Quantcast

Creative Disc Exclusive Single: 16 July 2018

By - 5 months ago in Creative Disc Exclusive Single

Ariana Grande (Alb. Sweetener / Republic) – God Is A Woman

‘God Is A Woman’ adalah single ketiga yang diperkenalkan Ari dari album mendatangnya, “Sweetener”. Ditulisnya bersama dengan Ilya Salmanzadeh, Max Martin, Savan Kotecha dan Rickard Göransson dengan Ilya bertindak sebagai produser, ‘God Is A Woman’ adalah anthem empowerment dan bernafaskan sisi feminitas kuat. Bercorak electro-R&B, ‘God Is A Woman’ adalah track mid-tempo yang memadukan antara sensibilitas bop catchy dengan estetik R&B secara pas. Secara komposisi, tidak ada yang rumit dari lagu ini bahkan relatif sangat mudah dicerna. Menjadi kekuatan lagu adalah kemampuan Ari dalam membawanya dalam hentakan vokal bertenaga dan sarat sisi emosional. Single dirilis tanggal 13 Juli.


Tinashe (Alb. Nashe / RCA) – Like I Used To

Tinashe ternyata sudah gerak cepat dengan menghadirkan lagu baru berjudul ‘Like I Used To’. Setelah melompat-lompat antar genre di album keduanya, “Joyride”, kali ini Tinashe kembali ke zona amannya, R&B yang moody. Tapi tenang saja, ‘Like I Used To’ bukanlah sebuah lagu melankolis, karena di dalamnya Tinashe berkisah tentang move-on dari seorang mantan. Jadi, tidak heran jika lagu mengedepankan beat ritmis dan nuansa breezy. Hitmaka dan Smash David yang bertugas untuk memproduksi lagu tampaknya mengerti benar karakter vokal Tinashe, sehingga lantunan lembut sang penyanyi bisa berpadu dengan pas dengan komposisi melodi lagu atau musik latar berderapnya. Single dirilis tanggal 13 Juli.


Alessia Cara (Alb. The Pains of Growing / Def Jam) – A Little More

Rayakan ulang tahun, Alessia Cara menghadirkan sebuah single baru berjudul ‘A Little More’. Ditulis dan diproduseri langsung oleh dirinya, lagu memperdengarkan Alessia yang bernyanyi tentang perasaanya. Berbeda dengan lagu-lagu Alessia sebelumnya yang bercorak pop-soul atau electro-pop, maka ‘A Little More’ dihadirkan sebagai balada dengan pendekatan akustik. Tidak heran jika lagu terdengar sangat menyejukkan di telinga. Alessia pun tidak terlalu mengumbar vokal di sini, karena ia memilih bernyanyi dengan sedikit tertahan bahkan lirih, yang justru dengan kuat memberi sisi emosional yang dibutuhkan lagunya. Single dirilis tanggal 11 Juli.


Benny Blanco feat. Khalid & Halsey (Single / Interscope) – Eastside

Di dekade terakhir ini nama penulis lagu dan produser Benny Blanco telah membantu membentuk musik pop masa kini. Kini ia berniat dengan sebuah proyek solonya. Sebagaimana umumnya lagu-lagu Benny Blanco, maka ‘Eastside’ adalah sebuah bop yang kental dengan unsur electro. Mungkin karena ada Ed Sheeran yang membantu menulis lagu, maka ‘Eastside’ adalah sebuah balada mid-tempo namun dalam ketukan beat ala reggaeton. Mengingatkan akan ‘Shape of You’ meski berada dalam nuansa yang berbeda, tapi dalam ritme yang sejenis. Baik Khalid dan Halsey yang bertugas mengisi vokal saling bergantian dalam membawakan lirik lagu. Single dirilis tanggal 13 Juli.


MØ & Diplo (Single / Sony Music) – Sun in Our Eyes

MØ dan Diplo sepertinya memang sudah klop dan “chemistry” di antara keduanya sudah tidak perlu diragukan. Tidak heran jika kembali ada single kolaboratif di antara keduanya, ‘Sun In Our Eyes’. Walau up-tempo dan tetap mengandung beat dance, ‘Sun In Our Eyes’ justru sebuah track pop up-beat yang lebih tradisional. Bebunyian elektronik tidak mendominasi karena lagu memang lebih mengedepankan vokal MØ dalam balutan pop uplifting yang renyahnya, meski terkadang terkesan melankolis. Single dirilis tanggal 14 Juli.


Galantis feat. MAX (Single / Atlantic) – Satisfied

Duo Christian Karlsson dan Linus Eklöw yang tergabung dalam Galantis kembali menyajikan single. Namun kali ini bukan hanya satu, namun dua sekaligus. Double single ini adalah ‘Satisfied’ dan ‘Mama Look At Me Now’. Sebagai andalan adalah yang pertama dan merupakan hasil kolaborasi Galantis bersama MAX. Dibungkus dengan nuansa funk, duo asal Swedia ini tentu saja menyajikan dance yang seru. Hanya saja kali ini terdengar lebih laidback dan groovy dibandingkan lagu-lagu Galantis yang biasanya terdengar menggebu atau anthemik. Single dirilis tanggal 13 Juli.


twenty one pilots (Alb. Trench / Fueled By Ramen) – Jumpsuit

Duo Tyler Joseph dan Josh Dun yang tergabung dalam twenty one pilots merilis dua lagu baru sekaligus, ‘Jumpsuit’ dan ‘Nico And The Niners’. Kedua lagu ini adalah single album baru kelima mereka, “Trench” yang akan dirilis pada 5 Oktober mendatang. ‘Jumpsuit’ adalah sebuah lagu moody yang dihadirkan twenty one pliots dengan alur notasi tak terduga. Kadang atmosferik, kadang melankolis dan kadang mnghentak ala hardcore. Meski begitu tetap sebuah lagu pop-rock yang melodius dan catchy, sebagaimana yang bisa kita harapkan dari twenty one pilots. Single dirilis tanggal 11 Juli.


Good Charlotte (Alb. Generation Rx / BMG) – Shadowboxer

Good Charlotte masih melanjutkan promosi untuk album “Generation Rx” yang rencananya akan dirilis tanggal 14 September mendatang dengan menghadirkan single baru yang tajuk ‘Shadowboxer’. Janji kembali ke akar bermusik mereka sepertinya memang ditepati dengan baik oleh band ini, karena ‘Shadowboxer’ sangat kaya dengan nuansa rock gahar kaya distorsi sebagaimana yang ngetrend di awal tahun 2000-an di mana Good Charlotte mulai mengembangkan nama mereka. Single dirilis tanggal 13 Juli.


Terror Jr (Single / Atlantic) – Heaven Wasn’t Made For Me

Kumpulan pengusung electro-pop gelap, Terror Jr, selalu bisa diandalkan dalam urusan bop-bop alternatif. Sajian baru mereka, ‘Heaven Wasn’t made For Me’ masih dalam koridor yang sama. Dibuka dengan nuansa atmosferik yang terdengar murung, menjelang chorus eskalasi tensi meningkat dan lagu berubah menjadi anthem lantai dansa yang seru. Pastinya memang sangat memikat untuk didengar. Single dirilis tanggal 13 Juli.


Sigrid (EP. Raw / Island) – Schedules

Bintang muda asal Norwegia, Sigrid, kembali menghadirkan sebuah EP alias mini album. Yang kedua lebih tepatnya. Berjudul “Raw”, sudah ada beberapa track yang diperkenalkan Sigrid untuk albumnya. Kini bertepatan dengan perilisan EP, Sigrid mengungkap track kelima untuk EP yang bertajuk ‘Shedules’. Sebagaimana lagu-lagu Sigrid sebelumnya, ‘Schedules’ adalah sebuah pop manis yang tentunya catchy. Single dirilis tanggal 11 Juli.


Union J (Single / R U Listening) – Alive

Setelah sempat vakum selepas album “You Got It All – The Album” yang dirilis di tahun 2014 lalu, boyband asal Inggris, Union J, kini bergiat kembali di dunia musik. Meski hanya menyisakan tiga anggota, Josh Cuthbert, JJ Hamblett dan Jaymi Hensley, band ini membuktikan jika mereka masih solid. Setidaknya jika menilik single future-bass bercampur pop yang mereka sajikan dalam ‘Alive’. Istimewanya, pemilihan padu-padan genre membuat Union J kini terasa lebih matang/dewasa. Single dirilis tanggal 13 Juli.

Special Thanks to Sony Music Indonesia, Universal Music Indonesia, Warner Music Indonesia, dll.


Love Film. Love Books. Love Music. And Everything in Between.

Comments

One Response to “Creative Disc Exclusive Single: 16 July 2018”

  1. Indra Krisna says:

    Apakah tidak salah ada 2 judul JUMPSUIT ? Bukannya lagu terbaru Good Charlotte berjudul Shadowboxer ?

Leave a Reply

Related Articles

Music News | December 19, 2018 By

James Corden Ajari Cardi B Menyetir Di “Carpool Karaoke”

Music News | By

Jessie J Dedikasikan Sebuah Lagu Natal Untuk Temannya Yang Sedang Berduka

Music News | By

Maroon 5 Kesulitan Cari Bintang Tamu Untuk Penampilan Mereka Di Super Bowl Halftime Show