Quantcast

Konser Intim Cradle of Filth di Jakarta

By - 5 months ago in Concerts Review

Cradle of Filth, unit Extreme Metal asal Suffolk, Inggris – UK akhirnya menuntaskan intimate concert di hadapan loyal fans nya yang memadati MS Hall Viki Sianipar Music Centre Jakarta 28 April yang lalu. Hari itu juga adalah bertepatan dengan 5 tahun setelah kedatangan mereka ke Jakarta sebagai Headliner dari Festival Metal terbesar di Asia Tenggara, Hammersonic Festival di Eco Park, Ancol tahun 2013.

Tour Asia mereka kali ini adalah dalam rangka Tour Album terbaru mereka Cryptoriana – The Seductiveness of Decay yang dirilis 22 September 2017 yang lalu di bawah label Nuclear Blast. Sedangkan Promoter yang menyelenggarakan konser Cradle Of filth di Jakarta ini adalah MXP Production yang berkolaborasi dengan Fourspeed Metalwerks.

Konser malam itu dibuka oleh 3 band lokal beraliran hampir serupa yakni D’ark Legal Society yang beraliran Alternative Metal, Revenge The Fate dengan aliran Deathcore, dan DeadSquad dengan Technical Death Metal nya. Konser malam itu agak sedikit delay, karena band pertama yang tampil, D’ark Legal Society baru naik panggung sekitar jam 8 malam. So, akibatnya Cradle Of Filth baru tampil tepat pukul 11:00 malam.

Cradle Of Filth kali ini datang dengan formasi Dani Filth (vokal), Martin karoupka (Drum), Daniel Firth (Bass), Lindsay Schoolcraft (Piano dan Backing Vocal), Richard Shaw (Gitar), dan Marek “Ashok” merda (Gitar). Dibuka dengan lagu pembuka “Gilded Cunt”, Dani Filth cs. langsung membuat atmosphere di dalam MS Hall panas. “Beneath The Howling Stars” dipilih sebagai lagu berikutnya, disusul dengan “Blackless Magick in Practice”

Crowd semakin beringas, dan mulai membuat circle pit, serta ada juga yang melakukan moshing. “Heartbreak and Séance” yang berasal dari album anyar mereka, Cryptoriana dipilih sebagai lagu berikutnya. Cradle Of Filth malam itu lebih banyak memainkan lagu-lagu dari album mereka terdahulu seperti “Dusk and Her Embrace” (1996), “Cluelty and The Beast” (1998), dan “Hammer of The Witches” (2015).

Sebelum konser memasuki Encore, Ada kejutan special dari Panitia dan personil Cradle Of Filth lainnya untuk sang Gitaris Richard Shaw yang sedang berulang tahun, sebuah kue dan lilin dibawa ke atas panggung, dan Richard Shaw meniup lilin-lilin tersebut, diiringi oleh lagu Happy Birthday dari penonton.

Secara keseluruhan Konser malam itu walaupun hanya sebuah intimate concert karena berlangsung di venue indoor yang tidak begitu besar, Cradle Of Filth tetap bermain All Out seperti layaknya bermain di venue konser yang besar dengan crowd yang lebih banyak. Total durasi kosner mereka malam itu adalah 1 jam 30 menit.

Text & Photos : Budi Susanto
Cradle Of Filth Set List ;
1. Gilded Cunt
2. Beneath The Howling Stars
3. Blackless Magick in Practice
4. Heartbreak and Séance
5. Bathory Aria
6. Dust Her Embrace
7. The Death of Love
8. You will know the Lion by his Clow

Encore :
9. A Promise of Fever
10. Nymphetamine (Fix)
11. Her Ghost in The Fox
12. From The Cradle to Enslave

Teks & Photo: Budi Susanto

Photographer, Live Music, Metalheads, Soup Addict.

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Concerts Review | October 21, 2018 By

Konser Nostalgia 20 Tahun A1 Berkarya Sukses Digelar

Concerts Review | September 6, 2018 By

Sundara Karma Tampil dengan Gaya Flamboyan di Hodgepodge Festival 2018

Concerts Review | September 5, 2018 By

The Libertines Menua dan Tidak Akan Pernah Habis