat untuk itu.


6. Charli XCX - TBD (TBD)

Sang ikon pop underground, Charli XCX, menghabiskan tahun 2017 dengan menghadiahkan para fans dengan dua mixtape, "Number 1 Angel" dan "Pop 2" yang berisi lagu-lagu seru yang tentunya tidak usah diragukan lagi kualitasnya. Bukan hanya itu, mixtape-mixtape ini memantapkan kembali posisi Charli sebagai penyanyi pop terkemuka, setelah sempat mengalami kemandegan dalam karirnya. Kemungkinan besar album ketiganya akan dirilis di tahun 2018 ini. Itu juga dengan menjadi catatan jika ia masih menganggap merilis album adalah sebuah keharusan bagi seorang musisi. Tapi ia sempat menyebutkan jika siapa yang tahu akan terjadi nanti. Kita tunggu saja.


7. Charlie Puth - Voicenotes (Awal 2018)

Sepertinya Charlie Puth memang selalu mengalami aral dalam soal perilisan album. Setelah album debutnya mengalami penundaan, maka begitu juga dengan album keduanya, "Voicenotes". Awalnya disebutkan akan dirili di sekitar Januari tahun ini, namun kemudian diumumkan dalam waktu dekat. Apapun itu, album Charlie memang layak ditunggu, karena ia telah sukses memanaskan tahun 2017 dengan single-single barunya, 'Attention' dan 'How Long'. Dua lagu ini jelas mengukuhkan jika pop yang ditawarkan Charlie dalam "Voicenotes" memang layak dinantikan.


8. Fall Out Boy - M A N I A (19 Jan)

Yang juga mengalami pengunduran jadwal rilis adalah album baru Fall Out Boy. Namun kini untunglah FOB sudah memastikan jika "M A N I A", demikian judulnya, akan dirilis tanggal 19 Januari 2018. FOB merupakan contoh solid band rock yang tetap sukses bertahan meski melakukan skena musik di sekitar mereka transisi ke pop. Album sebenarnya akan dirilis di tahun 2017, namun diundur karena disebutkan belum benar-benar matang atau siap. Masih terkesan terburu-buru. Oleh karena itu mereka dengan terpaksa menahan keinginan para fans yang sudah tidak sabar ingin mendengarkan materi baru mereka. Syukurnya, para fans sebentar lagi bisa memuaskan kerinduan karena album akan dirilis tanggal 19 Januari ini.

9. Franz Ferdinand - Always Ascending (9 Feb)

Band rock lain yang siap untuk merilis album di tahun 2018 adalah Franz Ferdinand. Mengusung judul "Always Ascending", band ini memang terkesan terlalu percaya diri. Apalagi mengingat band Skotlandia pengusung dance-punk ini sudah satu dekade lebih semenjak terakhir kali meraih sukses komersial. Meski begitu memang Franz Ferdinand dipercaya akan tetap memberikan sebuah album yang pesonanya akan sulit untuk ditolak. Oleh karena itu, jangan sampai terlewat "Always Ascending" yang akan dirilis tanggal 9 Februari ini.


10. Justin Timberlake - Man of the Woods (2 Feb)

Justin Timberlake sungguh memberikan kejutan menyenangkan saat beberapa pekan lalu mengumumkan jika ia akan merilis sebuah album baru dalam waktu dekat. Berjudul "Man of the Woods", album akan dirilis tanggal 2 Februari. Ini Justin Timberlake yang kita bicarakan. Sang Pangeran Pop masa kini, Rasa-rasanya sudah tidak perlu alasan lain mengapa album harus dinantikan.


11. Liam Payne, TBD (TBD)

Single debut Liam Payne sebagai solois, 'Strip That own', merupakan hit top 10 di Hot 100 tahun lalu. Sayangnya single susulannya, 'Get Low' dan 'Bedroom Flor' memang kurang bergaung di tangga lagu. Meski begitu tetap saja antusiasme besar sekali pada album solo Liam yang kemungkinan besar akan dirilis tahun ini. Bisakah dia menyusul Zayn Malik, Harry Styles dan Niall Horan, yang masing-masing album debut solo mereka sukses menjadi juara saat dirilis? Kita tunggu saja.


12. Major Lazer - Music Is the Weapon (TBD)

Masih ingat dengan "Music Is the Weapon" yang direncanakan menjadi album terbaru Major Lazer? Tentu saja album belum jadi-jadi dirilis setelah awalnya diproyeksikan dirilis 2016. Namun saat tahun 2017 berlalu, ternyata Major Lazer masih belum merilisnya juga. Padahal album dikerjakan dari semenjak tahun 2015, lho. Memang belum diumumkan resmi, tapi kemungkinan besar album akhirnya akan bisa kita dengar secara utuh di tahun ini.

>hr>

13. Nicki Minaj - TBD (TBD)

Padahal di awal tahun 2017 diperkirakan Nicki Minaj akan merilis album studio keempatnya. Namun, setahun kemudian sang femcee asal Queens, New York, masih belum menunjukkan gelagat untuk merilis albumnya. Padahal Nicki bukannya vakum dalam bermusik. Meski memang sebagian besar menjadi musisi tamu, namun ia kerap merilis single demi single, termasuk kolaborasi bersama rapper pendatang baru, Cardi B dan juga Migos, dalam 'MotrSport'. Apakah tahun ini lagi-lagi Nicki membiarkan kita menunggu? Ya kita tunggu saja kalau begitu.

14. Rihanna - TBD (TBD)

RiRi sukses menguasai tahun 2016 berkat album yang dirilisnya di awal tahun, "Anti". Dan di tahun 2017 ia tetap bersinar terang, termasuk dengan menghasilkan single-single hits, meski tidak merilis album. Apakah RiRi akan meneruskan sinar terangnya di tahun 2018 dengan merilis #R9? Mengingat rumornya telah berkembang pesat. maka bisa jadi adalah jawabannya.


15. Troye Sivan - TBD (TBD)

Troye Sivan membuka tahun 2018 dengan single barunya, 'My My My!'Apakah ini berarti sebuah album baru telah disiapkan sang aktor dan penyanyi muda ini? Pastinya seperti itu. Selain merilis single baru (yang biasanya menjadi tanda atau jalan pembuka untuk album), juga karena sudah tiga tahun semenjak album debutnya, "Blue Neighbourhood" (2015). Merupakan rentang waktu yang pas untuk merilis album.


16. Twenty One Pilots - TBD (TBD)

Kisah sukses besar paling mengejutkan di tahun 2016 lalu datang dari Columbus, Ohio, dalam bentuk duo pengusung alternatif, Twenty One Pilots. Mereka seolah menghadirkan trend cross-over di skena musik dunia sampai kemudian tidak dianggap trend lagi tapi sebuah norma keseharian. Mengingat betapa masif kesuksesan yang mereka raih dua tahun lalu, maka album comeback mereka di tahun ini jelas mendapat sorotan dan ekspektasi yang jauh lebih besar.


17. Vampire Weekend - Mitsubishi Macchiato (TBD)

Ok. Kita tahu judul album baru Vampire Weekend. Yaitu "Mitsubshi Macchiato". Bahkan Ezra Koenig di bulan September tahun lalu menyebutkan jika albumnya sudah selesau sekitar 80%, yang berarti kemungkinan besar kini sudah selesai. Yang belum kita ketahui kapan tepatnya album akan dirilis. Ini akan menjadi album penting bagi Vampire Weekend maupun para fans, karena kini mereka memiliki formasi sebagai trio selepas keluarnya Rostam Batmanglij. Lagi pula sudah 5 tahun semenjak "Modern Vampires of the City" (2013), sehingga lebih dari cukup untuk menunggu albumnya.


18. Zayn - TBD (TBD)

Zayn Malik adalah yang pertama dari One Direction yang melakukan proyek solo. Dan ia sukses membuktikan jika dirinya memang memiliki kemampuan untuk beraksi solo berkat album perdananya (beserta single-single-nya) yang sukses, "Mind of Mine" yang dirilis di tahun 2016. Dua tahun sepertinya sudah cukup menjadi jeda bagi Zayn dan saatnya merilis album di tahun 2018. Apalagi ia sudah memiliki beberapa materi baru, seperti 'I Don't Wanna Live Forever' atau 'Dusk Till Dawn'. Album kedua akan menjadi pembuktika jika Zayn bukanlah seorang one-hit-wonder.

admincd
More from Creative Disc