Quantcast

Album of the Day: Fall Out Boy – M A N I A

By - 6 months ago in Album of The Day

Island Records

M A N I A adalah album ke-7 dari Fall Out Boy yang direlease pada tanggal 19 Januari 2018. Pada awalnya album M A N I A dijadwalkan akan direlease pada tanggal 15 September 2017 tetapi karena Fall Out Boy merasa bahwa album ini terasa dikerjakan dengan terlalu terburu-buru dan mereka tidak puas dengan lagu-lagu yang sudah mereka ciptakan saat itu maka mereka memutuskan untuk menunda perilisan album ini walaupun pada saat itu mereka sudah mengumumkan M A N I A Tour yang dimulai pada bulan Oktober. Terlepas dari ditundanya perilisan album M A N I A, Fall Out Boy memutuskan untuk tetap menyelenggarakan M A N I A Tour dimana pada tour ini Fall Out Boy juga menampilkan beberapa lagu yang akan masuk ke dalam album M A N I A pada nantinya.

Sebelum kita melihat lebih jauh ke dalam album M A N I A, untuk menikmati album ini secara utuh maka ada baiknya kita lupakan sejenak embel-embel label pop punk atau emo yang membesarkan nama Fall Out Boy karena Fall Out Boy sudah jauh meninggalkan dunia Pop Punk sejak album Save Rock and Roll atau bahkan sejak album Folie a Deux. M A N I A diproduseri oleh Butch Walker, seseorang yang sudah sering membantu Fall Out Boy dalam mengerjakan album-albumnya tetapi selain Butch Walker, Fall Out Boy juga mengajak produser-produsuer lain seperti Jonny Coffer dan Illangelo, dua orang produser yang banyak bekerja dengan artis-artis Hip-Hop dan RnB. Sejak Fall Out Boy merilis lagu ‘Young and Menace’ sebagai single pertama dari album M A N I A, banyak sekali orang yang khawatir akan album M A N I A karena lagu tersebut jauh melenceng terlalu jauh dari image Fall Out Boy yang selama ini dikenal oleh banyak orang. Luckily, beberapa single yang mereka rilis selanjutnya mulai mengembalikan kepercayaan diri para fansnya akan album M A N I A.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Fall Out Boy adalah sebuah band yang gemar bereksperimen dengan musik mereka dan hasilnya menjadikan M A N I A sebuah album yang kaya akan berbagai macam sentuhan jenis musik mulai dari EDM di lagu ‘Young and Menace’, tropical trap swing di lagu ‘Hold Me Tight or Don’t’, reggae vibe di lagu ‘Sunshine Riptide’ dimana Fall Out Boy mengajak rapper asal Nigeria, pop rock klasik ala Fall Out Boy di lagu ‘The Last of the Real Ones’ atau sebuah lagu rock megah yang dilengkapi dengan choir di lagu ‘Church’. Harus diakui bahwa tidak semua ekperimen Fall Out Boy di album M A N I A berhasil atau mampu mengulang kesuksesan track serupa dari album sebelumnya, sebagai contoh lagu ‘Young and Menace’ yang terdengar berantakan tanpa komposisi yang jelas atau lagu ‘Champion’ yang terdengar cukup mediocre apabila dibandingkan dengan lagu anthem sejenis dari Fall Out Boy sebelumnya seperti ‘Centuries’ atau ‘My Songs Know What You Did In The Dark’. Selain 2 lagu tersebut, rasanya 8 track lainnya cukup membuktikan kapasitas Fall Out Boy sebagai band yang mampu terus berevolusi dengan karya-karya yang cemerlang. Hal ini juga dibuktikan dengan debutnya album M A N I A di nomor 1 Billboard chart dan ini juga adalah album ke-3 berturut-turut dari Fall Out Boy yang berhasil debut di nomor 1. Sebuah pencapaian yang sangat gemilang untuk sebuah band yang sudah malang melintang di indutri musik selama kurang lebih 17 tahun!!

Official Website

TRACKLIST

1. “Young and Menace” 3:44
2. “Champion” 3:13
3. “Stay Frosty Royal Milk Tea” 2:50
4. “Hold Me Tight or Don’t” 3:30
5. “The Last of the Real Ones” 3:50
6. “Wilson (Expensive Mistakes)” 3:36
7. “Church” 3:31
8. “Heaven’s Gate” 3:45
9. “Sunshine Riptide” (featuring Burna Boy) 3:24
10. “Bishops Knife Trick”

Teks:
William Supardi

Music lovers - Concert goers

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Top 10 Lists | July 22, 2018 By

Timeline Perjalanan Cinta Justin Bieber Dan Hailey Baldwin

Music News | By

Satu Tahun Kematiannya, Linkin Park Beri Tribut Kepada Chester Bennington

Music News | By

Perwakilan Ariana Grande Bantah Tuduhan Penjiplakan Video ‘God Is A Woman’