Trending News

Blog Post

November Artist Highlight – Pearl Jam
Reviews

November Artist Highlight – Pearl Jam 

Photobucket

Band alternative rock ini lahir pada tahun 1990 di Seattle, Washington. Band ini terdiri dari Eddie Vedder (lead vocals, guitar), Jeff Ament (bass guitar), Stone Gossard (rhythm guitar), Mike McCready (lead guitar) & Matt Cameron (drum) awalnya Stone Gossard dan Jeff Ament menjadi anggota band yang bernama Green River tapi akhirnya bubar jalan pada tahun 1987 karena ada perbedaan pendapat lalu dia membentuk band lagi yang bernama Mother Love Bone tapi lagi-lagi bubar jalan dikarenkan kematian vokalis dari band ini. Mereka berdua kembali lagi ke Seattle untuk merekam dan menulis lagu baru.

Beberapa bulan kemudian mereka menemukan seorang gitaris bernama Mike McCready setelah menemukan kecocokan mereka barulah mencari drummer dan vokalis lewat sebuah demo tape berisi 5 lagu dan mereka menawarkan demo ini ke mantan drummer Red Hot Chili Peppers Jack Irons.Dia menolak tapi memberikan demo itu ke temannya Eddie Vedder dan dia menerima tawaran tersebut,kurang dari seminggu dia telah menjadi vokalis dari band ini soal siapa yang menggebuk drum Dave Krusen menjawab pertanyaan tersebut dengan masuk menjadi line up band ini.

Mereka memainkan konser resmi pertama mereka di tanggal 22 October 1990 dan gak lama setelah itu mereka teken kontrak dengan Epic Records.Krusen keluar dari band pada Mei 1991 diakibatkan dia mesti masuk panti rehabilitasi dan posisinya digantikan oleh Dave Abbruzzese.

Setelah itu mereka membuat album debut mereka yang sensasional bertitel “Ten” dan diluncurkan pada tanggal 27 Agustus 1991 lirik dalam album ini sendiri berisikan depresi, bunuh diri, kesendirian dan pembunuhan (amat sangat dark ya unsurnya). Penjualan album ini awalnya lambat tapi di pertengahan tahun 1992 album ini menanjak ke posisi 2 di Billboard dengan sertifikasi Gold. ”Ten” juga menghasilkan single hit yaitu “Alive”, ”Even Flow” dan “Jeremy” album ini bertahan selama 2 tahun di chart dan menjadi salah satu album rock terlaku sepanjang masa dengan raihan 13 kali platinum.Sukses ini berimbas juga makin terlihatnya grunge di mata pecinta musik setelah sebelumnya Alice in Chains, Nirvana, dan Soundgarden sukses menginvasi pasar musik dengan aroma grunge.

Beban yang ditumpu Pearl Jam makin berat saat mereka mengerjakan album kedua,setidaknya penjualan album ini harus bisa menyaingi album pertama.Pada tanggal 19 Oktober 1993 mereka merilis album kedua mereka bertitel “Vs.” dan terjual sebanyak 950,378 di minggu pertama rilis dan mengalahkan semua album di 10 besar chart jika disatukan. “Vs.” mempunyai single seperti “Go”, “Daughter”, “Animal”, dan “Dissident”

Pearl Jam menulis materi baru untuk album ketiga berjudul “Vitalogy” pada saat mereka istirahat dari tur. Suasana semakin memanas pada saat pembuatan album ini. Produser album ini Brendan O’Brien mengatakan “Vitalogy was a little strained. I’m being polite—there was some imploding going on.”. Setelah album ini dikerjakan Dave Abbruzzese langsung dipecat dari band ini. Dia langsung digantikan Jack Irons.

Album ketiga ini dirilis pada tanggal 22 November 1994 lewat vinyl diikuti format CD dan kaset pada 2 minggu.Pas format CDnya keluar album ini menjual sebanyak lebih dari 877,000 di minggu pertama dan mendapat gelar “the second-fastest-selling in history”.Salah satu dari lagu ini “Spin the Black Circle” diganjar Grammy Award 1996 untuk Best Hard Rock Performance.Single di album ini adalah “Not for You”, “Corduroy”, “Better Man”, dan “Immortality”. “Better Man” mendarat di posisi 1 pada Billboard Mainstream Rock chart dan menghabiskan 8 minggu disana.

Mereka merilis album selanjutnya bertitel “No Code” pada tanggal 27 Agustus 1996 dan mendobrak pakem musik yang sama seperti di album “Ten”.Album ini menjawarai Billboard 200 Album tapi pada minggu selanjutnya album ini terjun ke tangga bawah secara cepat. Album ini menelurkan single “Who You Are” ,”Hail, Hail”, dan “Off He Goes”.

Setelah tur singkat untuk album “No Code” mereka kembali masuk ke studio pada tahun 1997 untuk mempersiapkan materi untuk album kelima mereka bertitel “Yield”.Yield dirilis pada tanggal 3 Februari 1998.Dan kembali memainkan pakem musik mereka dulu.Album ini langsung mendapat posisi 2 di Billboard 200 Album tapi sama seperti No Code album ini turun begitu cepat. Single yang dilempar ke pasar adalah “Given to Fly” dan “Wishlist”.

Pada April 1998 band ini ganti drummer lagi bernama Matt Cameron yang sebelumnya menjadi drummer band Soundgarden dan menjadi personil tetap band ini.Konser musim panas mereka sukses berat dan mereka mengeluarkan album live bertitel “Live on Two Legs”.

Pada 16 Mei 2000 band ini mengeluarkan album keenam mereka “Binaural” (mengambil nama dari salah satu teknik rekaman) dan ini adalah kali pertama Matt Cameron masuk studio bareng Pearl Jam.Memiliki dua single yaitu “Nothing as It Seems” yang menggunakan tehnik Binaural dan “Light Years” album ini diproduseri oleh Tchad Blake.Penjualan album ini di minggu pertamanya lebih dari 700 ribu keping dan menjadi album mereka yang pertama yang gagal mendapat sertifikasi platinum.

Tragedi pun menimpa band ini pada turnya di tahun 2000 di Eropa bertempat di Rosklide Festival,Denmark.9 orang terinjak-injak bahkan meninggal dunia dikarenakan crowd yang rusuh di depan pannggung.Setelah beberapa permintaan dari panitia festival untuk menghentikan konser band ini menghentikannya dan mencoba menenagkan massa tapi sudah terlambat.Dua konser pun dibatalkan akibat insiden ini dan band ini menunjukkan tanggung jawabnya terhadap kejadian ini.

“Riot Act” album ketujuh mereka dirilis pada tanggal 12 November 2002 dan mengeluarkan 2 single. “I Am Mine” dan “Save You”.Lagu “Arc” yang terdapat pada album ini diciptakan khusus untuk 9 korban konser mereka di Denmark.

Di bulan Juni 2003 mereka meninggalkan Epic dan bekerjasama dengan amazon.com untuk merilis single “Man of the Hour”.” Lost Dogs”, adalah album double disc yang berisi rarities dan B-sides, dan “Live at the Garden”, sebuah DVD live band ini pada tanggal 8 Juli 2003 di Madison Square Garden via Epic Records pada November 2003.

Album kedelapan “Pearl Jam” dirilis lewat J Records (segrup dengan Epic dalam label distribusi internasional yaitu Sony Music) pada tanggal 2 Mei 2006.Salah satu lagu mereka yang bertitel “World Wide Suicide” yang mengkritisi tentang perang Irak berhasil menembus tangga pertama di Billboard Modern Rock chart.Single di album ini adalah “Life Wasted”,”World Wide Suicide dan “Gone”.

Pada tahun 2009 mereka merilis ulang album “Ten” dan merilis album “Backspacer” pada tanggal 20 September 2009 via label yang mereka dirikan sendiri yaitu Monkeywrench dan didistribusikan lewat Universal Music Group.Album ini langsung menempati posisi 1 dan menjadi album pertama selama 13 tahun terakhir langsung duduk di peringkat jawara.
(Luthfi / CreativeDisc Contributors)

Related posts

Leave a Reply