Trending News

Blog Post

Album of The Day: Natalie Imbruglia – Come To Life
Album of The Day

Album of The Day: Natalie Imbruglia – Come To Life 

PhotobucketSingle ‘Want’ memang benar-benar mengejutkan, karena bagi siapa yang mengenal Natalie Imbruglia tidak mengira ia akan merilis tembang yang berbau elektronika. Yang lebih hebat lagi, single tersebut ditulis bersama dengan pentolan Coldplay, Chris Martin dan juga Kat Kourtney serta Gary Clark. Tentu saja hasilnya diluar ekspektasi semua orang. Namun jangan salah, ‘Want’ merupakan tembang kuat dan mungkin salah satu single terbaik untuk tahun ini.

Jangan pesimis untuk yang mengharapkan adanya unsur pop-rock ala Natalie di album ini, karena sebenarnya secara umum album ini tetap mengambil tema yang setipe dengan album-album Natalie sebelumnya. Bahkan jika ditilik lebih mendalam, album ‘Come to Life‘ ini mempunyai semangat yang sangat mirip dengan album pertamanya ‘Left of the Middle’ dan sedikit pengaruh ‘White Lillies Island’ (2001).

Dibuka dengan ‘My God’, maka segala keraguan kita akan segera sirna. Dengan sentuhan gitar elektrik yang sedikit distorsi, lagu membuka album dengan baik. Disusul dengan ‘Lukas’ yang tidak kalah nge-rocknya, karena sentuhan Brian Eno sebagai produsernya serta Chris Martin sebagai salah satu penulisnya. Atau ‘Twenty’, yang meski menghentak akan tetapi terasa penuh dengan kegetiran. Vokal Natalie benar-benar mampu melirihkan isi lagu dengan tepat sehingga mampu menyampaikan esensi lagu tersebut dengan sempurna.

Ada juga ‘Fun’ yang lebih subtil dan ini merupakan salah satu tembang yang ditulis secara penuh oleh Chris Martin. Jangan lupa untuk mencermati ‘Scars’ yang dikerjakan Natalie bersama dengan Jamie Hartman, dan rasanya mempunyai potensi besar untuk menjadi besar seperti ‘Want’.

‘WYUT’ adalah tembang bertempo cepat yang sangat bisa mengajak berlonjak-lonjak. Selanjutnya ada ‘Cameo’ mengandung unsur elektro pop yang kental. Disusul oleh ‘All the Roses’ yang gloomy dan ditutup dengan sempurna oleh ‘Wild About It’, yang sebelumnya merupakan sebuah pre-single untuk pemanasan sebelum peluncuran ‘Come to Life’.

Oh ya, sebenarnya tidak usah heran juga kali ya dan bertanya-tanya mengapa Natalie mengerjakan single sejenis ‘Want’, karena sebenarnya itu bukan barang aneh lagi baginya. Di album ‘Left of the Middle’ itu sendiri terdapat ‘Impressed’ lagu yang mengandalkan elektronika sebagai balutannya. Jadi, anggap saja ini merupakan proses pematangan oleh seorang Natalie Imbruglia.

Album ini sendiri membutuhkan masa empat tahun dalam pengerjaanya, sehingga tidak heran jika materi album terasa bervariasi dalam pilihan feel maupun atmosfirnya. Meski begitu, Ben Hillier sebagai produser tentu saja tidak lantas melupakan benang merah album ini dengan album Natalie sebelumnya, sehingga pada akhirnya ‘Come to Life’ secara mutlak memang adalah milik Natalie Imbruglia.

Bisa dikatakan motivasi Natalie dalam mengerjakan album ini adalah guna mencapai kepuasan sebagai musisi bukan sekedar target penjualan. Oleh karenanya ia mencoba untuk jujur dalam berkarya dan itu sangat terasa dalam album ini. Hasilnya ‘Come to Life’ bisa dikatakan merupakan salah satu album cemerlang untuk tahun ini.
(Haris / CreativeDisc Contributors)

TRACKLIST:
01. My God
02. Lukas
03. Fun
04. Twenty
05. Scars
06. Want
07. WYUT
08. Cameo
09. All The Roses
10. Wild About It

Related posts

Leave a Reply