10 Single Terbaik Fifth Harmony

Oleh: admincd - 30 Mar 2018

Berkiprah mulai tahun 2012, nama Fifth Harmony perlahan tapi pasti menjadi salah satu girl-band terbesar di dekade 2010-an. Mereka besar saat trend girlband mulai redup. Tapi memang kumpulan yang terbentuk berkat The X Factor Amerika dan terdiri atas Ally Brooke, Normani Kordei, Dinah Jane, Lauren Jauregui, dan Camila Cabello ini secara konsisten dan pantang menyerah tetap eksis dan menghadirkan lagu demi lagu.

Tidak heran jika album debut mereka, "Reflection" (2015) disambut meriah. Album susulan, "7/27" (2016) malah lebih sukses lagi dengan barisan hit single panas. Album berikutnya, "Fifth Harmony" (2017), pun tak kalah sukses, meski kini grup harus berstatus kuartet sepeninggal Camila Cabello di akhir 2016.

Meski Fifth Harmony tetap solid sebagai kuartet, namun rupanya panggilan untuk berkarir solo demikian besar sehingga satu demi satu para member bergiat dalam karir perseorangan mereka. Karena ingin berkonsentrasi pada karir solo ini, maka Fifth Harmony pun menjadi kumpulan vokal beken termutakhir yang memutuskan untuk hiatus alias vakum tanpa waktu yang ditentukan mulai bulan Maret ini.

Memang disayangkan, tapi bagaimanapun ini adalah pilihan yang layak untuk dihormati. Dan untuk memberi tribut pada karir Fifth Harmony selama 6 tahun terakhir ini, di mana mereka telah bertransformasi dari "anak bawang" menjadi supergroup, berikut adalah 10 single terbaik yang pernah dilepas oleh Fifth Harmony:

01. Work From Home (7/27, 2016)


'Work From Home' adalah single Fifth Harmony dengan posisi tertinggi di Hot 100 (#4). Namun bukan karena itu mengapa 'Work From Home' menempati posisi teratas. Lagu yang diproduseri Ammo dan DallasK ini memang sangat cathy dengan hook kuat pada chorus. Perpaduan pas antara pop, R&B dan dance yang sudah mulai dikenalkan Fifth Harmony kemudian menjadi ciri khas mereka melalui hit viral 'Worth It'. Berbicara soal sukses viral, 'Work From Home' bahkan mampu melampaui 'Worth It' atau beberapa single milik artis populer lain. Dengan raihan view YouTube lebih dari 1 miliar, 'Work From Home' menjadi video yang paling banyak ditonton di sepanjang tahun 2016.


02. Worth It (Reflection, 2015)


Yang dibutuhkan oleh hitmaker Stargate dan Kaplan untuk membidani 'Worth It', dan sontak Fifth Harmony menjadi sensasi global terkemuka. Meski sebelumnya sudah merilis beberapa single, namun harus diakui jika 'Worth It' adalah "gong" bagi kesuksesan Fifth Harmony. Pop R&B yang memasukkan elemen dance di dalamnya memang begitu catchy dengan melodi yang tak gampang dilupakan. Siapa yang tidak akan tergerak mengikuti irama dance ala Timur Tengah yang disajikan Fifth Harmony dalam 'Worth It'.

03. Sledgehammer (Reflection, 2015)


Dirilis di tahun 2014, 'Sledgehammer' adalah salah satu single yang dilepas Fifth Harmony pra album debut, "Reflection". R&B sudah jelas menjadi warna dalam musikalitas grup ini. Tapi lagu balada mid-tempo ini menjadi menarik karena tidak hanya hadir dalam derap tempo yang cukup intens, namun juga karena kekuatan vokal Fifth Harmony yang tidak usah diragukan lagi... harmonis. Dari sini kita mulai menyimak jika Fifth Harmony bukan sekedar gumpulan gadis remaja cantik namun juga memiliki vokal bagus. Perlahan tapi pasti para anggota seolah mulai menunjukkan kemilau mereka sebagai solois.

04. Write On Me (7/27, 2016)


Sukses masif 'Worth It' membuat Fifth Harmony sadar jika mereka juga sangat cemerlang dalam menarik perhatian dalam skena dance. Tidak heran jika ada Kygo digandeng untuk membantu mereka dalam track tropical house ini. Subgenre yang rupanya pas menjadi latar untuk lagu balada dengan usungan vokal powerful. Perpaduan antara ciri khas Fifth Harmony denngan nyanyian menggelegar mereka berpadu pas dengan lembutnya beat dance yang diusung oleh Kygo. Sebuah contoh bagus antara kompromi ciri khas Fifth Harmony dengan trend dance yang tengah kekinian.


05. That's My Girl (7/27, 2016)


Setiap girl group harus punya single empowerment yang berkesan. Maka begitu juga dengan Fifth Harmony. Mereka menyajikan kepada kita sebuah anthem R&B, bahkan nyaris seperti mars, dengan 'That's My Girl'. Tentu tidak usah heran jika lagu memiliki beat yang ritmis atau berderap, karena lagunya bertujuan untuk membangun semangat pendengarnya sembari mengajak untuk lebih menghargai dan memercayai kekuatan diri sendiri.


06. He Like That (Fifth Harmony, 2017)


'He Like That' ditulis dan diproduseri oleh barisan nama-nama beken, Ammo, DallasK dan Ester Dean. Jadi, tidak usah heran dengan kemampuan lagu dalam membetot perhatian pendengarnya. Tapi bukan itu saja yang membuat 'He Like That' menarik. Fifth Harmony semakin menegaskan aura sensualitas mereka melalui lagu yang bercorak reggae ini. Begitu menggoda, seksi dan adiktif, tanpa harus terdengar terlalu pop-ish atau cheesy. Sebuah lagu dance yang mampu mengajak nge-dance sekaligus chill out.

07. All in My Head (Flex) (7/27, 2016)


Sebelum 'He Like That', Fifth Harmony sudah terlebih dahulu menghadirkan 'All in My Head (Flex)' yang mengangkat aroma reggae. Yang membedakan adalah pendekatan dalam 'All in My Head (Flex)' adalah dimasukkannya juga imbuhan trap, sehingga lagu memang lebih condong pada semangat pembangunan suasana dance ketimbang juga sensualitas (meski tentu saja video musiknya terlihat sangat... seksi).


08. Down (Fifth Harmony, 2017)


Agak susah memang menghilangkan kesan jika 'Down' terdengar seperti ingin mengulang formula sukses dari 'Work From Home'. Secara beat dan struktur agak mirip. Dance electronic dengan chorus yang kuat hook. Tapi, 'Down' tetap saja adalah sebuah lagu yang berbeda. Porsi vokalnya pas tanpa ada yang terdengar terlalu menonjolkan diri. Lagi pula, ini merupakan lagu pertama yang dihadirkan Fifth Harmony sebagai kuartet dan menegaskan jika formasi baru tidak menghilangkan kekuatan mereka.


09. Boss (Reflection, 2014)


Dengan trumpet, handclaps dan bass tebal yang menciptakan sound dengan ritme ala militer, 'Boss' merupakan indikasi akan bagaimana musik Fifth Harmony nantinya. Merupakan salah satu single awal dari Fifth Harmony, lagu memang membentuk karakter Fifth Harmony secara utuh, karena jelas terdengar larut dalam trend yang saat itu tengah booming. Tapi, satu pasti 'Boss' menjadi cetak biru yang nantinya dikembangkan oleh Fifth Harmony sebagai kumpulan pengusung pop-dance-R&B yang catchy.

10. Miss Movin; On (Better Together, 2013)


Akan salah rasanya tidak memasukkan 'Miss Movin' On' dalam daftar ini, meski harus berada di posisi buntut. Sejujurnya, 'Miss Movin' On' memang bukan lagu istimewa. Vokal para anggota Fifth Harony pun belum menonjol. Tapi upaya mereka untuk menghadirkan pop ringan tentu saja layak diapresiasi. Kemudaan dan fisik mereka yang rupawan jelas membantu lagu untuk disimak para penikmat musik pop. Apalagi ini merupakan single perdana mereka sehingga memang diniatkan sebagai pencari perhatian publik.


Jadi, manakah single Fifth Harmony favorit kalian?

admincd
More from Creative Disc