Quantcast

Album of the Day: Anne-Marie – Speak Your Mind

By - 5 months ago in Album of The Day
Anne-Marie - Speak Your Mind

Asylum Records

Sebagaimana umumnya sebagian besar artis pendatang baru asal Inggris masa kini, Anne-Marie mengangkat namanya dengan menjadi bintang tamu di track milik musisi pengusung electronic dance. Maka ia hadir dalam single ‘Rumour Mill’ milik Rudimental. Tapi gongnya pastinya adalah ‘Rockabye’ milik Clean Bandit yang berhasil menjadi salah satu single fenomenal di tahun 2016 lalu. Tidak heran, meski awalnya menghadirkan ‘Alarm’ yang berbau pop-alt-hip-hop sebagai single, Anne-Marie menyusulnya dengan track dance-tropical ‘Ciao Adios’ sebagai susulan dan mampu menembus #9 tangga lagu Inggris dan menjadi top 10 pertamanya.

Oleh karena itu tidak heran jika saat Anne-Marie menghadirkan “Speak Your Mind“, album debutnya, nuansa tropical menjadi senjata utama untuk pop yang disajikan. Album memang diamunisi dengan banyak track dengan pendekatan ini, seperti ‘Trigger’ yang bernuansa moombahton, sebagaimana ‘Then’, ‘Heavy’, ‘Can I Get Your Number’ atau dance-hall influenced seperti ‘Bad Girlfriend’.

Track-track ini memang terdengar familiar dengan kebanyakan lagu, entah pop atau dance, yang banyak beredar saat ini. Ini menjadi kelemahan dan kekuatan bagi Anne-Marie. Kelemahan karena lagunya terdengar mirip dengan “rekan-rekannya”, sehingga sulit untuk memberi signifikansi akan karakter Anne-Marie sebagai solois. Kelebihannya lagu terdengar catchy dan renyah dengan tempo yang cukup cepat sehingga tidak membuat album terdengar berlarat serta pastinya sangat menyenangkan untuk didengar.

Meski begitu, bukan lantas Anne-Marie larut dalam pendekatan sama untuk setiap lagu yang terdapat dalam album. Setidaknya dalam kolaborasinya bersama Marshmello ia mencoba menghadirkan pendekatan hip-hop bergemuruh dan sedikit lebih edgy ketimbang track lain dalam ‘Friends’. Untungnya, Marshemello mengekekusi lagu dalam koridor dance sehingga tidak terdengar belang-belang dibandingkan track lain.

Selain hip-hop Anne-Marie juga coba mengimbuhi album dengan gaya lain, seperti R&B yang bisa ditemui dalam ‘Perfect’ atau synth-pop dalam ‘Machine’. Meski begitu, tetap saja Anne-Marie menyemir setiap lagu yang memiliki corak berbeda tadi dengan sapuan tropical atau dance, sehingga meski berbeda gaya namun benang merahnya secara musikalitas tetap sama. Bahkan saat pop ala Ed Sheeran dihadirkan dalam ‘2002’, pengaruh pop-dance easy listening tadi tetap kuat dimasukkan.

Memasuki track bonus untuk edisi deluxe, kita masih mendapatkan pendekatan yang sama untuk lagu-laguna. Nuansa ala pop Karibia tetap tebal teraba dalam ‘Breathing Fire’ atau ‘Used to Love You’ yang seru untuk disimak. Dan pastinya ada ‘Rockabye’ yang bertugas sebagai penutup album. Menariknya Anne-Marie memberi ruang untuk lagu balada justru di segmen ini. Maka kita bisa mendengar kerapuhan vokal Anne-Marie dalam ‘Peak’ yang menghanyutkan, sementara ‘Some People’ terdengar lebih playful.

“Speak Your Mind” adalah sebuah album pop. Anne-Marie sadar sekali dengan itu. Oleh karenanya ia tidak mencoba menghadirkan materi-materi yang mendalam secara esensi. Tema-tema cinta atau hal-hal trivial mendominasi album. Nyaris tidak ada pernyataan politis atau kultural yang ingin disampaikannya.

Tapi seharusnya ini memang bukan hal yang aneh. Tampaknya dara 27 tahun asal Essex ini sudah cukup puas dengan materi, yang bolehlah dikatakan awam atau generik. Hanya saja, sebagai album pop ia jelas menunaikan tugasnya dengan baik: sangat menghibur. Seharusnya sudah cukup. Setidaknya untuk membuka jalan Anne-Marie untuk menjadi musisi yang lebih dikenal luas. Mungkin di album berikutnya ia akan terdengar lebih terasah. Bisa jadi, karena memang memiliki modal untuk itu.

Official Website

Tokopedia

TRACKLIST

1. “Cry” 4:31
2. “Ciao Adios” 3:19
3. “Alarm” 3:25
4. “Trigger” 3:13
5. “Then” 3:34
6. “Perfect” 3:53
7. “Friends” (with Marshmello) 3:22
8. “Bad Girlfriend” 3:26
9. “Heavy” 2:52
10. “2002” 3:06
11. “Can I Get Your Number” 3:20
12. “Machine” 4:07

Deluxe Edition
13. “Breathing Fire” 3:54
14. “Some People” 3:11
15. “Used to Love You” 4:09
16. “Peak” 3:46
17. “Rockabye” (Clean Bandit featuring Sean Paul and Anne-Marie) 4:11

Love Film. Love Books. And Everything in Between.

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Music News | September 20, 2018 By

Maroon 5 Terpilih Sebagai Artis Halftime Show Super Bowl 2019

Music News | By

Bintang Remaja Peraih Nominasi Oscar, Abigail Breslin, Terjun Ke Dunia Musik Dengan Nama Sophomore

Music News | By

Robyn Umumkan Album Kedelapannya, “Honey”