Kendrick Lamar Catatkan Sejarah Sebagai Artis Hip-Hop Pertama Peraih Pulitzer

Oleh: admincd - 18 Apr 2018

Pulitzer Award adalah sebuah anugerah untuk pencapaian di bidang penulisan, yang mencakup dalam surat kabar, majalah, jurnalisme daring, sastra dan komposisi musik. Para penulis dari berbagai kalangan tadi dianggap telah diakui keahliannya jika telah memenangkan sebuah Pulitzer. Kini, secara tak terduga rapper Kendrick Lamar juga tercatat sebagai pemenang Pulitzer yang prestisius.

Kendrick mendapatkan Pulitzer in Music berkat album studio keempatnya, "DAMN.", yang dirilis tanggal 14 April 2017 lalu. Ia merupakan artis non-klasikal atau jazz pertama yang mendapatkan Pulitzer dalam 75 tahun sejarah penghargaan yang dianggap tertinggi dalam bidang penulisan ini.

Kendrick mengalahkan para pesaingnya untuk mendapatkan Pulitzer, yaitu Michael Gilbertson dan Ted Hearne. Selain sebuah piala, Kendrick juga berhak mendapatkan uang tunai sebesar $15.000. Para juri Pulitzer menganggap album Kendrick tadi "sebuah koleksi lagu virtuoso yang disatukan oleh otentitas-nya yang asli dan dinamisme ritmis yang menawarkan vignet yang berpengaruh dalam menangkap kompleksitas dari kehidupan modern kalangan Afrika-Amerika."

Kendrick belum memberi tanggapan untuk kemenangannya ini, namun para fans, penikmat musik dan juga jurnalis dan serta kritikus menyambut meriah kemenangan dirinya. Salah seorang jurnalis, Dana Cenedy, bahkan menyebutkan kemenangan Kendrick sebagai sinaran kepada (musik) hip-hop dalam cara yang sama sekali berbeda. Sebuah momen besar untuk skena hip-hop dan juga Pulitzer.

admincd
More from Creative Disc