Quantcast

Album of the Day: Various Artists – 13 Reasons Why: Season 2 [Music from the Original TV Series]

By - 3 months ago in Album of The Day

Interscope Records

Tahun lalu layanan streaming raksasa, Netflix, sukses besar berkat serial remaja mereka, “13 Reasons Why“. Serial yang berkisah tentang problematika dunia remaja, termasuk isu-isu berat seperti bunuh diri, pemerkosaan dan bullying tersebut memang mampu menciptakan fenomena tersendiri. Terlepas dari pro dan kontra yang muncul setelahnya, tentu Netflix ingin melanjutkan kisah “13 Reasons Why” dalam sebuah kelanjutan. Tidak heran jika sekarang kita bisa menyaksikan “13 Reasons Why: Season 2”.

Tentu kita tidak akan membicarakan serialnya di sini, melainkan album soundtracknya. Terlepas apakah serial yang diproduseri Selena Gomez tersebut memang perlu dilanjutkan atau tidak, namun harus diakui album soundtracknya sangat menawan. Begitu juga dengan musim kedua “13 Reasons Why”. Maka hadirlah “13 Reasons Why: Season 2 [Music from the Original TV Series]“.

Selena Gomez kembali menyumbangkan vokalnya. Kali ini dalam sebuah track pop-tropical moody berjudul ‘Back to You’. Semangat anthemik yang diusung lagu (dan judulnya) seolah menjadi simbolisasi akan garis cerita yang diusung serial. Sayangnya Selena hanya menghadirkan satu lagu untuk album, ketimbang dua di album sebelumnya. Tapi tak mengapa, karena ‘Back To You’ sudah menjadi pembuka yang menarik untuk album.

Musisi lain yang juga kembali dari album pertama adalah Lord Huron. Dan masih menyertakan lagu balada atmosferik gloomy ‘The Night We Met’. Hanya saja ada tambahan vokal dari Phoebe Bridgers kini di dalamnya. Masih melanjutkan tradisi album sebelumnya, album “13 Reasons Why: Season 2” pun menyajikan track klasik ‘The Killing Moon’. Namun jika di album pertama lagu dinyanyikan oleh Roman Remains, maka di album kedua track rilisan 1984 ini dibawakan langsung oleh penyanyi aslinya, Echo & the Bunnymen.

Ada pula band new-wave kenamaan New Order era 80-an yang membawakan salah satu lagu mereka, ‘Love Vigilantes’. Beberapa lagu klasik lain yang disajikan album adalah ‘Cities In Dust’ milik Siouxsie & The Banshees dan ‘Watch Me Bleed’ dari Tears for Fears. Tak terlupa band rock legendaris The Alarm juga kembali dilibatkan dengan menghadirkan track berjudul ‘Strength’.

Menariknya komposisi track untuk album adalah jukstoposisi antara lagu-lagu klasik, lagu-lagu dari musisi yang sudah memiliki nama besar dan lagu-lagu dari musisi/band yang bisa dikagorikan baru ataupun indie yang relatif kurang dikenal. Maka hadirlah duet atmosferik antara Billie Eilish dan Khalid dalam ‘lovely’ atau single paling mutakhir dari trio pengusung pop electronic, Years & Years, ‘Sanctify’ dan kolaborasi OneRepublic dan Logic dalam track anthemik, ‘Start Again’ yang upbeat.

Yang harus dicermati, album soundtrack “13 Reasons Why: Season 2” memiliki kandungan materi yang lebih banyak (19 track) dibandingkan pendahulunya (hanya 13 track), hingga kita bisa menikmati beberapa lagu dari musisi yang memiliki potensi menjadi lebih besar di dunia musik.

Sepertinya album menginginkan YUNGBLUD untuk mendapat atensi lebih, karena hadir dalam dua track sekaligus, ‘Falling Skies’ dan ‘Tin Pan Boy’. Jika track pertama adalah sebuah lagu bercorak hip-hop moody maka yang kedua adalah sebuah pop-punk upbeat. Yang juga tak boleh dilewatkan adalah band yang akhir-akhir memang wara-wiri di banyak album soundtrack, HAERTS. Untuk “13 Reasons Why: Season 2” mereka menyumbangkan ‘Your Love’ synth-love yang manis dan romantis.

Dengan jangkauan genre mulai dari pop, rock, hip-hop, electronic, hingga indie-pop/rock, album soundtrack “13 Reasons Why: Season 2” memang tidak memiliki karakteristik yang bergerak terlalu jauh dibandingkan album soundtrack kebanyakan. Hanya saja, menjadi menarik karena pilihan materi-nya yang cukup beragam. Perpaduan antara lagu milik musisi lawas dan kekinian dalam proporsi yang cukup seimbang juga menjadi daya tarik tersendiri.

Tapi kekuatan utama dari album soundtrack “13 Reasons Why: Season 2” adalah materi yang kuat. Setiap lagu menarik dan tidak ada yang sia-sia untuk didengar. Tidak heran jika “13 Reasons Why: Season 2 [Music from the Original TV Series]” adalah sebuah album soundtrack yang solid dan sayang untuk dilewatkan.

TRACKLIST

1. “Back to You” Selena Gomez 3:30
2. “lovely” Billie Eilish & Khalid 3:21
3. “Start Again” (feat. Logic) OneRepublic 2:45
4. “Falling Skies” (feat. Charlotte Lawrence) YUNGBLUD 3:22
5. “The Night We Met” (feat. Phoebe Bridgers) Lord Huron 3:28
6. “Tangled Up” Parade of Lights 3:32
7. “Time” Colouring 3:24
8. “My Kind of Love” Leon Else 3:29
9. “Your Love” HAERTS 3:45
10. “Love Vigilantes” New Order 4:21
11. “The Killing Moon” Echo & The Bunnymen 5:49
12. “Promise Not to Fall” Human Touch 3:28
13. “Sanctify” Years & Years 3:12
14. “Tin Pan Boy” YUNGBLUD 3:11
15. “Souvenir” Orchestral Manoeuvres In the Dark 3:37
16. “Watch Me Bleed” Tears for Fears 4:17
17. “Cities In Dust (Single Version)” Siouxsie & The Banshees 4:06
18. “Of Lacking Spectacle” Gus Dapperton 3:24
19. “Falling (In Dreams)” Telekinesis 2:42
20. “Strength” The Alarm 3:34

Love Film. Love Books. And Everything in Between.

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Music News | August 14, 2018 By

Nicki Minaj Adalah Sang Ratu Dalam Video ‘Ganja Burn’

Music News | By

Calvin Harris Gandeng Sam Smith Untuk Album Barunya, ‘Promises’

Music News | By

Karena Travis Scott, Drake Akhirnya Tersingkir Dari Posisi Juara Billboard 200