Quantcast

Mengenang Avicii Dengan 10 Lagu Terbaiknya

By - 3 months ago in Top 10 Lists

04. “Levels” (Single, 2011)

Kepiawaian Avicii dalam meramu EDM dengan sentuhan genre lain sudah diperlihatkannya melalui ‘Levels’, yang dianggap oleh banyak kritikus sebagai salah satu lagu EDM terbaik sepanjang masa. Dengan meminjam sampel vokal dari ‘Something’s Got a Hold on Me’ milik penyanyi legendaris Etta James, track mampu menduduki posisi teratas chart tidak hanya di Swedia, namun juga Amerika Utara. Jelas membuka jalan Avicii menuju kepopuleritasan internasionalnya.


03. “Lonely Together” feat. Rita Ora (EP. Avicii (01), 2017)

‘Lonely Together’ bisa dikatakan single terakhir yang dirilis Avicii sebelum ia meninggal dunia dan terdapat dalam EP terakhir yang dirilisnya, “Avicii (01)”. ‘Lonely Together’ adalah contoh nyata mengapa Avicii memiliki tangan dingin tidak hanya dalam mengkomposisi lagu EDM tapi juga pop. Dan ia mengerti benar untuk memanfaatkan kualitas vokal penyanyi yang membawakan lagunya. Rita Ora sebagai vokalis ‘Lonely Together’ berpadu dengan pas dengan melankolisme pop-dance yang diusung Avicii sehingga lagu terdengar begitu anthemik.


02. “Wake Me Up” (Alb. True, 2013)

‘Wake Me Up’ jelas yang mengangkat nama Avicii ke level superstar. Dengan vokal yang diisi oleh Aloe Blacc (yang akhirnya nama juga ikutan terdongkrak), Avicii dengan berani menggabungkan antara EDM dengan folk/country. Sebuah fusi yang jika tidak dikerjakan dengan baik akan terdengar berantakan. Untungnya talenta Avicii justru mampu menghadirkan semangat folk/country tadi secara organis di beat EDM. Tidak heran jika trend folktronica kemudian berkembang dengan pesat, meski ‘Wake Me Up’ tetap tercatat sebagai yang paling terkemuka.


01. “A Sky Full of Stars” with Coldplay (Alb. Ghost Stories, 2014)

OK, secara resmi ‘A Sky Full of Stars’ bukanlah single resmi Avicii. Tapi kesuksesan single Coldplay ini tidak bisa terlepas dari produksi yang ditangani oleh Avicii. Disebut-sebut sebagai single EDM pertama Coldplay, ‘A Sky Full of Stars’ mampu dengan gemilang memadukan warna musik pop-rock Coldplay dalam sentuhan house yang bergelora. Sebuah track rock EDM? Atau EDM rock? Yang mana satu, kolaborasi Avicii dan Coldplay memang pas dan sangat padu dalam menghasilkan salah satu lagu pop terbaik di dekade ini.

Love Film. Love Books. And Everything in Between.

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Music News | July 23, 2018 By

Panic! at the Disco & Cyndi Lauper Berkolaborasi Bawakan Hit Klasik ‘Girls Just Want to Have Fun’

Music News | By

Offset Dari Migos Ditangkap Akibat Kepemilikan Senjata Api

Creative Disc Exclusive Single | By

Creative Disc Exclusive Single: 23 July 2018