Quantcast

Kemeriahan Anime Festival Asia (C3AFA) Terakhir di Indonesia

By - 2 months ago in Concerts Review

Beberapa hari yang lalu sebelum acara, pihak Anime Festival Asia membuat sebuah pernyataan yang mencengangkan para pecinta anime dan juga penikmat acara ini. AFAID 2018 dinyatakan sebagai acara terakhir di Indonesia.

Para pecinta anime langsung syok ketika mendengar kabar ini tetapi mereka juga begitu bersemangat untuk datang ke AFAID terakhir yang bertempat di Indonesian Convention Exhibiton BSD City dan diselenggerakan dari 31 Agustus – 2 September 2018.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, AFAID selalu menjadi tempat para pecinta pop kultur Jepang dengan konten yang didatangkan langsung dari Jepang. Kali ini, AFAID membawakan beragam konten mulai dari game di AFA Play, berbagai macam Virtual Youtuber yang sedang nge-trend akhir-akhir ini seperti Kizuna Ai serta yang menjadi senjata pamungkas mereka yaitu I Love Anisong yang menampilkan konser solo Egoist, Ami Wajima, Band Maid, Konomi Suzuki, True, Megumi Nakajima, dan Mashiro Ayano.

Konser solo Egoist menjadi salah satu highlight di hari pertama AFAID 2018. Duo yang terdiri dari chelly dan ryo dari supercell ini memberikan suguhan visual yang berbeda dari penampil lainnya. Mereka hanya menampilkan layar dimana chelly akan bernyanyi dengan menggunakan teknologi motion capture, hampir sama seperti penampilan Hatsune Miku di Miku Expo Jakarta waktu itu.

Egoist sukses memuaskan gairah para penggemarnya yang sudah menunggu Egoist untuk melaksanakan solo concertnya. Egoist membawakan total 21 lagu mulai dari lagu populernya seperti “The Everlasting Guilty Crown”, “Kabaneri of the Iron Fortress”, “Namae no Nai Kaibutsu”, “Eiyuu Unmei no Uta” dan juga men-cover dua lagu anisong populer seperti “Desir” dari GARNiDELiA dan Connect dari ClariS. Teknologi yang canggih memungkinkan chelly berganti-ganti busana secara virtual dimulai dari baju “kingyo fuku” yang terkenal karena sering muncul di anime Guilty Crown sampai baju tur Asia mereka seolah-olah konser tersebut memang dikhususkan untuk para penggemar Egoist yang terbilang cukup besar untuk ukuran grup musik Jepang di Indonesia.

Di hari kedua perhelatan I Love Anisong di AFAID 2018 tidak tanggung-tanggung enam artis yang terdiri dari Ami Wajima, Band Maid, Konomi Suzuki, True, Megumi Nakajima, dan Mashiro Ayano muncul di hari yang bersamaan. Grup metal dimana semua personilnya menggunakann seragam maid bernama Band Maid sukses memekakkan telinga dan membakar semangat penonton dengan dentuman rock mereka. Lalu disambut dengan Megumi Nakajima yang membawa penonton kembali teringat ke masa lalu apalagi dia membawakan lagu-lagu anisong yang cukup ikonik di masanya yaitu “Seikan Hikou”, dan “Try Unite”. Berikutnya Konomi Suzuki tampil dengan lagu dari Re:Zero yaitu “Redo”, “Choir Jail”, “Utaeba Sokoni Kimi ga Iru Kara”, dan yang terakhir “There is a Reason”. Hanya empat lagu yang dibawakan Konomin untuk tahun ini dan sempat membuat penontonnya kebingungan.

Berikutnya Ami Wajima tampil memeriahkan panggung dilanjut dengan Mashiro Ayano dan membawakan lagu anisong yang cukup populer seperti “Vanilla Sky”, “New Look” dan “Lotus Pain”. True didaulat sebagai penampil terakhir dan cukup menenangkan penonton I Love Anisong.

AFAID 2018 adalah AFA terakhir di Indonesia (setidaknya sampai waktu yang belum ditentukan). Kemeriahan AFAID dari tahun 2012 sampai 2018 menjadi salah satu kemeriahan yang pastinya akan dikenang terus oleh para pecinta pop kultur Jepang yang pernah datang dan tumbuh besar di sana. Arigatou gozaimashita, AFAID 2018. Otsukaresamadeshita.

Photo: Official Anime Festival Asia Facebook

Simak juga video keseruan C3AFA disini:

Lahir bersama Britpop, besar bersama Evangelion dan pop kultur

Comments

Leave a Reply

Related Articles