Quantcast

Album of the Day: George Ezra – Staying at Tamara’s

By - 2 months ago in Album of The Day

Columbia Records

Semenjak debutnya di tahun 2014 dengan album “Wanted On Voyage”, penyanyi asal Inggris George Ezra langsung sukses mencuri perhatian. Siapa (di tahun itu) yang tak mengenal hit single seperti ‘Budapest’? Tapi sukses besar yang diraihnya tak lantas membuat George terburu-buru menyusul dengan album kedua. Ia justru memilih untuk menghilang dulu dan empat tahun kemudian, voila!, hadirlah album sophomore-nya, “Staying at Tamara’s“.

Waktu empat tahun rupanya membuat George sedikit mengubah arah musiknya. Masi mengusung pop-folk, tapi nyaris absen kini americana, rock atau blues di dalam “Staying At Tamara’s”. Bukan berarti jelek juga, karena secara keseluruhan album sangat gampang dicerna, renyah dan tidak pernah membosankan.

Indikasi jika album akan berbeda dengan “Wanted On Voyage”, mungkin belum ditunjukkan dengan track pembuka, ‘Pretty Shining People’, sebuah anthem folk up-beat yang mungkin akan mengingatkan Mumford and Sons ketimbang George Ezra itu sendiri. Tapi harus dicatat jika ‘Pretty Shining People’ kuat dengan nuansa pop, ketimbang yang mungkin akan dibawakan oleh Mumford and Sons misalnya.

Dominasi pop inilah yang menjadi tolak ukur pembeda antara dua album yang dimiliki oleh seorang George Ezra. Selepas ‘Pretty Shining People’ yang playful dengan lirik seperti “What a terrible time to be alive if you’re prone to overthinking,” ia menyusulnya dengan ‘Don’t Matter Now’ yang lebih laidback. Sementara kombinasi playful dan laidback didapat di track berikutnya, ‘Get Away’.

Dari tiga track pembuka ini kita mendapat gambaran jika tawaran George di album ini adalah semangat laidback dan playful namun tidak terkesan kanak-kanak, melainkan matang dan dewasa. Pendekatan yang sama bisa ditemui dalam track-track berikutnya dalam album.

Track paling berkesan dari album mungkin ‘Shotgun’ di mana George dengan piawai memadukan semangat pop ceria dengan pop-folk di mana masing-masing genre hadir tanpa terdengar saling mendominasi, melainkan satu kesatuan menjadi pilar dalam menghadirkan harmonisasi melodi lagu. Imbuhan ritme Afrobeat pun memperkaya warna lagu dengan lebih meriah.

Tidak bisa terlupakan juga track seperti ‘All My Love’ sebuah balada mid-tempo yang pastinya akan memuaskan kerinduan penggemar saat George menyanyikan lagu bernuansa blues atau soul yang bergaya retro. Sedangkan ‘Hold My Girl’ adalah balada minimalis menyentuh karena dinyanyikan George dengan penuh perasaan. Sementara kolaborasi George bersama First Aid Kit dalam ‘Saviour’ mengusung semangat folk anthemik dengan prima.

Track-track lain sebenarnya memiliki notasi atau struktur yang tertebak sehingga terkadang terkesan jenerik. Meski begitu, jangan khawatir, karena setiap track dikerjakan George dengan baik sehingga tetap menyenangkan untuk disimak, meski secara relatif kurang “standout” dibandingkan track-track yang disebut di atas.

Yang bisa dicermati dalam “Staying At Tamara’s” adalah pemilihan chorus yang semakin besar dan besar untuk setiap lagunya. Hanya saja, tidak lantas lagu hanya mengandalkan semangat catchy tapi terlupa memberi dimensi. Ada sisi emosional yang makin tebal dalam setiap lagu George untuk “Staying At Tamara’s”. Apalagi memasuki jelang akhir album.

Dan George pun menyanyikan lagunya dengan kualitas vokal yang semakin terasah. Ia mampu meniupkan jiwa atau ruh untuk setiap lagu sehingga terdengar hidup. Selain itu, meski pop mendominasi folk, album juga memberi kesempatan bagi dirinya untuk memamerkan vokal yang lebih soulful.

Perpaduan antara kematangan bermusik dan niat untuk memuaskan penikmat musik awam adalah kekuatan dari “Staying At Tamara’s”. Di tangan artis yang salah, akan berbalik arah menjadi bumerang yang justru mencelakai sang artis. Namun syukurlah George Ezra mampu mengeksekusi album dengan mulus, sehingga tidak terdengar janggal atau canggung. Jelas sebuah perkembangan musikalitas yang memukau dari seorang George Ezra dan memastikan dirinya bukanlah sebuah one-hit-wonder belaka.

Official Website

TRACKLIST

1. “Pretty Shining People” 3:32
2. “Don’t Matter Now” 2:56
3. “Get Away” 2:34
4. “Shotgun” 3:21
5. “Paradise” 3:42
6. “All My Love” 2:40
7. “Sugarcoat” 3:22
8. “Hold My Girl” 3:31
9. “Saviour” (featuring First Aid Kit) 3:32
10. “Only a Human” 3:34
11. “The Beautiful Dream” 4:29

Love Film. Love Books. And Everything in Between.

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Music News | June 20, 2018 By

Film Dokumenter Lady Gaga Memenangkan Piala MTV Movie & TV Awards 2018

Music News | By

Shawn Mendes Janji Kolaborasi Bersama BTS Akan Segera Terealisasi

Music News | By

Meghan Trainor Ungkap Cover Album Ketiganya, “Treat Myself”