Quantcast

Album of the Day: Charlie Puth – Voicenotes

By - 5 months ago in Album of The Day

Atlantic Records

Setelah sempat juga mengalami pergantian tanggal rilis, akhirnya album studio kedua Charlie Puth, “Voicenotes”, hadir juga. Ini merupakan langkah penting bagi Charlie, seorang penyanyi yang terangkat namanya berkat lagu soundtrack film dan menghasilkan album debut (“Nine Track Minds” – 2016) yang lumayan. Bagaimanapun nasib seorang musisi/penyanyi ke depannya tergantung bagaimana dengan album sophomore-nya, sehingga tidak dianggap sebagai one hit wonder.

Oleh karena itu, patut dipuji langkah Charlie untuk melangkah maju secara musikalitas dan tidak mengulang formula balada yang membuat namanya terkenal seperti di album debut tadi. “Voicenotes” diisi track-track kontemporer yang umumnya bergerak dalam tempo sedang hingga cepat. Sebagian besar adalah bop dan pastinya radio-friendly.

Secara tematis, ia pun menyasar lagu-lagu yang lebih edgy, seperti berhubungan dengan perempuan lebih tua dalam ‘Boy’, flirting dengan seseorang sudah memiliki pacar dalam ‘Empty Cups’. Intinya, Charlie sudah dewasa, nih dan mulai badung. Lantas, bagaimana dengan kualitas musikalitasnya sendiri?

Charlie boleh dipuji saat menghadirkan ‘Attention’ sebagai single perdana album. Nomor groovy ini terdengar begitu playful dan berbeda dengan yang biasa dibawakan Charlie. Pop-funk sajian lagu memang atentif dan tentu saja catchy sehingga mudah disukai pendengar musik pop.

Ia menyusulnya dengan ‘How Long’ yang tak kalah groovy. Dengan dua track yang danceable ini maka jelas Charlie menjanjikan “Voicenotes” akan menampilkan sisi Charlie yang jauh berbeda dari “Nine Track Minds”. Tapi benarkah memang begitu?

Bagaimanapun perubahan tidaklah benar-benar terjadi dalam seketika. Tetap ada proses, sehingga karakteristik lama belum benar-benar menghilang. “Voicenotes” masih menyisakan beberapa jejak “Nine Track Minds” di dalamnya, seperti balada R&B retro yang dibawakan Charlie bersama Boyz II Men, ‘If You Leave Me Now’. Album juga menyertakan track seperti ‘Patient’ atau ‘Through It All’ (halo, ‘See You Again”!) atau kolaborasi bersama James Taylor, ‘Change’, track-track balada yang dulu dikenal lekat bersama Charlie.

Meski begitu, “Voicebotes” memang diisi dengan “gaya baru” dari seorang Charlie Puth. Semisal kolaborasinya bersama Kehlani dalam ‘Done For Me’. Track bercorak R&B old-school ini merupakan satu dari sedikit lagu di atas rata-rata yang mengisi album. Album juga memiliki track-track playful lainnya, seperti ‘LA Girls’, atau ‘Slow It Down’, hanya saja tidak memiliki level yang sama dengan ‘Done For Me’ atau ‘Attention’. Lagu-lagu dalam umumnya sebagian besar terdengar tipikal dan bisa dikatakan terlalu terpengaruh oleh lagu-lagu musisi lain yang lebih superior.

Sebenarnya mungkin masalah utama terdapat dalam timbre vokal Charlie. Menjadi keuntungan karena sangat khas sehingga mudah dibedakan dengan penyanyi lain. Menjadi kekurangan karena memiliki keterbatasan untuk terdengar pas dalam beberapa genre tertentu. Lagu-lagu playful dan groovy salah satunya.

Ini menjadi sangat terasa saat Charlie bernyanyi dalam lagu balada (impresif) dan up-tempo (terlalu memaksa diri sehingga membuat kurang nyaman di telinga). Mungkin Charlie belum menemukan formulasi genre yang tepat untuk dirinya. Pergulatan itu sangat terasa dalam album. Pilihan lagunya pun cenderung generik atau medioker sehingga sangat gampang terlupakan sehabis didengar. Dengan beberapa catatan ini, bisa dikatakan “Voicenotes” bukan album yang memberi kesan lebih untuk seorang Charlie Puth. Album yang akan meletakkan namanya di papan superstar.

Karena bagaimanapun album yang terdengar catchy saja tidak cukup. Harus ada kesan mendalam yang membuat musikalitas sang album (dan sang artis) terdengar everlasting. Sesuatu yang belum bisa ditemukan dalam “Voicenotes”. Mungkin di album berikutnya?

Official Website

TRACKLIST

1. “The Way I Am” 3:06
2. “Attention” 3:28
3. “LA Girls” 3:17
4. “How Long” 3:20
5. “Done for Me” (featuring Kehlani) 3:00
6. “Patient” 3:10
7. “If You Leave Me Now” (featuring Boyz II Men) 4:03
8. “Boy” 4:23
9. “Slow It Down” 3:10
10. “Change” (featuring James Taylor) 3:37
11. “Somebody Told Me” 3:36
12. “Empty Cups” 2:50
13. “Through It All” 3:26

Love Film. Love Books. And Everything in Between.

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Music News | October 23, 2018 By

Swedish House Mafia Umumkan Show Stockholm & Janjikan Lagu Baru Di Tahun 2019

Music News | By

Lady Gaga Diperkirakan Akan Menjadi Seorang Multi-Nominee Di Ajang Oscar Tahun 2019

Music News | By

Mariah Carey Umumkan World Tour Untuk Album “Caution”