Trending News

Blog Post

Album of The Day: Green Day – 21st Century Breakdown
Album of The Day

Album of The Day: Green Day – 21st Century Breakdown 

PhotobucketDi usia mereka yang tergolong tidak muda lagi, rock band Green Day masih membuktikan eksistensinya dengan mengeluarkan album baru “21st century breakdown”. Mencoba mengulang kembali kesuksesan “American Idiot” yang menjadi album terbaik mereka sepanjang karir mereka. Grup yang terdiri dari Billie Joe, Mike, dan Tre ini menyapa kembali penggemarnya dengan menyuguhkan 18 Track. Tentu saja jumlah ini membuat para penggemarnya merasa amat puas setelah di tinggalkan bergitu lama oleh trio ini.

“21st Century Breakdown” masih mengangkat tema-tema politik dengan gaya epic 70an serta impian-impian Amerika. Namun kali ini, keseluruhan album di ceritakan melalui dua karakter utama : Christian dan Gloria , dua remaja punk yang berpacaran pada era kekuasaan Bush dan setelahnya. Hal ini menjelaskan mengapa cover albumnya menempatkan dua remaja yang sedang berciuman dengan tembok yang berwarna coklat seperti bata (yang membuat album ini mendapat larangan beredar di Walmart).

Album ini di awali dengan lagu sepanjang 58 detik berjudul ‘Song of the century’ yang akan mengantarkan kita menuju tiga bagian dari kisah Christian dan Gloria dalam 21st century breakdown. Bagian pertama “Heroes and Cons” terdiri dari ‘21st century breakdown’, memberikan wana music pop-rock yang easy listening, mengingatkan kita pada ‘Working class heroes’ dan liriknya menggambarkan berbagai macam hal-hal yang membuat kita berpikir lagi mengenai video game, mimpi-mimpi amerika, Nixon dsb. ‘Know your enemy’, 1st single dengan pesan kalau kekerasan tidak menyelesaikan masalah, ‘¡Viva la Gloria!’, lagu dengan intro ballad yang dengan mudah membuat jatuh cinta. Begitu menyentuh. Tapi kemudian mereka akan tetap nge-rock! ‘Before the Lobotomy’, akustik-rock mengenai Christian yang akan berlanjut ke ‘Christian’s Inferno’ yang berbeda dengan lagu sebelumnya. Lagu punk rock yang di sajikan dengan jokes dan aura yang amat gelap. It’s creepy. ‘Last Night on Earth’. adalah lagu cinta yang amat emosional. Sisi lain dari green day yang bisa membuat para wanita bertekuk lutut dengan lirik yang begitu menyentuh.

Kedua “Charlatans and Saints” dimulai dengan ‘East Jesus Nowhere’ , sebuah pandangan mengenai agama yang di balut dengan musik klasik yang asik, khususnya pada permainan basnya. Setelah membahas agama selanjutnya adalah perdamaian, ‘Peacemaker’ mempunyai nuansa latin America dengan tempo yang cepat. ‘Last of the American Girls’ lagu ini di tujukan untuk istri dari sang vokalis, Billie joe. ‘Murder City’ menyinggung efek depresi dan helpless yang tengah terjadi. ‘¿Viva la Gloria? (Little Girl)’ rangkaian lanjutan dari lagu Gloria sebelumnya. Jika Gloria pertama di sajikan dengan balad piano, Kali kini kesan Charlie Chaplin pada Gloria2 terngiang-ngiang pada intro lagu dan seakan-akan kita dapat melihat masa lalu Gloria. “Restless Heart Syndrome” , akan mengingatkan kamu pada boulevard of broken dream, musiknya hampir sama, tempo, dan permaian melodi gitar joe dan mike serta drum tre yang membuat lagu ini hidup. Sisipan lirik ‘know your enemy’ mempertegas kalau setiap lagu yang ada di lagu album ini saling berkaitan.

Yang terakhir “Horseshoes and Handgrenades” yang diawali dengan judul lagu yang sama. Lebih menjurus ke sisi punk atau ke hard core nya , terdengar lebih gahar dan keras, liriknya pun cukup berani. ‘The Static Age’ merupakan gabungan Muse, The Who, The Police, Sugar Ray dan Paramore. ‘21 Guns’ merupakan 2nd single and another mellow song from them woth slow rock classic taste!. ‘American Eulogy’, lagi-lagi menyebutkan judul lagu lain dari album ini, awal lagu akan di nyanyikan dengan ‘Old theme’ yang dapat dirasakan dengan adanya efek gangguan suara. ‘See the Light’ pemilihan yang tepat setelah berbagai lagu yang cukup kelam. Cahaya menjadi Perumpamaan yang tepat untuk menganalogikan harapan setelah semua masalah yang ada!
Green Day benar-benar menyiapkan Konsep album yang begitu matang. Sampai-sampai memikirkan alur cerita, pembagian album, karakter Christian dan Gloria yang sebenarnya dapat bermakna ambigu. Hal ini lah membuat album ini menjadi luar biasa dan salah satu album rock terbaik abad 21 yang pernah ada dan wajib di dengarkan. They got another masterpiece, dude!
(Muthia / CreativeDisc Contributor)

Track listing:
All lyrics written by Billie Joe Armstrong, all music composed by Green Day.
# Title Length
1. “Song of the Century” 0:58
Act I: Heroes and Cons
# Title Length
2. “21st Century Breakdown” 5:09
3. “Know Your Enemy” 3:11
4. “¡Viva la Gloria!” 3:31
5. “Before the Lobotomy” 4:37
6. “Christian’s Inferno” 3:07
7. “Last Night on Earth” 3:57
Act II: Charlatans and Saints
# Title Length
8. “East Jesus Nowhere” 4:35
9. “Peacemaker” 3:24
10. “Last of the American Girls” 3:51
11. “Murder City” 2:54
12. “¿Viva la Gloria? (Little Girl)” 3:48
13. “Restless Heart Syndrome” 4:20
Act III: Horseshoes and Handgrenades
# Title Length
14. “Horseshoes and Handgrenades” 3:14
15. “The Static Age” 4:17
16. “21 Guns” 5:21
17. “American Eulogy” (A. “Mass Hysteria” / B. “Modern World”) 4:26
18. “See the Light” 4:36
69:16

Pengen dapetin CD ini gratis? Ikutin kuisnya hanya disini

Related posts

Leave a Reply