Quantcast

Guns N’ Roses Not In This Lifetime Tour Jakarta: Konser Reuni Yang Megah!

By - 1 month ago in Concerts Review

Pada penghujung tahun 2015 dunia musik digemparkan dengan berita yang tersiar di berbagai media internasional bahwa salah satu band rock terbesar di Dunia akan melangsungkan konser reuni! Guns N’ Roses dengan anggota aslinya Axl Rose dan Slash dipastikan menjadi headline festival music dan arts terbesar, Coachella pada pertengahan april 2016, dan tidak menutup kemungkinan melangsungkan rangkaian tur musim panas di Amerika Utara. Ini merupakan angin segar bagi seluruh penggemar Guns N’ Roses di dunia dan Indonesia khususnya. Mengingat Axl dan Slash terakhir beraksi di satu panggung yang sama pada tahun 1993.

Walaupun Guns N Roses versi Axl (tanpa Slash dan personil asli lainnya) sempat mampir konser di Indonesia, namun nampaknya tidak mendapat respon yang lebih karena bagaimana pun, Guns N Roses kurang afdol bila tampil tanpa Slash. Kabar baik lainnya pun tersiar, dimana Duff McKagan (bassis) menyatakan akan turut serta dalam tur reuni tersebut, kabar ini semakin membuat penggemar tak sabar dan bertanya-tanya apakah sang idola akan mampir untuk konser di Indonesia?

Penantian dan pertanyaan besar khalayak pun terjawab ketika laman instagram Official Guns N’ Roses mengunggah flyer Not In This Lifetime Tour 2018 berisi tanggal dan kota-kota yang akan disinggahi tur tersebut, dan Jakarta Indonesia tertulis di baris paling atas!. YA! Guns N’ Roses dijadwalkan tampil di Jakarta Indonesia pada tanggal 8 November 2018. Sontak media sosial pun riuh akan datangnya band rock asal Los Angeles ini.

Hari yang dinanti pun tiba, Kamis 8 november 2018 semua penggemar terpusat di Gelora Bung Karno (GBK) Sport Complex di bilangan Senayan Jakarta, tempat dimana Not in This Lifetime Tour dihelat. Konser tur yang diprakasai oleh Third Eye Management dan Unsual Ent, promotor kawakan yang telah banyak mendatangkan Artis kelas dunia seperti Sting, Avenged sevenfold, Foo Fighters dan nama besar lainnya.

Sejak sore sudah terlihat antrean penonton di depan gerbang masuk GBK, sebagian lain masih mengantre untuk menukarkan wristband sebagai tanda masuk arena konser. Penonton yang datang Tidak saja dari Jakarta dan sekitarnya, ada yang dari Semarang, Surabaya, Denpasar, Makassar dan Kota-Kota lainnya di Indonesia. Atmosfer dan antensi besar ini mengingatkan konser Metallica yang juga dilaksanakan di GBK pada tahun 2013 silam.

Pukul 6 sore gerbang arena konser pun dibuka, penonton masuk dengan rapih mengisi lapangan rumput yang sudah dicover lantai pvc persegi panjang, jadi tak usah khawatir rumput lapangan kebanggaan kita akan rusak. Kelas penonton dibagi menjadi beberapa kategori, untuk festival terbagi menjadi Rock Zone A dan Rock Zone B, untuk tribun terbagi menjadi VIP Paradise City, Orange Zone, Yellow Zone, Purple Zone, Upper Blue Zone dan Upper Green Zone. Dijual dari harga 5,5 juta sampai 450 ribu. Dengan rentang harga yang bervariatif seperti ini, konser Guns N Roses Not in This Lifetime Jakarta bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Konser dibuka dengan penampilan Kikan, solois yang sempat dikenal sebagai Vokalis Cokelat. Didapuk untuk menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Kikan menyanyi tanpa iringan instrumen apapun, mengajak semua penonton berdiri. Dengan latar bendera merah putih di led screen membuat penonton menyanyi dengan energi yang semakin besar. tak bisa disangkal, musik memang bisa menyatukan kita tanpa harus melihat latar belakang apapun.

Jeda sejenak setelah penampilan Kikan, penonton kembali sedikit bersantai sambil menunggu idolanya tampil. Banyak wajah-wajah Penggiat Musik dan Selebritas Tanah Air pun bergabung bersama penonton lainnya. Terlihat panggung yang megah membelah seper-empat luas Lapangan GBK. Terpasang Led screen persegi panjang dibagian kiri kanan panggung dan latar panggung. Nampak alat alat musik masing masing personel telah terpasang dengan rapih. Seperti ungkapan “The Calm Before the Storm” GBK pun siap akan kehadiran Guns N’ Roses.

Konser Guns N’ Roses Not In this Lifetime Jakarta dibuka dengan visual Tank Baja berkelir merah. Moncong senjata tank bergerak ke kiri dan kanan seolah menembakan misil ke arah penonton. Tak lama, tampil personel Guns N’ Roses menempati posisinya masing masing. Intro It’s So Easy pun digeber, penonton bersorak dan berjingkrak, tampak Axl muncul belakangan, dengan sedikit penampilan berbeda. Tanpa topi atau bandana ciri Khas Axl. Tanpa jeda set dilanjut dengan Mr Brownstone masih dari album paling monumental Appetite For Destruction. Intro drum dengan pattern jungle pun mengawali, dimbuhi dengan scrath dari gitar Slash yang disambut riuh penonton. Chinese Democracy pun menyusul setelah itu, lagu yang rekamannya sudah tidak melibatkan Duff, Slash dan Stradlin itu pun dimainkan.

Panggung blackout sejenak, tampak Slash dengan gitar Gibson Anaconda-nya berdiri gagah di sebelah kanan panggung hanya dengan sorot dari lampu moving, Slash memulai intro dengan drive dan imbuhan effect delay yang bertingkah. Penonton sangat hapal dengan intro tersebut, dan sebagian berteriak Welcome to the jungle… welcome to the Jungle… dan Axl mengambil alih dengan selorohan, “You were in the Jungle Jakarta! You gonna dieeeee….!!” Disambut tepuk tangan riuh penonton. Axl kini tampil dengan khas, bandana merah terikat di kepala, kacamata airforce hitam dan kemeja flannel terikat di pinggang.

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Concerts Review | December 13, 2018 By

JUDAS PRIEST – FIREPOWER WORLD TOUR 2018 in JAKARTA : METAL GODS Masih Tetap Beringas

Concerts Review | December 3, 2018 By

Berteman Bersama Franz Ferdinand Pada Malam Sabtu

Concerts Review | November 14, 2018 By

Kenny G Berhasil Membius Penonton Dengan Alunan Saxophonenya