Trending News

Blog Post

Album of The Month: Mariah Carey – Memoirs of An Imperfect Angel
Album of The Day

Album of The Month: Mariah Carey – Memoirs of An Imperfect Angel 

PhotobucketSelalu ada sesuatu yang menarik dari diva dunia satu ini, Mariah Carey. Telah mengantongi banyak penghargaan, lagu-lagu yang telah menjadi hits dan penjualan albumnya saat ini telah mencapi 200 juta kopi diseluruh dunia, hingga kehidupan pribadinya yang menjadi sorotan semua media dan menjadi perhatian penggemarnya. Demikian sekilas intermezzo mengenai MC dan sekarang saya akan kembali ke album yang menjadi buah bibir jutaan penggemar, atau bahkan “musuhnya” yang tidak menyukai MC. Apa yang menyebabkan MC menunda perilisan album ke-12nya, Memoirs of an Imperfect Angel? Sekedar informasi, selain ketatnya persaingan diva saat ini yang juga mengeluarkan album seperti Madonna hingga Whitney Houston, MC sendiri juga mengatakan bahwa dirinya takut mengecewakan penggemar.

Tidak banyak yang berubah pada album Memoirs of an Imperfect Angel. Selain MC sendiri yang bertindak sebagai penulis, hampir pada keseluruhan lagunya ditulis oleh The-Dream dan Tricky Stewart, dan Mariah Carey yang juga bertindak sebagai executive producer serta dibantu producer dan penulis lagu terkenal lainnya seperti L.A. Reid, Heatmyzer, James “Big Jim” Wright, Los Da Mystro, dan Randy Jackson, yang tentunya diharapkan membuat ini menjadi lebih padat selain dari materi, juga pada musik tentunya. Masih mengandalkan genre pop, R&B, hip hop dan nuansa ballad pada singlenya, MC mencoba membuat pertaruhan besar pada album ini.

Apa kata MC mengenai album Memoirs of an Imperfect Angel? “Very personal and dedicated to the fans“, ujar MC. Jika dilihat secara keseluruhan album MC yang terakhir ini memang bersifat lebih personal dan menceritakan pengalaman hidupnya, terutama pasca pernikahannya dengan Nick Cannon hingga yang paling kontroversi pada salah satunya lagunya menyindir seorang Rapper terkenal, dengan inisial ‘E’ meski pihak MC membantah jika lagu tersebut ditujukan kepada ‘E’. “Each song is its own snapshot of a moment in a story. But overall, the vibe is R&B hip-hop with a lot of slow jams. Each song has its own mood; some flow seamlessly into each other, and that was the purpose, and others are very different. The album has a sense of humor, [you can hear me laughing out loud at certain points], but it also has deep and introspective moments.” ungkap MC.

Pada awalnya, saya sempat berharap yang lebih pada album terakhirnya ini, dengan menemukan single-single ballad sebelum MC merambah jalur R&B terlalu jauh, namun ternyata ekspektasi yang saya dapat ternyata sangat berbeda. Cukup menarik menyimak materi yang bisa dikatakan cukup banyak berisi 17 lagu. Dibuka dengan “Betcha Gon’ Know (The Prologue)” dengan nuansa R&B slow sebagai pembuka yang mengiringi lagu berikutnya “Obsessed” yang menjadi kontoversi, dimana MC berani dengan terang-terangan menyindir salah seorang rapper ‘cowok’ dengan inisial ‘E’ yang sangat terobsesi pada MC, jika didengar sekilas mempunyai kemiripan dengan single “Touch My Body”. Lanjut dengan “, “H.A.T.E.U.” atau dengan kata lain “Having A Typical Emotional Upset”, “Candy Bling”, “It’s a Wrap” dengan nuansa R&B ballad. Pada track “Ribbon” dengan intro terdengar hip hop dan “Inseparable” terdengar sekilas mirip dengan “Don’t Forget About Us”.

Berlanjut pada single masih bernuansakan R&B pop seperti “Standing O” serta “More Than Just Friends”. “Up Out My Face”, dan “The Impossible” yang ditambahakan selingan “The Reprise”. “Angel (The Prelude)” yang berdurasi satu menit yang hanya berisikan lengkingan MC dengan msuik slow dan bisikkaan kata-katanya yang menurut saya cukup mengganggu yang dilanjutkan dengan “Angels Cry” yang masih asik untuk dinikmati. Terakhir sampai kepada “Languishing (The Interlude)” single ballad piano yang berlanjut dan ditutup dengan cover version “I Want to Know What Love Is” yang dibawakan dengan banyak menggunakan improvisasi yang tidak perlu dan menyebabkan tidak seimbang pada perpindahan nada pada saat menyanyikannya, cukup mengecewakan karena hanya dibawakan selama 3 menit dan menurut saya masih kurang cukup untuk lagu ballad populer ini.

Secara keseluruhan, meski jauh dari harapan saya, namun kehadiran album Memoirs of an Imperfect Angel cukup menjadi kerinduan bagi penggemarnya, meski selang waktu perilisannya hanya berbeda setahun dari album sebelumnya. Semenjak perpindahan label, image musik R&B ditambah embel-embel ballad memang sangat melekat dibawah label Universal ini, dan tentunya jangan harap bisa mendengarkan lagu-lagu ballad pop seperti “My All”, “Hero” dan berbagai track lainnya dimana MC bisa mengeluarkan suaranya dengan maksimal, meski secara materi musik hampir sama dengan album-album sebelumnya, ke-17 lagu di album ini masih dapat dinikmati secara keseluruhan. Satu hal yang membuat salut, keberanian MC mengolok-olok penyanyi atau orang lain yang biasanya jarang dilakukan penyanyi wanita.
(Joe Ari Shasta / CreativeDisc Contributors)

Track listing:
1. “Betcha Gon’ Know (The Prologue)” (additional producer(s): James “Big Jim” Wright) — 4:00
2. “Obsessed” — 4:05
3. “H.A.T.E.U.” — 4:28
4. “Candy Bling” (additional writer(s): Ahmad A. Lewis, Stefan Gordy, John Klemmer) (additional producer(s): Los Da Mystro) — 4:03
5. “Ribbon” — 4:21
6. “Inseparable” (additional writers(s): Robert Hyman, Cyndi Lauper) — 3:34
7. “Standing O” — 4:00
8. “It’s a Wrap” (additional producer(s): Heatmyzer, James Wright) — 3:59
9. “Up Out My Face” — 3:41
10. “Up Out My Face (The Reprise)” — 0:51
11. “More Than Just Friends” (additional writer(s): Sean Combs, Chris Wallace, Rashad Smith, Mark DeBarge, Etterlene Jordan) — 3:37
12. “The Impossible” — 4:01
13. “The Impossible (The Reprise)” — 2:26
14. “Angel (The Prelude)” (additional producer(s): James Wright) — 1:04
15. “Angels Cry” (additional writer(s): Crystal Johnson) (additional producer(s): James Wright) — 4:02
16. “Languishing (The Interlude)” (additional writer(s) & producer(s): James Wright) — 2:34
17. “I Want to Know What Love Is” (written by Mick Jones) (additional producer(s): James Wright, Randy Jackson) — 3:27

Pengen dapetin CD nya? click aja disini!

Related posts

Leave a Reply