Trending News

Blog Post

Album of The Month: The Black Eyed Peas – The E.N.D
Album of The Day

Album of The Month: The Black Eyed Peas – The E.N.D 

Photobucket Mungkin ini hanya teknik marketing saja. Dan sepertinya berhasil, karena banyak yang menjadi penasaran dengan materi album studio kelima mereka ini, apalagi dengan dirilisnya single ‘Boom Boom Pow’ sebagai teaser yang ternyata meledak dan nge-hits itu.
Yep. Yep. Di album mutakhir mereka ini mereka menawarkan enerji yang meledak-ledak disepanjang 15 trek (atau 16 untuk edisi Indonesia) dan rasanya enggan untuk mati, seperti yang disebutkan dalam judul album. Jika mengutip lirik dalam trek ‘Imma Be’ berikut: “Imma be, rockin that Apl.de.ap infinate / BEP we definite / We on some next level shit / Futuristic musically / Mind will fold with energy / For the soul new-sonicly / Sending positivity”, maka sudah jelaslah tergambar dengan solid apa dan bagaimana materi yang ingin diusung B.E.P. dalam ‘The E.N.D.’ ini.
Album ini berisikan lagu-lagu yang menghentak, nyaris tiada henti untuk slow-tempo, antemik dan, mengutip istilah Timmy, kupinggenic. Kita dapat dengan mudah bergoyang-goyang mengikuti hentakan setiap lagu. Jika tujuan mereka membawa keceriaan dengan album ini, maka mereka berhasil. ‘Boom Boom Pow’ membuka dengan megah, disusul nyaris tanpa jeda oleh ‘Rock That Body’. ‘ Meet Me Halfway’ mengantar kita akan aura feminitas Fergie. Disambung dengan ‘Imma Be’ yang sangat antemik dan memenuhi segala syarat untuk menjadi tembang top 40. Akan tetapi, yang sebenarnya juga mencuri perhatian setelah ‘Boom Boom Pow’ adalah ‘I Gotta Feeling’ yang sangat bernuansa lantai dansa. Iramanya begitu catchy, sehingga susah untuk tidak menyukai lagu ini.
Selanjutnya, ‘The E.N.D.’ menawarkan lagu-lagu setipe, sebut saja ‘Missing You’, ‘Ring-A-Ling’, ‘Party of the Time (ehm, this song defenitely make a nod to the album)’, atau ‘Now Generation’. Untuk trek ‘Now Generation’, will.i.am seolah-olah menyindir trend yang tengah berlangsung di tengah-tengah orang muda di sekeliling dunia, yaitu demam situs jejaring sosial seperti Facebook, yang begitu mengkonsumsi kehidupan seseorang.
Sementara itu, ada satu trek yang mengingatkan akan ‘Where’s the Love’, yaitu ‘One Tribe’ yang seolah-olah ditujukan sebagai antem untuk perdamaian dunia dan menghimbau untuk adanya satu kesatuan bagi seluruh penduduk Bumi. Yah, terlepas dari kedua lagu tersebut, ‘The E.N.D.’ pada dasarnya adalah sebuah arena ekspresi bagi will.i.am, pentolan grup ini, untuk bereksperimen dengan berbagai bunyian untuk mengejar sound-sound yang gempita dan menghentak dan juga antemik tadi.
Ohya, bonus lagu untuk edisi ini adalah ‘Mare’ yang mengingatkan akan ‘Bebot’ di album ‘Monkey Business’, karena memerkan kemahiran apl.de.ap dalam rapping dengan memakai bahasa tagalog. Ini mungkin sebuah homage untuk darah Filipinanya. Sesuatu yang menarik.
Di hampir semua lagu, kita bisa mengkategorisasi mereka dalam dua dikotomi; 1) jenis lagu yang mengandalkan kedigjayaan rapping will.i.am, apl.de.ap, dan Taboo yang ditingkahi oleh raungan musik elektrik, 2) jenis lagu elektro-pop-dance ala Fergie, oopps, Fergie ternyata anggota B.E.P. juga!
Yah, terlepas siapa yang menjadi vokal utama dalam trek-treknya, ujung-ujungnya B.E.P. seperti mengejar setoran dengan memberi sebanyak-banyaknya trek yang antemik, sehingga para pendengar dan penggemar terpuaskan. Sayangnya, mereka sepertinya kemudian tidak perduli lagi jika umumnya lagu mereka dangkal dan cheesy, karena yang penting disini adalah ‘The E.N.D.’ mampu memuaskan dengan stamina penuh.
Sebenarnya ini bukan sesuatu yang mengherankan bagi kuartet ini, karena semenjak Fergie bergabung pada album ketiga, ‘Elephunk’ ditahun 2004 kemarin dan diikuti dengan ‘Monkey Business’ di tahun 2005, lagu-lagu bubblegum pop yang ngehits sudah menjadi trademark bagi B.E.P. Yah, istilahnya mungkin kejar tayang eh setoran lah. Terlepas dari itu, tetap saja ‘The E.N.D.’ adalah album yang juara karena ditunjang oleh sisi teknis kelas satu. Dan ini pastinya karena didukung oleh will.i.am yang jelas salah satu yang tebaik untuk bidangnya. Sedang Fergie pun masih kredibel dengan kualitas vokalnya sebagaimana halnya Taboo dan apl.de.ap yang kebagian tugas nge-rapp.
‘The E.N.D.’ adalah album yang fun. Antemik pastinya. Wajib punya untuk kalangan fans. Dan boleh dikupingi jika ingin berada dalam suasana party yang gemerlap. Mungkin album ini kedengaran ‘cheesy’, akan tetapi bukan menjadi masalah selama itu beriringan dengan kata ‘bagus’, untuk menggambarkan album ini. And yes, it’s cool, baby! Another highly recommended by the Black Eyed Peas.
(Haris / CreativeDisc Contributors)

TRACK LIST:
01. Boom Boom Pow
02. Rock That Body
03. Meet Me Halfway
04. Imma Be
05. I Gotta Feeling
06. Alive
07. Missing You
08. Ring-A-Ling
09. Party All The Time
10. Out Of My Head
11. Electric City
12. Showdown
13. Now Generation
14. One Tribe
15. Rockin To The Beat
16. Mare (Bonus Track)

Related posts

Leave a Reply