Quantcast

Album of the Day: Hayley Kiyoko – Expectations

By - 3 months ago in Album of The Day

Atlantic Records

Hayley Kiyoko menambah daftar mantan bintang Disney yang juga berprofesi sebagai penyanyi profesional. Namun, tidak seperti para seniornya (mulai dari Britney Spears hingga Miley Cyrus) yang membuka karir mereka dengan bubblegum-pop, maka penyanyi 27 tahun bernama panjang Hayley Kiyoko Alcroft ini justru memilih pendekatan yang berbeda. Setidaknya jika menilik album debutnya, “Expectations“.

Tapi sebenarnya ini bisa dimengerti, karena mengingat para seniornya tadi yang meluncurkan debut di usia remaja, Hayley bisa dikatakan justru melakukan hal sama di usia sudah cukup matang. Mungkin karena itu ia bisa dengan leluasa memutus dirinya dari pendekatan pop bubbly atau ringan dan memberi fokus pada eksplorasi selera musikalitasnya. Tambahan lain, fase pop-bubbly sudah dilewatinya saat masih bergabung bersama girlband The Stunners (salah satu anggota lain adalah Tinashe) di akhir 2000-an.

Kata orang kita sebaiknya memisahkan sisi pribadi seorang seniman dengan karyanya. Namun Hayley merupakan satu dari sedikit penyanyi perempuan yang dengan terbuka mengakui diirnya sebagai seorang gay, sehingga mau tidak mau sebagian dari kita pun memandang setiap motif atau tema lagu sesuai dengan preferensi seksualnya. Meski begitu, seharusnya tidak menjadi halangan untuk mencerna setiap lagu dalam “Expectations”, karena sudut pandangnya secara umum bisa berlaku secara awam.

Baiklah, setelah terlepas dari aspek politis album, mari kita bicarakan saja soal lagu-lagunya. Pop tentu masih menjadi andalan Hayley. Hanya saja ia memoles sound-nya dengan sentuhan eklektik. Electropop yang lebih edgy dan mengingatkan akan Charli XCX, Tove Lo atau MØ. Kalau terbiasa mendengarkan lagu-lagu dari penyanyi tadi bisalah mendapat gambaran tentang usungan Hayley di dalam album.

“Expectations” adalah album dengan konsep yang tertata rapi. Dibuka dengan sebuah overture, jelas Hayley memiliki ambisi tertentu di dalam album ini. Tentu saja latar Hayley sebagai gay membantu memoles aspek tematis album. Maka dari kita bisa merasakan euforia tentang aral yang terkadang menjadi warna dalam kisah hubungan sejenis.

Terlepas dari konsep dan aspek tematis, “Expectations” adalah kumpulan lagu pop yang menyenangkan bahkan terjadang brilian. Dalam synth-pop ‘Feelings’ Hayley bermain-main dengan pergerakan notasi dan juga atmosfer. Sedang kolaborasinya bersama Kehlani, ‘What I Need’ adalah enthem electropop berpadu R&B yang catchy sekaligus bernas.

Dua track yang berdekatan, ‘Mercy/Gatekeeper’ dan ‘Under the Blue/Take Me In’ masing-masing memiliki garis miring di dalam judul, seolah-olah menegaskan jika ada dua unsur bertentangan yang diusung di dalamnya. Mendengar lagu-lagunya, kita mengerti apa yang dimaksud oleh Hayley, mash-up dua lagu berbeda tapi satu warna dan dipaparkan dalam artikulasi jelas. Pastinya ini dalah kelebihan Hayley dalam merangka kerangka lagu-lagunya.

Sementara itu track-track ‘Curious’ atau ‘He’ll Never Love You (HNLY)’ Hayley menyajikan pop yang lebih konvensional; seperti melodi catchy dan chorus kaya hook. Hayley juga tak lupa menyematkan album dengan track-track yang kaya sisi emosional. Sebutlah balada moody ‘Sleepover’ atau track anthemik atmosferik yang menjadi penutup album, ‘Let It Be’.

Kelebihan ‘Expectations’ adalah di mana setiap track terdengar familiar namun sekaligus berbeda dan masing-masing segar dengan ciri khasnya. Oleh karenan itu, nyaris tidak ditemui filler di dalam album. Selain itu Hayley dengan ekspresif memutar ide dan tema yang lekat dengan kesehariannya, sehingga album terdengar “raw” dan spesifik, meski tanpa harus jatuh terlalu tersegmentasi.

“Expectation” pastinya adalah album pop dengan kualitas di atas rata-rata. Meski sebenarnya memiliki tendensi jenerik atau spesifik, Hayley dengan telaten menghindarkannya dan menyebabkan “Expectations” sebagai album yang bisa dinikmati secara universal. Sebuah debut yang mengesankan.

Official Website

TRACKLIST

1. “Expectations (Overture)” 1:52
2. “Feelings” 3:37
3. “What I Need” (featuring Kehlani) 3:39
4. “Sleepover” 3:54
5. “Mercy/Gatekeeper” 5:44
6. “Under the Blue/Take Me In” 5:37
7. “Curious” 3:12
8. “xx” 0:51
9. “Wanna Be Missed” 3:15
10. “He’ll Never Love You (HNLY)” 3:51
11. “Palm Dreams” 5:14
12. “Molecules” 4:10
13. “Let It Be” 3:41

Love Film. Love Books. And Everything in Between.

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Music News | June 22, 2018 By

Ariana Grande & Nicki Minaj Sajikan Video Gloomy Untuk ‘The Light Is Coming’

Music News | By

PRETTYMUCH Persembahkan Single Baru Tulisan Ed Sheeran, ‘Summer On You’

Music News | By

Simak Video Penuh Koregrafi Sajian Florence + The Machine Dalam ‘Big God’