Trending News

Blog Post

Album of The Day: Kings of Convenience – Declaration of Dependence
Album of The Day

Album of The Day: Kings of Convenience – Declaration of Dependence 

PhotobucketKarena harusnya judul album ini bukan Declaration Of Dependence tapi Quiet Is The New Loud Part II. seluruh materi album ini seakan memang dibuat untuk memberi ketenangan, terapi ditengah kebisingan musik elektronik yang kadang sering absurd namun terlihat sangat keren, just because some medias said so.

But yes, it’s the new loud
. Eirick dan Erlend membuat penggemar mereka menunggu nyaris lima tahun sejak Riot On An Empty Street yang dirilis tahun 2004. Rindu dendam yang ditumpahkan dengan materi album yang leaked duluan di internet beberapa saat sebelum rilis resmi Declaration Of Dependence 20 Oktober 2009.

Album ini membuat penantian bertahun – tahun terbayar. Belum – belum, dengan senang hati mungkin kita akan menjuluki album ini sebagai karya paling musikal, paling harmonis, paling serius tapi paling santai dengan absennya drum dan perkusi. Petikan gitar dan melodi yang halus terdengar sejak track pertama ’24-25′. Single pertama mereka ‘Mrs. Cold’ sangat menyenangkan untuk di dengar, sangat laid back tapi menggoda untuk membuat kita berdansa dengan pelan. Vokal Erlend Oye yang lembut juga makin terasah dibeberapa lagu misalnya ‘Freedom and It’s Owner’, ‘My Ship Isn’t Pretty atau ‘Power Of Not Knowing’.

Overall, tidak perlu terlalu cerdas untuk membayangkan keseluruhan album ini. Teka – teki seperti apa isi dalam albumnya tergambar jelas mulai dari cover album yang diambil di Mexico dua tahun yang lalu. Kings Of Convenience mendeklarasikan kemerdekaannya lewat lirik yang membicarakan kerinduan, tekanan, pengakuan dengan penuh optimisme ala kehidupan pantai. Luar biasa bagaimana semua itu hanya muncul dari dua orang dengan dua gitar akustik di keseluruhan album.

Ini album yang sangat bagus. Walaupun menurut gue, Kings Of Convenience kali ini terasa seperti seorang pacar yang nyaris sempurna. Kalem, bijaksana, menenangkan dan cerdas. Sayang, saat gue mengharapkan munculnya sisi nakal dan riang seperti ‘I’d rather Dance With You’ di album kedua mereka, hal itu tidak terpenuhi di Declaration Of Dependence ini. But really, it’s so much worth to have this album.
Adia Prabowo / Prambors FM Solo

Tracklisting
“24-25”
“Mrs. Cold”
“Me in You”
“Boat Behind”
“Rule My World”
“My Ship Isn’t Pretty”
“Renegade”
“Power of Not Knowing”
“Peacetime Resistance”
“Freedom and Its Owner”
“Scars on Land”
“Second to Numb”
“Riot on an Empty Street”

Related posts

Leave a Reply