Quantcast

Mengenang Avicii Dengan 10 Lagu Terbaiknya

By - 3 months ago in Top 10 Lists

Lagi-lagi dunia musik harus kehilangan salah satu musisi berbakatnya. Jumat, 20 April lalu musisi, produser dan DJ kenamaan asal Swedia, Tim Bergling, atau lebih dikenal dengan Avicii, meninggalkan kita untuk selamanya. Meninggalnya Avicii ini hanya berselang beberapa hari setelah pengumuman jika ia mendapat nominasi Top Dance/Electronic Album di Billboard Music Awards 2018.

Pria kelahiran Stockholm, Swedia, 8 September 1989 ini memulai karirnya di tahun 2009 lalu. Karirnya menanjak cepat karena rajin merilis single demi single. Meski begitu, populeritas dirinya menginternasional justru dari “insiden” friksi bersama Leona Lewis, karena lagu sang diva pop asal Inggris, ‘Collide’, dianggap mengambil sampel lagu Avicii, ‘Fade into Darkness’. Untungnya friksi bisa diakhiri dengan dilibatkannya secara resmi Avicii di dalam lagu.

Seiring dengan itu, single Avicii, ‘Levels’, perlahan tapi pasti pun juga terangkat dan meraih kepopuleritasan. Momentumnya adalah kesuksesan fenomenal single ‘Wake Me Up’ yang merupakan andalan album debutnya, “True” (2013). Tidak heran jika kemudian tangan dingin Avicii diincar oleh musisi lain dan mengajaknya untuk berkolaborasi, seperti Coldplay, David Guetta, atau Madonna.

Kini, untuk mengenang sang musisi, mengapa kita tidak melongkok 10 lagu terbaik yang pernah dikerjakan oleh Avicii:

10. “Collide” with Leona Lewis (Single, 2011)

Mungkin jika Avicii tidak bersikeras namanya dimasukkan sebagai kolaborator Leona Lewis dalam ‘Collide’, namanya tidak akan bergaung luas dan sukses melewati skena EDM. ‘Collide’, sebuah track EDM melankolis yang dinyanyikan oleh Leona meminjam track ‘Penguin’ milik Avicii, yang sebenarnya juga meminjam melodi lagu ‘Perpetuum Mobile’ milik Penguin Cafe Orchestra. Sebenarnya Avicii juga memiliki versi dengan vokal untuk ‘Penguin’ yaitu ‘Fade into Darkness’. Tapi jika harus dibandingkan dengan versatilitas dan emosi yang dihadirkan Leona Lewis dalam ‘Collide’, maka jelas ‘Fade into Darkness’ harus menyerah.

09. “I Could Be the One” with Nicky Romero (Single, 2012)

‘I Could Be the One’ adalah hasil kolaborasi Avicii bersama DJ asal Belanda, Nicky Romero dan menampilkan vokal dari Noonie Bao. Track ini merupakan salah satu lagu Avicii yang mengalami beberapa kali perombakan sebelum akhirnya kita bisa mendengarkan versi resminya. Bahkan sebelumnya track mengambil sampel dari lagu ‘D.A.N.C.E.’ dari Justice, yang kemudian tidak terpakai. Tapi mungkin memang ada baiknya karena kita bisa mendengarkan beat progressive house adiktif yang diusung oleh Nicktim (Nicky dan Tim) ini.

Love Film. Love Books. And Everything in Between.

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Music News | July 21, 2018 By

Taylor Swift & Jennifer Hudson Siap Bintangi Film Adaptasi Musikal “Cats”

Music News | July 20, 2018 By

Werewolf Dan Kejar-Kejaran Bersama Polisi Dalam Video Single Baru Muse, ‘Something Human’

Music News | By

The 1975 Hadirkan Single Baru Dengan Pesan Tersembunyi Dalam Liriknya, ‘Love It If We Made It’