Quantcast

Dituduh Menjiplak, Lana Del Rey Dituntut Radiohead Ke Pengadilan

By - 2 weeks ago in Music News

Tahun baru sepertinya dimulai dengan kurang menyenangkan oleh diva dream-pop kita, Lana Del Rey. Pada Minggu, 7 Januari, beredar rumor jika Lana akan dituntut oleh band rock kenamaan Radiohead karena masalah pelanggaran hak cipta. Band ikonik tadi menuduh Lana menjiplak lagu klasik mereka, ‘Creep’ (1992), untuk salah satu lagu terbaru Lana, ‘Get Free’.

Sebuah sumber menyebutkan kepada The Sun jika Radiohead dan Lana mencoba untuk menyelesaikan kasus ini secara damai dan tidak melibatkan pengadilan. Sang sumber lebih lanjut menyebutkan jika band asal Inggris tadi berharap mendapatkan kompensasi yang layak atau dicantumkan sebagai salah satu penulis untuk mendapatkan royalti.

Radiohead belum merilis pernyataan mereka tentang kasus ini, namun Lana sudah mengkonfirmasi kepada 8.2 juta followenya di Twitter. Lana membantah lagunya terinspirasi dari ‘Creep’ dan menyebutkan Radiohead meminta kompensasi 100%. Lana menawarkan hanya 40%, namun ditolak Radiohead, hingga akhirnya penyelesaian masalah ini akan dibawa ke pengadilan.

Ini bukan kali pertama kali Radiohead berurusan dengan masalah hukum karena ‘Creep’. Saat dirilis di bulan September 1992 lalu, Radiohead dituntut karena lagunya dianggap mirip dengan lagu ‘The Air That I Breathe’ milik The Hollies yang dirilis di tahun 1974.

Setelah Radiohead mengakui kemiripan melodi dan struktur akord antara dua lagu tadi, tuntutan kemudian diselesaikan di luar pengadilan. Akhirnya penulis lagu ‘The Air That I Breathe’, Albert Hammond dan Mike Hazlewood, juga ditulis sebagai penulis ‘Creep’.

Coba dengar ‘Get Free’ dan ‘Creep’ di bawah ini:


Love Film. Love Books. And Everything in Between.

Comments

One Response to “Dituduh Menjiplak, Lana Del Rey Dituntut Radiohead Ke Pengadilan”

  1. nibiru says:

    mirip bet

Leave a Reply

Related Articles

Music News | January 23, 2018 By

Ribuan Fans Berikan Penghormatan Kepada Dolores O’Riordan Di Kota Limerick

Music News | By

Halsey Berikan Pidato Puitis Di Gerakan “Women’s March 2018”

Music News | By

Troye Sivan Bawakan Dua Single Barunya Di “Saturday Night Live”