Trending News

Blog Post

Album of The Day: Colbie Caillat – Breakthrough
Album of The Day

Album of The Day: Colbie Caillat – Breakthrough 

PhotobucketMau mendengarkan satu album yang berisi 12 lagu yang kujamin enak semua? Maka belilah album kedua Colbie Marie Ashley Caillat ini yang sudah dirilis di 25 Agustus 2009 ini. Dan rasakan 12 lagu bergenre pop, akustik, dan adult contemporary dalam balutan musik yang hip, current, serta tidak membosankan. Ditambah vokal yang benar2 matang plus komersil. Let’s review the album melalui orang2 yang berkolaborasi bareng Colbie Caillat di Breakthrough ini.

Satu orang yang sangat akrab dengan Caillat dari mulai awal kariernya, yaitu Jason Reeves, kembali membantu di album kedua ini. Setelah hit besar mereka, ‘Realize’, maka kali ini ada beberapa nuansa yang ditawarkan Reeves dalam kolaborasinya bersama Caillat. Mendengarkan ‘I Won’t’ sebagai track pembuka, kita dijamu dengan lagu yang memamerkan vokal Caillat dalam format yang sedikit berbeda. Vokal folk-nya yang biasa terdengar lebih berisi di lagu ini. Dan liriknya begitu kuat, menyatakan ketidaksetiaan dengan tegas. Percayalah, pesan yang ingin disampaikan Caillat di lagu ini benar2 tersampai. ‘Rainbow’ juga merupakan karya Caillat bareng Reeves. Ini adalah lagu cinta universal. Musik ceria dan lirik yang enggak kuno menjadikan lagu ini lebih berisi.

Sangat beruntung Caillat memiliki Jason Reeves untuk membantunya lagi dalam album ini. ‘It Stops Today’ nyaris sempurna! One of my most fave track in the album. Tempo lagunya yang cepat, dominasi piano di bagian chorus, dan teknik phrasing-nya yang sangat menarik membuat lagu ini lebih menonjol dari segi musik dan vokal. Luar biasa! ‘Breakin’ at the Cracks’ terdengar lebih personal. Intro gitar akustik dengan vokal yang rapuh, menambah nuansa unplugged. Itulah kelebihan Caillat, dia pandai sekali mempermainkan emosi dalam cara bernyanyinya. Dan track paling puncak untuk kerjasamanya bareng Jason Reeves pastilah ‘Droplets’! Iring-iringan gitar di awal lagu benar2 peaceful. Dan menariknya adalah bagian chorus pertamanya yang unpredictable. Duetnya terasa nge-blend naturally.

Rick Nowels adalah nama beriukutnya. Seluruh ummat sudah mendengarkan Fallin’ For You, pastinya. Ini adalah satu dari 3 track yang diciptakan Caillat bareng Nowels. Berikutnya adalah ‘Runnin’ Around’ dan ‘Breakthrough’. Dua lagu sama2 memiliki kekuatan tersendiri. ‘Runnin’ Around’ mengingatklan kita pada lagu ‘Something Special’ dari album Coco yang sempat juga muncul di film Bride Wars. Sedangkan ‘Breakthrough’ terdengar lebih kalem dengan polos. Tampak jelas bahwa Caillat sangat senang bisa menggandeng penulis lagu dan produser pemenang Grammy ini dalam albumnya. Karena selain menjadikan ‘Fallin’ For You’ sebagai lead single, lagu ‘Breakthrough’ sekaligus dijadikan judul albumnya!

Nama berikutnya adalah orang yang menurut Caillat sebagai seorang one of the best song writer ever! Dialah Kara DioGuardi. Semenjak kemunculan sebagai judge di American Idol, namanya lebih diperhitungkan dalam dunia musik. Kerjasamanya bareng DioGuardi di album ini menghasilkan ‘Begin Again’, ‘I Never Told You’, dan ‘Fearless’. Dari ketiga ini, aku lebih milih ‘I Never Told You’. Enak, sumpah! Lagunya sangat personal, karena mengisahkan tentang penyesalan setelah berpisah. Vokal Caillat, TOP! Terasa seluruh emosinya. This is what I call singing a song for real! ‘Fearless’ terdengar peaceful juga. Intro dan setiap verse-nya make piano, dan bagian chorus diisi dengan musik yang komersil. Sehingga terdengar mendekati gaya2 musik OneRepublic. Tambah mirip karena di akhir chorus ada bagian ‘o… uwoh… uwoh…’-nya!

Lagu yang berikutnya akan dijadikan single kedua adalah antara ‘Begin Again’ dengan ‘You Got Me’. ‘Begin Again’, lebih nyata dengan paduan piano dan gitarnya. Sedangkan ‘You Got Me’ lebih hip karena piano intro dan jentikan jari di awal lagu. Hebat! Aku pilih ‘You Got Me’, karena lagu karya Colbie Caillat bareng John Shanks ini lebih menjanjikan. Dan paling kusuka liriknya, ‘cuz no matter what I do, my heart is filled with you’. Not corny, just straight to the heart!

Colbie memang sangat selektif dalam memilih lagu yang hendak dia masukkan ke dalam albumnya. Coco sebelumnya dibuat dengan cara memperdengarkan seluruh track yang dibuatnya dalam situs MySpace, dan membiarkan fans yang memilih mana yang terbaik di antaranya. Nah, sekarang gadis kelahiran 28 Mei 1985 ini memiliki cara yang berbeda lagi. Sebelumnya, dia membuat ‘writing camp’ di Hawaii dan mengundang nama2 di atas untuk membuat lagu bersamanya tahun lalu. Mereka semua berhasil membuat 50 lagu dan merekam 20 di antaranya. Pemilihan lagu ke dalam albumnya juga masih melibatkan fans! Tapi kali ini dia tampil di depan small group of fans dan berhasil memilih 12 track tersebut ke dalam album keduanya. Fabulous!

Track listing
# Title Writer(s) Length
1. “I Won’t” Colbie Caillat, Jason Reeves & Makana Rowan 3:47
2. “Begin Again” Colbie Caillat, Kara DioGuardi & Jason Reeves 4:16
3. “You Got Me” Colbie Caillat & John Shanks 4:02
4. “Fallin’ for You” Colbie Caillat & Rick Nowels 3:37
5. “Rainbow” Colbie Caillat & Jason Reeves 3:58
6. “Droplets” (with Jason Reeves) Colbie Caillat, Jason Reeves 3:26
7. “I Never Told You” Colbie Caillat, Kara DioGuardi & Jason Reeves 3:55
8. “Fearless” Colbie Caillat, Kara DioGuardi, Jason Reeves & Mikal Blue 5:07
9. “Runnin’ Around” Colbie Caillat & Rick Nowels 3:49
10. “Break Through” Colbie Caillat & Rick Nowels 3:40
11. “It Stops Today” Colbie Caillat & Jason Reeves 3:49
12. “Breakin’ at the Cracks” Colbie Caillat & Jason Reeves 5:43

Album trivia :
Album yang diproduseri Mikal Blue, Ken Caillat, Colbie Caillat, dan Jason Reeves ini dirilis dalam bentuk format Deluxe juga di saat yang sama. Menampilkan 20 track termasuk duetnya bersama Jason Mraz di lagu ‘Lucky’. (Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Related posts

Leave a Reply