Quantcast

Album of the Day: Mariah Carey – Caution

By - 3 weeks ago in Album of The Day

Sebuah prestasi yang bisa dibilang membanggakan untuk dapat dikenal banyak orang dengan karya yang ‘abadi’ dan terus melekat dari masa ke masa, hingga menjadi signature yang akan selalu diingat orang, bahkan bagi orang-orang yang bukan fans beratnya. Suatu pencapaian yang fenomenal. Dan image tersebut cocok untuk disematkan pada diri Mariah Carey. Terlepas dari segala kontroversi yang melekat, gerak-gerik seorang Mariah Carey selalu menjadi berita yang fresh untuk dijadikan konsumsi publik. Terutama karya musiknya.

Dan di tahun ini, Mariah Carey menghadiahi para penggemarnya dengan album terbaru berjudul “Caution”. Di albumnya yang ke-15 ini, Mariah Carey seperti kembali ke asal, pada root musik pop dengan sentuhan R&B yang membuat karya-karyanya dikenal luas. Tanpa embel-embel kolaborasi dengan nama besar, terbukti album ini menjadi spotlight bagi Mariah Carey untuk bersinar. Menilik para kolaborator di balik layar, “Caution” tidak lagi ditunggangi oleh nama-nama seperti Jermaine Dupri, Bryan-Michael Cox, Terius “The Dream” Nash ataupun Tricky Stewart, yang merupakan kolaborator setianya di album-album sebelumnya. Nama-nama baru dihadirkan untuk mendapatkan feel yang baru dan sejalan dengan konsep yang diinginkan Mariah dalam albumnya. Bibi Bourelly (Rihanna, Usher), Lido (Ariana Grande, Halsey) and Luca Polizzi (Roy Woods, Yo Gotti) serta The Stereotypes (Bruno Mars) menjadi barisan produser dan pencipta lagu yang digaetnya. Tidak hanya sebagai penyanyi dan penulis lagu, Mariah Carey memiliki otoritas penuh dalam menentukan musik serta konsep albumnya.

Dengan kendali penuh atas albumnya, Mariah Carey bisa berbuat apa saja, termasuk menentukan arah musiknya kemana yang ia mau. Dan rasanya kita patut berterima kasih atas keputusannya tersebut, karena album ini merupakan salah satu karya terbaiknya setelah sekian lama. Dua single yang telah dirilisnya membuktikan ia masih mampu bertahan di dunia musik. ‘GTFO’ yang diproduksi oleh Nineteen85 menunjukkan attitude Mariah Carey yang lugas terhadap omong kosong dalam suatu hubungan. Sedangkan ‘With You’ adalah balada cinta yang dilantunkannya dengan manis, diiringi musik produksi DJ Mustard. Integritas Mariah Carey dalam bermusik terlihat dalam lagu-lagu seperti ‘A No No’ yang menggunakan sampling milik Lil’ Kim, serta ‘The Distance’, kolaborasinya dengan rapper Ty Dolla $ign yang menjadi salah satu highlight dalam album tersebut.

“Caution” menjadi wadah penggabungan musik ciri khas yang membuat Mariah Carey terkenal dulu dengan trend yang saat ini berkembang di genre pop dan hip-hop sekaligus. Meskipun album ini bukan menjadi sarana bermain bagi vokal high-tone serta whistle voice ala “Butterfly” atau “E=MC2” sekalipun, namun “Caution” membuktikan bahwa Mariah Carey adalah perempuan dengan sejuta bakat. Dan album ini mampu merangkum kharisma seorang Mariah Carey, sekaligus memberikan pernyataan tegas bahwa Mariah Carey tetap layak disebut sebagai seorang Diva sampai kapan pun, whether you like it or not.

Tracklist “Caution” :
1. GTFO
2. With You
3. Caution
4. A No No
5. The Distance – feat. Ty Dolla $ign
6. Giving Me Life – feat. Slick Rick & Blood Orange
7. One Mo’ Gen
8. 8th Grade
9. Stay Long Love You – feat. Gunna
10. Portrait

Life. Music. Love. Fashion. A mixture of saint & stallion.

Comments

One Response to “Album of the Day: Mariah Carey – Caution”

  1. Iron Saragih says:

    Album yang sangat bagus. Lagu-lagunya semua fresh dan enak didengar. Salut buat Mariah Carey…

Leave a Reply

Related Articles

Artist Interviews | December 18, 2018 By

Exclusive Interview with Alvin Chong: Artis Multi-Talenta Asal Malaysia

Music News | By

‘All I Want For Christmas Is You’ Adalah Lagu Natal Dengan Posisi Tertinggi Billboard Hot 100 Di 60 Tahun Terakhir

Music News | December 14, 2018 By

Tour 20 Tahun Taking Back Sunday Akan Mampir ke Jakarta Januari 2019