Trending News

Blog Post

Album of The Day: Mew – No More Stories…
Album of The Day

Album of The Day: Mew – No More Stories… 

PhotobucketWow, judul album yang teramat panjang, meski sebenarnya Mew, band asal Denmark ini cukup irit dalam memberi materi dalam album studio kelima mereka ini (12 trek saja dengan dua intermezzo). ‘No More Stories, Are Told Today, I’m Sorry, They Washed Away / No More Stories, The World Is Grey, I’m Tired, Let’s Wash Away’, demikian judulnya, seolah-olah mengajak kita masuk ke dunia gloomy Mew dalam sebuah kerangka perspektif, mengutip Mew sendiri, “pretentious art rock”.

Apakah mereka benar-benar pretensius? Rasanya tidak. Ini adalah salah satu album art-rock yang jujur dalam menafaskan ruhnya. Lantas, bagaimana dengan usungan “dream pop” yang dilabelkan kepada mereka? Saya sebenarnya kurang paham dengan konsep dream pop tersebut, hanya saja, dalam album ini Mew memang menawarkan musik-musik yang cenderung mengawang, moody dan atmosferik.

Baiklah, mungkin menurut Jonas Bjerre, album ini akan terasa lebih “gembira, lebih nge-beat, lebih dansa-dansi”, akan tetapi tentu saja itu semua dirangkum dalam atmosfir ala Mew itu sendiri. Meski tidak sekelam album “And The Glass Handed Kites”, namun tembang pembuka, ‘New Terrain’, sudah mengajak masuk kedalam dunia mimpi Mew. Dengan komposisi yang enerjik, lagu terasa dinamis namun ruh mengawang tadi seolah melekat erat.

Hei, ada cerita yang menarik untuk ‘New Terrain’, karena jika didengarkan secara terbalik, maka lagu ini akan berubah menjadi lagu lain yang berjudul ‘Nervous’. Ajaib? Tidak jika Mew bereksplorasi dengan kejeniusan mereka.

‘Cartoons and Macramé Wounds’ adalah pembuktian akan kuatnya unsur eksperimental yang berkesan gloomy di album ini, karena dengan durasi sepanjang 7 menit, Bjerre, bersama dengan Bo Madsen dan Silas Utke Graae Jørgensen seolah-olah mengajak kita masuk dalam dunia imajinasi mereka.

Single pertama, ‘Introducing Palace Players’, adalah eklektisme dalam bermusik rock dalam visi Mew. Dibuka dengan instrumental yang sedikit disorentasi dengan riff gitar sepanjang satu menitan, barulah setelah vokal Bjerre masuk, maka lagi berubah arah menjadi jenis raungan rock alternatif yang biasa kita kenal dari Mew. Tidak terlalu menghentak tapi tidak lembek.

Selain itu, ‘Hawai Dream’ ‘ dan ‘Hawaii’ adalah keunikan tersendiri dan berturut-turut menyapa dan mengajak dalam dunia Mew yang eklektik ini.

“No More Stories..” berada dalam balutan tangan dingin produser Rich Costey, yang sebelumnya sukses membidani album “Frengers”. Kerjasama mereka dengan Costey tampaknya memang jodoh dalam menciptakan kesan magis dan dreamy yang diinginkan.

Album ini mungkin bukan berjenis rock alternatif yang gahar, akan tetapi mencerna album Mew ini adalah sebuah petualangan menuju dunia fantasi yang memanjakan telinga dan juga indera perasaan kita. Mungkin terdengar sedikit aneh, akan tetapi jika kita mampu mencerna dengan baik apa yang ingin disampaikan album ini, maka “No More Stories..” akan menjadi petualangan musikal yang luar biasa. Never dulll, never bore! (Haris / CreativeDisc Contributors)

Track List:
01. New Terrain/Nervous
02. Introducing Palace Players
03. Beach
04. Repeaterbeater
05. Intermezzo 1
06. Silas The Magic Car
07. Cartoons and Macramé Wounds
08. Hawaii Dream
09. Hawaii
10. Vaccine
11. Tricks of the Trade
12. Intermezzo 2
13. Sometimes Life Isn’t Easy
14. Reprise

Related posts

Leave a Reply