Quantcast

CreativeDisc Exclusive Interview With Craig David: Siap Kolaborasi dengan James Arthur

By - 3 months ago in Artist Interviews

Penyanyi R&B asal London, Craig David kembali singgah ke Indonesia. Kali ini, Craig akan tampil di Indonesia Choice Awards 5.0 NET yang sekaligus perayaan menjelang ultah stasiun televisi NETmediatama yang ke-5 bulan depan. Penyanyi yang sudah malang-melintang hampir 20 tahun ini dikenal dengan beberapa single hitsnya, seperti “Insomnia”, “7 Days”, “Fill Me In”, dan masih banyak lagi. Sebelum tampil di panggung, CreativeDisc mendapat kesempatan dari Sony Music Indonesia untuk mewawancarai Craig David secara langsung. Yuk, kita simak obrolan bersama Craig disini:

CD: Gimana menurut kamu Jakarta sejauh ini?
Craig: Selalu luar biasa! Saya tiba disini tadi malam, masih berusaha beradaptasi, tapi orang-orang sangat baik kepada saya. Saya merasa sangat nyaman disini, seperti di rumah sendiri.

CD: Kamu pernah kemari beberapa kali. Apa pendapatmu mengenai Indonesia?
Craig: Saya cinta Indonesia. Hal yang paling saya suka adalah saya merasa sangat diterima disini. Dan orang-orang sangat ramah, dan mereka benar-benar membuat saya betah berada disini, tidak hanya sebatas sebagai tempat wisata saja. Dan saya sangat bersyukur kepada tim yang menemani saya selama ini, mereka benar-benar menjagaku.

CD: Ada tempat favorit selama disini?
Craig: Jujur saya tidak begitu ingat tempatnya sejak terakhir kemari, tapi menurutku hotel tempat saya menginap sangat baik.

CD: Cerita suksesmu dimulai sekitar 20 tahun lalu, dan banyak yang terjadi sejak itu, terutama musik yang terus mengalami perubahan. Bagaimana kamu menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi?
Craig: Kamu tahu, jangan terlalu membuat hal-hal menjadi rumit. Banyak pergerakan secara digital, keterlibatan sosial media yang semakin berkembang, tapi musik tetap sama. If you make a great song, you make a great song. Dan caramu menampilkan lagu tersebut, adalah yang ingin orang-orang lihat. Jadi saya membuatnya menjadi simple seperti itu. Selama kamu melakukannya dengan benar, maka kamu sudah melakukannya dengan benar dan media sosial pun akan mendukungnya. Musik dan cara menampilkannya harus tepat.

CD: Ada nasihat untuk para musisi muda yang berharap untuk sukses di industri musik?
Craig: Ya tentu.. Ikuti kata hatimu, lakukan apa yang kamu rasa benar, karena tidak ada orang yang sama sepertimu. Jadi meskipun kamu terinspirasi oleh seseorang, tetap jadilah dirimu yang sebenarnya, karena semua orang pasti berusaha “meniru” orang lain, tapi saat engkau menjadi dirimu sendiri, maka kamu akan menjadi versi terbaik dari dirimu, and then no one can’t touch you.. Dan berusahalah melewati rintangan yang ada, bangkit dan mengalahkannya. Karena akan ada orang-orang yang meragukanmu, yang bilang bahwa kamu tidak mampu, lagu-lagumu tidak enak.. Saya menemui banyak orang seperti itu sepanjang karir saya.

CD: Mari bicara tentang album terbarumu,” The Time is Now”. Bagaimana proses pembuatannya?
Craig: Saya ingin membuat album yang memiliki rasa yang sama seperti album pertama saya, “Born To Do It”. Tapi saya juga ingin bekerjasama dengan para musisi yang terkenal saat ini, seperti Kaytranada, Goldlink, Ella Mai, kemudian Bastille dan JP Cooper, mereka adalah musisi yang namanya sedang melambung. Dan saya lebih memilih bekerjasama dengan para musisi/produser yang mulai menanjak, dibandingkan dengan yang musisi dengan nama-nama besar, karena saya senang untuk terlibat di dalam awal perjalanan karir mereka, menjadi bagian dari kesuksesan mereka nantinya.

CD: Berbicara mengenai Bastille, kalian berasal dari dua genre yang sangat berbeda. Bagaimana kalian memadukannya?
Craig: Kami bekerjasama dengan Fraser T Smith, produser lagu tersebut (I Know You). Dan hal yang kami katakan adalah kami tidak ingin membuat sebuah lagu yang sangat bagus. Jadi kami cukup berani (untuk membuat lagu ini), karena beat dan drop nya sangat berbeda dengan lagu (yang biasa dinyanyikan) Bastille, dan saat saya menyanyikan beberapa baitnya, bukan seperti musik saya biasanya. Saya dan Dan Smith (vokalis Bastille) merekam bagian yang harusnya lebih cocok dinyanyikan sebaliknya. Kami ingin membuat sesuatu yang berbeda. Dan ternyata responnya sangat baik.

CD: Berapa lama proses pembuatan album ini?
Craig: Sekitar 4-5 bulan. Sangat cepat, karena saat itu saya merasa kondisinya pas dan saya sangat semangat membuatnya. Dan saat kamu berada di zona yang nyaman, yang siap untuk membuat album, dan tiba-tiba kamu sudah mengumpulkan banyak lagu dan harus menyempitkannya hanya menjadi 12 lagu dalam satu album.

CD: Dan dari sekian banyak lagu yang kamu rilis, apa ada yang menjadi personal favorite?
Cragi: Saya akan selalu menyukai ‘7 Days’, ‘Fill Me In’, dan juga ‘Rewind’. Kemudian ‘Rise & Fall’, ‘Don’t Love You No More’. Kemudian ‘Insomnia’, menjadi lagu yang memiliki peran besar (dalam karir saya). Banyak sekali, dan mereka seperti anak-anak saya. Dan saya menyukainya sama rata.

CD: Kamu telah bekerjasama dengan banyak musisi terkenal. Apakah ada proyek kolaborasi berikutnya?
Craig: Baru-baru ini saya kerja bareng dengan James Arthur. Kemudian dengan seorang rapper dari Inggris. Kaytranada, Goldlink. Bagi saya adalah menemukan dan meramu (kolaborasi) yang tepat. Dan jika saat itu muncul, persediaan laguku banyak, saya akan tahu dan akan merekamnya. Jadi selalu saja ada kolaborasi yang akan datang.

CD: Mengenai penampilanmu di Net TV, apakah ada hal yang spektakular yang kamu siapkan?
Craig: Ya, saya pikir saya punya kumpulan lagu-lagu terbaik yang akan saya sajikan. Memiliki lagu-lagu sepanjang 20 tahun perjalanan musik, saya akan membawakan lagu-lagu lama dan juga yang paling baru. Saya rasa semua orang akan mendapatkan “keinginannya” masing-masing. Akan ada beberapa penampilan berbeda yang akan saya bawakan, dan saya harap penonton dapat menikmatinya.

CD: Apa yang ingin kamu katakan untuk para fans di Indonesia?
Craig: Saya hanya ingin bilang terima kasih atas dukungan dan cintanya selama ini. Dan untuk para generasi muda yang baru menikmati musik saya, terima kasih sudah mewarnai perjalanan ini. Yeah, just enjoy it.. Karena saya menciptakan musik supaya orang-orang dapat menikmatinya dan bisa keluar sedikit dari masalah-masalah yang dihadapinya di dunia ini, seperti hal-hal yang ada di berita TV. Jadi saya harap saya dapat menghibur anda sampai beberapa tahun ke depan.

Special Thanks to: Sony Music Indonesia
Interview & Teks by: Rendy Ndoo

Life. Music. Love. Fashion. A mixture of saint & stallion.

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Artist Interviews | June 3, 2018 By

CreativeDisc Exclusive Interview with Kalpee: Dari Trinidad, Kalpee Siap Menggebrak Dunia Musik

Music News | May 3, 2018 By

Hailee Steinfeld dan Craig David Sukses Meriahkan Indonesian Choice Awards NET 5.0

Music News News | April 4, 2018 By

Mengenal Hailee Steinfeld, Craig David, dan Light Balance Yang Akan Tampil di NET. 5.0 Indonesian Choice Awards