Kendrick Lamar Dan SZA Dituntut Gara-Gara "Black Panther"

Oleh: admincd - 23 Feb 2018

Kendrick Lamar dan SZA saat ini tengah menuai kesuksesan berkat 'All The Stars', yang merupakan sebuah lagu kolaborasi mereka untuk film "Black Panther". Namun, di tengah kisah sukses ini, terselip pula kabar tak sedap. Keduanya dituntut ke pengadilan karena video 'All The Stars' dianggap melakukan tindakan pelanggaran hukum.

Tuntutan ini diajukan seorang seniman perempuan yang mengaku jika karya seninya telah digunakan video 'All The Stars' tanpa seizin dirinya. Seniman berdarah Inggris-Liberia bernama Lina Iris Viktor tersebut menuduh video merekreasi ulang "perasaan dan tampilan unik" beberapa karya miliknya yang berjudul "Constellations I", "Constellations II" dan "Constellations III", serta menggunakan "unsur berhak-cipta tertentu" seperti "stylised motifs of mythical animals, gilded geometric forms on a black background, and distinctively textured areas and patterns," sebagaimana yang dilansir dari Music-News.com

Viktor juga mengklaim jika keputusan untuk menampilkan karyanya di dalam video datang setelah ia dihubungi oleh perwakilan "Black Panther" sebanyak dua kali. Menurutnya para petinggi film menghubunginya dua kali, di tahun 2016 dan kemudian Januari 2018, guna mengajak dirinya meminjamkan karyanya untuk film atau menciptakan sesuatu yang baru.

Namun Viktor menolak, yang berarti penggunaan karya seninya dalam video 'All The Stars' dilakukan tanpa izin. Ia juga memberi penekanan untuk ironi pada tuntutan hukumnya karena "Black Panther" disebut-sebut mempromosikan pemberdayaan orang kulit hitam. Viktor adalah perempuan kulit hitam namun keinginannya tidak dipedulikan.

Tim pengacara Viktor, yang dipimpin Christopher Robinson telah mengirimkan surat kepada mentor Kendrick dan juga pimpinan labelnya, Top Dawg Entertainment, Anthony Tiffith, Sabtu lalu, untuk memberi peringatan tentang pelanggaran hak cipta dan pernyataan jika Viktor bersedia membahas resolusi untuk semua tuntutanya.

Dan sebuah pernyataan baru telah diterbitkan kuasa hukum Viktor melalui Pitchfork yang menegaskan jika mereka telah mencoba menempuh penyelesaian di luar jalur hukum namun tidak berhasil. Dan kini kasus telah resmi berada di wilayah hukum, mereka yakin Viktor akan memenangkan kasusnya.

admincd
More from Creative Disc