Quantcast

Creative Disc Exclusive Single: 18 June 2018

By - 3 months ago in Creative Disc Exclusive Single

Alessia Cara (Alb. The Pains of Growing / Def Jam) – Growing Pains

Alessia Cara tahu cara untuk menjaga warna musikalitasnya, sementara juga tetap mengembangkannya tanpa harus mengulang formula sukses yang sama sekali lagi. Itulah yang bisa kita rasakan saat mendengar ‘Growing Pains’. Selintas lagu mengingatkan akan ‘Scars to Your Beautiful’, karena memiliki corak beat yang mirip. Hanya saja, Alessia menghadirkan lagu dalam ketukan soul yang lebih tebal. Bertempo sedang, lagu malah terasa ritmis, sementara Alessia bernyanyi dengan penuh perasaan, memamerkan vokal kuat miliknya. Tidak heran jika ‘Growing Pains’ tidak saja hadir sebagai sebuah bop, namun juga sebuah anthem yang inspirasional. Single dirilis tanggal 15 Juni.


Troye Sivan feat. Ariana Grande (Alb. Bloom / EMI) – Dance To This

Ditulis oleh Troye Sivan bersama dengan Leland, Noonie Bao dan Oscar Holter, ‘Dance to This’ adalah sebuah bop. Meski tetap ada beat ala dance di dalamnya, namun dengan lantunan vokal Troye yang lembut, jelas lagu yang mellow. Tapi melodi yang ringan dan mudah dicerna, melantun dengan manis, membuat lagu juga terdengar sangat catchy dan sing-a-long. Hadirnya Ariana Grande tentunya membuat lagu terdengar lebih menggoda lagi. Perpaduan vokal mereka dalam chorus begitu menarik perhatian. Single dirilis tanggal 13 Juni.


Nicki Minaj feat. Ariana Grande (Alb. Queen / Young Money) – Bed

‘Bed’ merupakan reuni Nicki dan Ari selepas ‘Side To Side’ dan ‘Bang Bang’. Dari beberapa track yang dilepas Nicki untuk album mendatangnya, “Queen”, bisa dikatakan ‘Bed’ merupakan yang paling menarik dan catchy untuk disimak. Bergaya bop mid-tempo, Nicki dan Ari menyajikan kolaborasi vokal yang cantik dan saling mendukung; Nicki nge-rap dan Ari melantunkan vokal untuk chorus. Dengan beat yang berderap medium namun pasti, ‘Bed’ adalah sebuah lagu yang seksi-sensual. Tidak hanya aransemen lagu mendukung untuk itu, namun juga vokal yang dihadirkan Nicki dan Ari. Single dirilis tanggal 14 Juni.


Jason Mraz (Alb. Know / Young Money) – Unlonely

Berbarengan dengan dibukanya pre-order album barunya, “Know”, Jason Mraz kembali merilis sebuah single. Kali ini berjudul ‘Unlonely’. Sebagaimana ‘Have It All’, maka ‘Unlonely’ pun dihadirkan dalam gaya pop-folk ceria ala Jason Mraz di awal karirnya. Playful dan quirky adalah sajian Jason dalam single yang sing-a-long ini. Selain pengumuman album dan single baru, Jason juga menulis sebuah puisi sebagai bentuk dukungannya kepada komunitas LGBT dan merayakan Gay Pride Month yang berjudul “I am Bi Your Side”. Single dirilis tanggal 15 Juni.


Martin Garrix feat. Khalid (Single / STMPD) – Ocean

Dua bintang muda yang tengah menjulang namanya, Martin Garrix dan Khalid, menyatukan kekuatan mereka dalam sebuah single berjudul ‘Ocean’. Adalah salah jika mengira ‘Ocean’ adalah sebuah banger EDM sejati, karena ternyata Martin menghadirkannya dalam bentuk balada pop-electronic yang cukup melankolis. Untuk itulah Khalid hadir mengisi vokal lagu. Suaranya yang khas dan nyanyiannya yang meliuk menjadi penggerak lagu, sementara aransemen dihadirkan Martin dalam koridor alt-pop dan juga future bass. Tetap ada drop di pertengahan lagu, namun ‘Ocean’ memang lebih mengedepankan emosi ketimbang beat ritmis semata. Single dirilis tanggal 15 Juni.


Rudimental & Major Lazer feat. Anne-Marie & Mr. Eazi (Single / Asylum) – Let Me Live

Siapkan diri untuk bergoyang dalam hentakan moombahton menggoda, karena ‘Let Me Live’, kolaborasi Rudimental dan Major Lazer yang menggandeng Anne-Marie dan Mr. Eazi sudah tersaji untuk dinikmati. Sudah diduga jika ‘Let Me Live’ memiliki beat moombahton seru yang dipadukan dengan reggaeton catchy. Anne-Marie sendiri bertugas sebagai pengisi vokal utama dengan Mr. Eazi tampil dengan beberapa bait saja. Tidak heran jika ‘Let Me Live’ terdengar sangat berorientasi sebagai bop seorang Anne-Marie. Single dirilis tanggal 15 Juni.


Kygo & Imagine Dragons (Single / Sony Music) – Born to Be Yours

Sungguh sebuah diluar dugaan jika musisi tropical house asal Norwegia, Kygo, menggandeng band rock asal Amerika, Imagine Dragon, diajak untuk berkolaborasi. Tapi hadirlah ‘Born To Be Yours’ ini. Lagu adalah sebuah track rock yang mengandung unsur folk. Tapi, mengingat ini juga adalah Kygo, maka harapkan beat tropical lembut khas dirinya. Senangnya, lagu menghadirkan dua genre ini dengan porsi pas. Masing-masing mendapat tempat untuk bersinar sampai kemudian menyatukan diri dalam satu hentakan beat. Single dirilis tanggal 15 Juni.


Pitbull feat. Leona Lewis (Alb. OST. Gotti / Sony Music) – Amore

Dibuka dengan petikan gitar Spanyol, ‘Amore’ adalah sebuah fusi antara melodrama balada dan quirky-ness hip-hop ala Pitbull. Sebagai sebuah lagu milik Pitbull, tentu saja beat harus berderap. Hanya saja dibandingkan lagu-lagu sang rapper biasanya, tempo bergerak lebih medium. Mungkin karena hadirnya Leona Lewis, dengan vokalnya yang senantiasa prima, yang menghadirkan emosionalitas sebuah balada dalam lagu. Sebuah kombinasi yang di atas kertas mungkin terlihat bertabrakan, namun ternyata bisa disajikan secara padu di dalam ‘Amore’. Single dirilis tanggal 15 Juni.


Macy Gray (Single / Mack Avenue) – Sugar Daddy

Sepanjang satu dekade terakhir ini Macy Gray disibukkan dengan perilisan album jazz ataupun koleksi lagu cover. Bagi yang merindukan sang diva bersuara serak kembali menyanyikan lagu pop-soul, ada kabar gembira. Macy baru saja merilis sebuah lagu berjudul ‘Sugar Daddy’. Lagu yang ceria dan “fun” ini istimewanya ditulis juga oleh Meghan Trainor. Jadi, jangan heran jika pop-soul yang diusung lagu juga kental dengan doo-wop sebagaimana musik di awal karir Meghan. ‘Sugar Daddy’ sendiri menawarkan melodi renyah dan gampang dicerna. Single dirilis tanggal 11 Juni.


Tom Odell (Single / Sony Music) – If You Wanna Love Somebody

Selepas album “Wrong Crowd” yang dirilis di tahun 2016 lalu, penyanyi pengusung indie-pop/folk-pop asal Inggris, Tom Odell, kembali lagi dengan sebuah single baru. Single baru, gaya baru pula, karena ‘If You Wanna Love Somebody’ adalah sebuah track pop-soul berbau gosep yang kental. Dengan membangun atmosfer megah, Tom tampaknya ingin menghadirkan lagu menjadi sebuah anthem. Single dirilis tanggal 16 Juni.


Boyzone (Alb. Thank You & Goodnight / Warner Music) – I Can Dream

Boyzone sudah mempersiapkan album keenam dan terakhir mereka, “Thank You & Goodnight” yang akan dirilis tanggal 16 November mendatang. Sebagai single andalan mereka meriliis lagu yang berjudul ‘I Can Dream’. Boyzone dikenal dengan lagu balada mereka. Maka ‘I Can Dream’ juga dihadirkan dalam format balada. Yang membedakan kuartet ini juga membungkus lagu dengan pendekatan urban yang lebih kekinian. Rasanya terdengar sama sekaligus berbeda dari yang biasa kita simak darii Boyzone. Dan ini adalah dalam konteks yang positif. Single dirilis tanggal 15 Juni.

Special Thanks to Sony Music Indonesia, Universal Music Indonesia, Warner Music Indonesia, dll.


Love Film. Love Books. And Everything in Between.

Comments

One Response to “Creative Disc Exclusive Single: 18 June 2018”

  1. welly says:

    Nicki Minaj feat. Ariana Grande – Bed 21.95% (18 votes)
    Troye Sivan feat. Ariana Grande – Dance To This 19.51% (16 votes)
    Kygo & Imagine Dragons – Born to Be Yours 14.63% (12 votes)
    Martin Garrix feat. Khalid – Ocean 13.41% (11 votes)
    Alessia Cara – Growing Pains 6.1% (5 votes)
    Rudimental & Major Lazer feat. Anne-Marie & Mr. Eazi – Let Me Live 6.1% (5 votes)
    Boyzone – I Can Dream 4.88% (4 votes)
    Jason Mraz – Unlonely 3.66% (3 votes)
    Pitbull feat. Leona Lewis – Amore 3.66% (3 votes)
    Macy Gray – Sugar Daddy 3.66% (3 votes)
    Tom Odell – If You Wanna Love Somebody 2.44% (2 votes)

    Total Votes: 82

Leave a Reply

Related Articles

Music News | September 19, 2018 By

‘Love Lies’ Milik Normani Dan Khalid Tembus Posisi #1 Top 40 Radio

Music News | By

Gara-Gara ‘Starboy’, The Weeknd & Daft Punk Dituntut Ke Pengadilan

Music News | By

Meski Sudah Putus, Noah Cyrus Dan Lil Xan Tampil Mesra Dalam Video ‘Live Or Die’