Trending News

Blog Post

Album of The Day: Guy Sebastian – Like It Like That
Album of The Day

Album of The Day: Guy Sebastian – Like It Like That 

PhotobucketAlbum Guy Sebastian kali ini masih tetap konsisten dengan eksplorasi retro pada nuansa soul, sedikit rock dan pop. Coba dengarkan ‘Like It Like That’ yang menjadi tembang pembuka sekaligus judul album kelima dari Guy ini. Tembang pertama ini bernuansa riang beratmosfir ala pesta cocktail di sore hari. Resapi alunan flute ditimpali dengan permainan keyboard dan lengkingan khas Guy. Dengan beat bertempo cepat serta sesekali diimbuhi brass section juga petikan gitar membuat lagu ini nikmat di telinga. Coba nikmati juga ‘All To Myself’ dan ‘Attention’ yang lebih kental dengan aroma soul. Perbedaannya adalah ‘All To Myself’ pekat dengan nuansa retro ala 60s, sementara ‘Attention’ lebih terasa kontemporer.

Sayangnya duet Guy dengan Jordin Sparks dalam ‘Art Of Love’ terasa kurang gregetnya, seakan kehilangan nyawa dari Guy di album ini. Saya merasa Guy lebih total dan menyatu dalam lagu-lagu soul ketimbang pop kontemporer dengan sentuhan R&B ditambah nuansa Ryan Tedder. Komposisi ‘Art Of Love’ ini bahkan terasa dipaksakan masuk dalam deretan lagu di album ini supaya lebih terkesan relevan dengan mainstream yang sedang fashionable. Jujur saya lebih suka duet Guy dengan Tarryn Stokes dalam tembang ‘Magic’. Meski warna suara Tarryn lebih sesuai dengan folk atau country tapi duet ini terasa lebih terasa menyatu ketimbang dengan Jordin. Coba dengarkan melodinya yang ceria dan resapi bagaimana sentuhan magis dalam lagu ini. Lagu melankolis yang menjadi favorit saya adalah ‘Bring Yourself’. Di lagu ini Guy lebih terdengar bernuansa bluesy. Interpretasi Guy di lagu ini membuat saya merinding mendengarkannya. Aransemen musiknya dengan dominasi petikan rhythm guitar diimbuhi strings violin serta choir sebagai backing vocal pada bagian reffrein akhir lagu membuat lagu ini terdengar megah. Simak tembang ‘Never Be You’ yang agak sedikit mengingatkan pada ‘Let’s Stay Together’-nya Al Green.

Coba resapi komposisi ‘Perfection’, alunan suara Guy terdengar lebih sederhana namun menyentuh diiringi dentingan piano yang mendominasi. Sedikit mengingatkan pada gaya Rick Price di lagu Heaven Knows. Salah satu komposisi yang mencuri perhatian adalah pada tembang ‘Undo’ yang bernuansa ala pop rock 50s dipadukan dengan sedikit aroma reggae lewat aransemen vokal Guy dipadukan dengan sorakan ala hip hop terutama pada bagian reffreinnya. Perpaduan subtil yang memikat dan yang pasti akan mengangkat mood kita yang mendengarnya.

Pada ‘Coming Home’ Guy terdengar lebih bernuansa pop rock agak mengingatkan pada perpaduan antara gaya vokal Billy Joel dan Elton John. Dengarkan keseluruhan album ini dan rasakan kenikmatan dari aroma retro yang ditawarkan Guy. Dijamin kita akan ikut merasakan semaraknya gradasi musik retro lewat lagu-lagu di album ini.
(Timmy / CreativeDisc Contributor)

Track List:
1. “Like it Like That”
2. “All to Myself”
3. “Art of Love” feat. Jordin Sparks
4. “Attention”
5. “Magic” feat. Tarryn Stokes
6. “Bring Yourself”
7. “Never Hold You Down”
8. “Fail to Mention”
9. “Never Be You”
10. “Coming Home”
11. “Undo”
12. “Perfection”

Related posts

Leave a Reply