Trending News

Blog Post

Album of The Day: Kasabian – West Ryder Pauper Lunatic Asylum
Album of The Day

Album of The Day: Kasabian – West Ryder Pauper Lunatic Asylum 

PhotobucketBand asal Inggris yang berdiri sejak tahun 1999 dan sudah mengeluarkan album Kasabian [2004] dan Empire [2006] (yang sayangnya kedua album itu berupa produk impor) dan akhirnya mengeluarkan album terbaru ketiga mereka West Ryder Pauper Lunatic Asylum. Diproduseri oleh orang Jepang bernama Dan the Automator yang sukses menangani Gorillaz.

Banyak kritik positif mengalir pada album ini jika dibandingkan dengan album Kasabian & Empire. Album ini juga mendapat respon positif dari publik karena berhasil menempati posisi 1 di UK Album Chart selama 2 minggu berturut-turut. Well, makin penasaran kan melihat isi albumnya, tanpa banyak cingcong langsung aja kita mengorek isi albumnya.

Dibuka dengan “Underdog” yang sangat upbeat dan enerjik. ‘Tell me if you’re down/Throw your weapons to the ground/Keep myself riding on this train’, liriknya seperti penangkapan penjahat. “Where Did All The Love Go”, memasukkan strings bergaya ketimuran dan lagunya sendiri danceable dan punya passion tersendiri jika kamu pernah mendengar beberapa track dari Friendly Fires pasti langsung teradiksi sama lagu ini. Track instrumentalia “Swarfiga” yang bernuansa krautrock, bunyi piano yang rada aneh dicampur dengan gebukan drum yang cepat menyesaki lagu ini, ibarat film action ini adalah soundtrack yang pas untuk adegan kejar-kejaran. Bunyi gitar yang rough membuka “Fast Fuse” irama rock n roll cukup mengena disini bagi yang menyukai Primal Scream di era XTRMNTR [2000].

Orkestrasi yang cukup megah mengiringi opening “Take Aim” gitar akustik terus menerus mengikuti lagu ini sampai pertengahan lagu aroma hip hop menyusup di sini (mungkin karena ide dari Dan sendiri). “Thick As Thieves”, mengingkatkan kita pada band-band jadul lainnya musiknya sendiri mengandalkan aroma rock tahun 70-an. Sebuah kalimat dilontarkan aktris Rosario Dawson yang membuka “West Ryder Silver Bullet”, musiknya bersifat psikedelia dengan sentuhan down di akhir. Mereka selalu menamakan diri mereka band Electro Psikedelia dan itu terbukti di lagu “Vlad The Impaler”, yang bisa diajak sebagai lagu untuk bergoyang tanpa meninggalkan ciri Kasabian dengan sedikit balas-balasan omongan di bagian pertengahan membuatmu merasa seperti ada di konser mereka.

Bosan dengan track upbeat atau track yang kebanyakan psikedelia tenang ada “Ladies And Gentleman,Roll The Dice” dengan beat synth yang bakal terdengar terus menerus di lagu ini sang vokalis Tom Meighan sangat lirih di lagu ini. “Secret Alphabets”, sama mellownya dengan permainan gitar yang handal Tom Meighan bernyanyi sangat down dan musiknya dark.

Setelah melewati semua sisi melankolis dari Kasabian kini saatnya lagu yang berjudul “Fire” yang dimainkan. Kenapa lagu ini bisa menembus posisi 3 di jajaran lagu Inggris (yang hanya kalah dari La Roux dan Daniel Merriweather). Awalnya pasti kamu menganggap single ini terlalu berat tapi setelah lama kelamaan mendengar pasti kamu menemukan titik kekuatan lagu ini yap aroma rock yang ear friendly terus menginjeksi lagu ini dari awal sampai akhir meskipun ada unsur psikedelik yang hanya sebagai pemberat lagu tanpa merubah isi track keseleruhan jangan lupa ada sedikit lengkingan di bagian reff ditambah dengan semi rapnya si Meighan ada juga sedikit permainan synth disini.”Hapiness”,adalah sebuah penutup pesta gila pada album ini yang lumayan.

Jika pada album pertama menonjolkan sisi psikedelia yang ditimbulkan dan album kedua banyak guratan-guratan rock (sedikit elektronik) maka pada album ini mereka mencoba lebih ‘pasaran’ dengan sedikit melunak tapi masih berlandaskan kepada kompleksitas. Pengaruh Dan the Automator amat sangat ketara di berbagai lini musik mereka. Mereka tidak berubah 100% tapi mereka ingin merangkul lebih banyak fans lewat album ini.Album ini merupakan album yang istimewa dan calon album terbaik tahun ini dari kritikus musik. Four Stars for them. (Luthfi)

NB: Jika kamu membeli CDnya yang original maka kamu akan melihat daftar track Kasabian beserta mood yang mengiringi lagunya. Salut buat mereka yang bisa mengotakkan mood lagu-lagu mereka.

TRACK LIST:
1.Underdog
2.Where Did All The Love Go
3.Swarfiga
4.Fast Fuse
5.Take Aim
6.Thick As Thieves
7.West Ryder Silver Bullet
8.Vlad The Impaler
9.Ladies & Gentleman (Roll The Dice)
10.Secret Alphabets
11.Fire
12.Hapiness

Related posts

Leave a Reply