Quantcast

Album of the Day: Various Artists – The Greatest Showman: Original Motion Picture Soundtrack

By - 4 months ago in Album of The Day

Atlantic Records

Pada masanya, film musikal begitu mendominasi Hollywood. Namun secara perlahan tapi pasti film sejenis ini mulai ditinggalkan. Namun bukan berarti film musikal ditinggal begitu saja. Selama dua dekade terakhir ini kita tetap ada film-film musikal yang berkesan, seperti “Evita”, “Moulin Rouge!”, “Mamma Mia!”, dan yang paling terakhir, “La La Land”, yang menuai sukses besar.

Memang sukses “La La Land” tidak lantas melahirkan gelombang trend film musikal. Namun tetap ada film musikal yang siap menyusul menjadi “klasik” seperti pendahulunya tadi, “The Greatest Showman”. Film yang merupakan proyek idealisme dari aktor kenamaan Hugh Jackman ini diangkat dari kisah hidup bapak sirkus modern, P.T. Barnum. Tentunya kita tidak akan membicarakan tentang filmnya di sini, tapi album soundtracknya.

The Greatest Showman: Original Motion Picture Soundtrack” menjadi tak kalah menarik untuk disimak karena ada nama duo Benj Pasek dan Justin Paul yang tahun lalu memenangkan Oscar berkat karya mereka untuk “La La Land”. Bahkan mereka baru saja menyabet Golden Globe untuk ‘This Is Me’ yang merupakan bagian dari “The Greatest Showman”.

Dengan hadirnya nama Pasek dan Paul sebagai sosok di belakang layar, maka bisa dipastikan jika lagu-lagu dalam “The Greatest Showman” dihadirkan secara menggugah, dramatis dan pastinya sinematik. Yang menarik, meski film berseting di era abad ke-19, namun Pasek dan Paul menghadirkan lagu-lagu yang bergaya pop kekinian, tanpa melupakan semangat showtune ala pementasan drama panggung Broadway.

Inilah yang membedakan dengan “La La Land” yang mengusung jazz dan pop klasik sebagai genre musikalitas yang dipilih. “The Greatest Showman” mengingatkan “Moulin Rouge!” yang juga berseting masa lampu namun menyajikan lagu-lagu pop kekiniam. Hanya saja jika sebagian besar lagu “Moulin Rouge!” adalah lagu cover-version, maka “The Greatest Showman” adalah lagu-lagu orisinal.

Sebuah film musikal akan menjulang jika memiliki lagu-lagu yang memikat dan mendukung jalan ceritanya. Untunglah “The Greatest Showman” memenuhi syarat tersebut. Dibuka dengan “The Greatest Show”, yang bertugas sebagai overture/prolog, sebuah anthem bergelora dan dinyanyikan dengan penuh semangat oleh para pemain utamanya, seperti Jackman, Keala Settle, Zac Efron dan Zendaya.

Ada track-track dalam cita rasa musikal tradisional, yang mengandalkan ritme dan dinamika layaknya adegan sebuah film dimana lirik seperti dialog yang dinyanyikan, seperti balada lembut dan manis ‘A Million Dreams’ yang dinyanyikan bintang cilik Ziv Zaifman bersama Jackman dan Michelle Williams. Atau duet prima Hughman bersama Efron dalam ‘The Other Side’ yang terdengar sangat “playful” dan duet Efron bersama Zendaya dalam track romantis menghanyutkan, ‘Rewrite the Stars’.

Tapi album juga menghadirkan track upbeat dalam koridor pop kreatif seperti ‘Come Alive’ yang dinyanyikan Jackman ramai-ramai bersama barisan pemain utama lain. Warna pop semakin tajam terdengar di track-track power-ballad menggugah dan emosional seperti ‘This Is Me’ dan ‘Never Enough’.

‘This Is Me’ sudah terbukti sebagai lagu yang kuat dalam mencengkram atensi pendengar. Vokal Keala Settle, seorang aktris Broadway, dengan prima mencapai nada-nada tinggi saat diperlukan namun lirih di saat lain, sehingga emosinya bisa tersalurkan dengan baik. Tentunya jangan lewatkan the soaring emotional ballad yang dinyanyikan Loren Allred, seorang jebolan The Voice Amerika, yang bertugas menjadi substitusi vokal untuk aktris Rebecca Ferguson. Mendengarkan lagunya kita seolah sedang berada di sebuah konser diva pop yang dengan prima memamerkan kualitas vokalnya sembari mengharu-biru pendengarnya. Jelas salah satu track terbaik di album ini!

Terkecuali Fergusson, para pemain “The Greatest Showman” memang menyanyikan lagu-lagu mereka dengan vokal mereka sendiri. Termasuk aktris peraih nominasi Oscar, Michelle Williams. Selain ‘A Million Dreams’, ia mendapatkan track solo dalam ‘Tightrope’. Lagu lembut ini memang tidak memerlukan jangkauan vokal tinggi sehingga memerlukan substitusi vokal sebagaimana Ferguson. Jadi, meski vokal Williams tidak istimewa, namun ia bisa menunaikan tugasnya dengan baik, walau harus mendapat sedikit bantuan Autotune.

Para pemain lain, seperti Settle, dan tentu saja Efron dan Zendaya, memang telah memiliki jam terbang sebagai penyanyi, sehingga tidak usah diragukan lagi kemampuan mereka dalam bernyanyi. Yang mungkin sedikit menjadi masalah adalah sang aktor utamanya, Hugh Jackman. Memang Jackman sudah berpengalaman terlibat dalam film musikal seperti “Les Misérables”. Hanya saja, berbeda dengan film tersebut yang mengandalkan lagu-lagu ala showtune dengan melodi yang lebih teratur, maka Jackman agak keteteran mengikuti dinamika akor pop dengan progresi tak terduga dalam “The Greatest Showman”.

Namun, terlepas dari itu “The Greatest Showman” tetap sebuah album memukau. Apalagi jika kita telah menonton filmnya. Setiap lagu memiliki nuansa kuat dan menggugah saat bertugas menerjemahkan adegannya dalam konteks musikal. Ia berbicara dalam bahasa musik yang sangat artikulatif, sehingga pesannya mudah tersampaikan, serta membuat kita, pendengarnya, turut bernyanyi dengan antusias bersama lagu-lagunya.

Duo Pasek dan Paul mampu memberi standar tinggi untuk sebuah musikal berkat kinerja mereka. Ditambah lagi para talent-nya memberi dedikasi sepenuh hati dalam menyampaikan karya-karya Pasek dan Paul, sehingga bisa menghasilkan sebuah soundtrack musikal yang menjulang dan berkesan. Sebuah album yang jelas tidak boleh dilewatkan!

Oh ya, jika bertanya-tanya mana ‘This Is Me’ versi Kesha yang tak kalah gemilang, jangan khawatir, karena kabarnya “The Greatest Showman” akan dirilis kembali dalam sebuah versi yang lebih pop, sebagaimana versi Kesha tersebut.

TRACKLIST

1. “The Greatest Show” Hugh Jackman, Keala Settle, Zac Efron, Zendaya & The Greatest Showman Ensemble 5:02
2. “A Million Dreams” Ziv Zaifman, Jackman, Michelle Williams 4:29
3. “A Million Dreams (Reprise)” Austyn Johnson, Cameron Seely, Jackman 1:00
4. “Come Alive” Jackman, Settle, Daniel Everidge, Zendaya & The Greatest Showman Ensemble 3:45
5. “The Other Side” Jackman & Efron 3:34
6. “Never Enough” Loren Allred 3:27
7. “This Is Me” Settle & The Greatest Showman Ensemble 3:54
8. “Rewrite the Stars” Efron & Zendaya 3:37
9. “Tightrope” Williams 3:54
10. “Never Enough (Reprise)” Allred 1:20
11. “From Now On” Jackman & The Greatest Showman Ensemble 5:49

Love Film. Love Books. And Everything in Between.

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Music News | April 27, 2018 By

Shawn Mendes Ungkap Cover & Tracklist Album “Self-Titled” Miliknya

Music News | April 26, 2018 By

Arctic Monkeys Tidak Akan Hadirkan Single Sebelum Album Baru Mereka Rilis

Music News | By

Cher Bawakan Hit Klasik ABBA, ‘Fernando’, Di CinemaCon, Las Vegas