Quantcast

Album of the Month: Camila Cabello – Camila

By - 1 month ago in Album of The Day

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Yang ditunggu-tunggu datang juga. Akhirnya Camila Cabello merilis album solo debutnya. Setelah awalnya merencanakan “The Hurting. The Healing. The Loving.”, akhirnya ia memutuskan untuk mengganti judul album menjadi lebih sederhana, bebas pretensi dan lugas, “Camila“.

Terlepas dari drama yang terjadi selepas Camila memutuskan keluar dari girl group yang membesarkan namanya, Fifth Harmony, kita harus memberi pujian akan dedikasi dan tekad Camila untuk bisa membuktikan kekuatannya sebagai seorang artis solo. Beberapa kolaborasi dengan banyak musisi kenamaan, seperti Shawn Mendes, Machine Gun Kelly, Major Lazer sampai Pitbull telah menjadi semacam “pembuka jalan” menuju langkah karirnya secara mandiri.

Memang harus diakui jika single solo perdananya, ‘Crying in the Club’ tidak memiliki performa yang memuaskan sehingga mau tidak mau muncul keraguan apakah Camila bisa mewujudkan cita-citanya untuk “going solo”. Namun rupanya jalan menuju kesuksesan sudah ditakdirkan untuknya. Tanpa terduga, track laid-back dan playful bernuansa Latin di mana ia berkolaborasi dengan rapper Young Thugh, ‘Havana’, yang diniatkan hanya sebagai single promosi, sukses besar di mana-mana.

Tidak heran jika sang penyanyi berusia 20 tahun agak mengubah arah gaya bermusiknya ataupun (mungkin) konsep album solonya. Bukan berarti “Camila” melepaskan track-track pop-dance begitu saja (sebagaimana yang diindikasikan oleh ‘Crying in the Club’), karena album juga memiliki lagu seperti ‘She Loves Control’, yang berkat campur tangan Skrillex beat dan drop yang ditawarkan lagu begitu menggoda di pendengaran.

Sedangkan ‘Inside Out’ mengadopsi dancehall dan tropical yang “fun” dan siap mengajak pendengarnya berdansa dalam mengisi musim panas, meski baru akan datang beberapa bulan lagi. Tropical kembali dimanfaatkan dalam track slow-tempo yang sebenarnya cenderung minimalis dalam ‘Real Friends’. Karena beat-nya yang ringan, sehingga tidak heran jika lagu yang memiliki tema sedikit “throwing shade” ini tidak terdengar begitu “nyinyir”.

“Camila” memang sebuah album yang lebih mengedepankan sisi “fun”, “laid back” dan juga “playful”, sehingga track-track yang dihadirkan renyah dan pastinya gampang dicerna. Bahkan saat hadir dengan sedikit gelap dan edgy seperti dalam track alt-pop seperti ‘In The Dark’, sisi ringan tetap dikedepankan Camila.

Bukan berarti Camila melewatkan kesempatan untuk memamerkan kekuatan vokalnya melalui lagu-lagu yang lebi bernuansa dan memiliki notasi yang cukup kompleks. Sebutlah seperti balada ‘All These Years” yang ritmis atau ‘Consequences’ yang menjanjikan sisi diva pop, meski alih-alih melengking Camila lebih memilih untuk menghadirkan nyanyian yang lebih tertahan.

Saat Camila menyanyikan ‘Something’s Gotta Give’, sebenarnya lagu bisa menjadi sebuah soaring power-ballad, jika dihadirkan dalam musik latar akustik atau organis misalnya. Namun konsep Camila dalam “Camila” sepertinya adalah pop-electronic, sehingga balada ini cenderung lebih mengedepankan atmosfer ketimbang kekuatan vokal saja.

Menarik sebenarnya saat mengetahui “Camila” dihadirkan Camila secara lebih low-key, karena mungkin kita mengharapkan track-track dengan kekuatan vokal menjulang. Hanya saja tetap ini saja sebuah pilihan yang menarik. Dengan menghadirkan konsep yang lebih kontemporer, urban atau kekinian, Camila mengizinkan dirinya untuk tetap lekat dengan trend tanpa terlupa memaparkan talentanya sebagai penyanyi, meski sayangnya memang tidak memenuhi potensinya secara penuh.

Sebuah album pop yang mengadopsi formula termutakhir tanpa terdengar terlalu artifisial. Itulah kekuatan “Camila” yang keseluruhan materinya ditulis langsung oleh Camila – sesuatu sebelumnya yang tak bisa dilakukannya -. Sebagai artis baru, ia pun cukup berani dengan membatasi jumlah bintang tamu yang membantu. Dengan kontrol kreatif terjaga serta paduan komersialisme dan idealisme secara pas, tidak heran jika “Camila” adalah sebuah album debut yang sangat menjanjikan dari seorang Camila Cabello.

Official Website

TRACKLIST

1. “Never Be the Same” 3:46
2. “All These Years” 2:44
3. “She Loves Control” 2:57
4. “Havana” (featuring Young Thug) 3:37
5. “Inside Out” 3:02
6. “Consequences” 2:58
7. “Real Friends” 3:34
8. “Something’s Gotta Give” 3:56
9. “In the Dark” 3:39
10. “Into It” 2:55
11. “Never Be the Same” (radio edit) 3:47

Love Film. Love Books. And Everything in Between.

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Music News | February 23, 2018 By

5 Seconds of Summer Rilis Single ‘Want You Back,’ Umumkan Tur 2018

Music News | By

Sufjan Stevens Akan Rilis Vinyl Lagu-Lagu Soundtrack “Call Me by Your Name”

Music News | By

Post Malone Gandeng Ty Dolla $ign, Hadirkan Single Baru, ‘Psycho’