Quantcast

BTS Jadi Grup Kpop Pertama Yang Mendapatkan 1 Juta Shazam Berkat “Mic Drop”

By - 7 months ago in Music News

Diciptakan oleh perusahaan Shazam Entertainment Ltd di London, Inggris, Shazam merupakan aplikasi yang mampu membantu penggunanya memindai lagu yang didengarkan dari radio, atau dari sumber lainnya. Tidak hanya mampu memindai lagu tapi juga mampu memindai film, iklan, acara televisi bahkan mampu menampilkan konten artis ekslusif. Sehingga Shazam menjadi bagian terpenting dalam pencapaian kesuksesan para musisi di dunia, salah satunya adalah grup asal negeri ginseng, Korea Selatan,  BTS.

Dan baru-baru ini, pihak Shazam mengabarkan bahwa lagu BTS “Mic Drop – Steve Aoki remix” menjadi salah satu lagu yang paling dicari atau dipindai melalui aplikasi musik Shazam sebanyak  1 juta kali, dan ini merupakan rekor pertama bagi grup Kpop.

Seperti yang dilansir dari laman billboard.com, pihak perusahaan mengemukakan bahwa lagu tersebut pertama kali dipindai oleh pengguna Shazam di Prancis pada 16 November 2017 lalu, satu minggu sebelum dirilis pada tanggal 24 November. Namun semenjak itu, Shazam menungkapkan bahwa “Mic Drop-remix” semakin dicari dan dipindai melalui aplikasinya di berbagai negara seperti Amerika Serikat, Indonesia, Filipina, Rusia dan Kanada.

“Mic Drop” ternyata paling banyak dipindai melalui Shazam  di beberapa kota seperti Pasay (Filipina), Jakarta dan Ambon (Indonesia), Athena (Mesir) dan Sydney (Australia). Sementara di beberapa kota di Amerika Serikat justru pencarian lagu “Mic Drop” tidak sebanyak di beberapa kota negara lain yang disebutkan.

Dengan pencapaian 1 juta pemindaian yang BTS raih melalui lagunya hanya dalam waktu 4 bulan ini, maka bisa dikatakan persaingan sengit mungkin akan terjadi pada grup-grup Kpop lain demi mencapai hasil yang sama atau mungkin lebih dari itu.

“Mic Drop (Steve Aoki Remix)” dirilis pada November 2017 lalu dan menerima sertifikat GOLD dari RIAA. Bahkan musik video yang diunggah telah mencapai sekitar 206 juta penonton dan 4,3 juta like di channel YouTube ibighit .

Text by: Rimadiani
Artikel ini pertama kali ditulis di daebaknews.co

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Music News | October 15, 2018 By

ARMY Bersiaplah! Burn The Stage : The Movie Siap Memanaskan Layar Lebar

Music News | October 13, 2018 By

BTS Tampil di Sampul Majalah Time dan Bawa Pulang Million Sertifikat GAON Music

Music News | October 9, 2018 By

Ariana Grande dan BTS Mendapat Nominasi Terbanyak di People’s Choice Awards 2018