Trending News

Blog Post

Album of The Day: Rod Stewart – Soulbook
Album of The Day

Album of The Day: Rod Stewart – Soulbook 

PhotobucketAda yang tak kenal Rod Stewart? Memalukan! Dengan rentang karir sepanjang 5 dekade, tak heran jika Rod Stewart merupakan salah satu legenda musik. Versatilitas musiknya patut diacungi jempol. Rod Stewart mampu menjiwai rock yang sesuai dengan karakter vokalnya yang bertekstur serak dan seksi. Tapi Rod Stewart juga tak berhenti mengambil resiko dengan bereksplorasi pada jenis musik lainnya. Ia pernah menghasilkan album dengan musik yang ngepop hingga yang lebih bernuansa jazzy seperti Great American Songbook.

Jadi bagaimana dengan album teranyarnya, ‘Soulbook’? Bagi Stewart menghasilkan album berisikan lagu-lagu cover version bukanlah hal baru. Jadi memang dapat dikatakan Stewart cukup piawai dalam menghasilkan album yang kental dengan nuansa retro, nostalgia tapi tetap terasa relevan. Apalagi Stewart selalu berhasil memberikan jiwa untuk lagu-lagu tersebut hingga terasa berbeda dengan penyanyi aslinya. Sebagai contoh pada komposisi ‘It’s The Same Old Song’. Stewart akan membawa kita pada intro acapela yang memberikan kesan berbeda dengan lagu aslinya. Sementara itu aransemen lagunya sendiri dibuat sedikit relaks ketimbang lagu aslinya yang lebih upbeat dan riang.

Stewart juga tak ragu menggandeng Mary J. Blige untuk membuat atmosfer yang berbeda pada lagu ‘You Make Me Feel Brand New’. Hasilnya perpaduan interpretasi vokal Stewart yang lebih ngepop berpadu menarik dengan interpretasi vokal Blige yang sangat soulful. Sebuah perpaduan yang memikat menghasilkan atmosfir yang memiliki rasa yang romantis yang gemilang. Apalagi liriknya begitu manis dan catchy.

God bless you, you make me feel brand new
For God blessed me with you, you make me feel brand new
I sing this song cause you make me feel brand new

Salah satu lagu yang juga memikat dibawakan Stewart adalah ‘Track of My Tears’. Stewart membawa kita pada nuansa akustik yang minimalis. Didominasi dengan gitar pada dua bait pertama. Begitu manis dan menyentuh. Barulah pada refrain kedua kesan megah timbul dengan iringan violin dan backing choir. Sementara pada outro-nya Stewart bernyanyi secara acapela. Sebuah komposisi yang sangat dinamis.
Pada komposisi ‘Let It Be Me’, Stewart berduet dengan Jennifer Hudson. Sebuah duet yang manis. Di lagu ini Hudson berhasil memberikan nuansa yang berbeda dengan interpretasi vokalnya yang lebih lembut dibandingkan yang kita kenal selama ini.

Di album ini memang kekuatan terdapat pada komposisi ballad. Tapi bukan berarti Stewart tidak piawai dengan lagu-lagu yang lebih bertempo sedang dan cepat. Selain ‘It’s The Same Old Song’, ada ‘(Your Love Keeps Lifting Me) Higher and Higher’ yang catchy, juga ‘Love Train’ yang ceria atau ‘Wonderful World’ yang jadi favorit saya. Miliki album ini dan biarkan Rod Stewart membawa kalian merasakan perjalanan musik retro dari 60-an hingga 80-an.
(Timmy / CreativeDisc Contributor)

Track List:
1. It’s The Same Old Song
2. My Cherie Amour
3. You Make Me Feel Brand New – feat. Mary J. Blige
4. (Your Love Keeps Lifting Me) Higher and Higher
5. Tracks Of My Tears
6. Let It Be Me – feat. Jennifer Hudson
7. Rainy Night In Georgia
8. What Becomes Of The Broken Hearted
9. Love Train
10. You’ve Really Got A Hold On Me
11. Wonderful World
12. If You Don’t Know Me By Now
13. Just My Imagination

Related posts

Leave a Reply

windows 10 pro kaufen office 2019 pro kaufen office 365 pro kaufen windows 10 home kaufen windows lizenz kaufen instagram follower kaufen tiktok follower kaufen windows 10 pro satın al office 2019 pro satın al office 365 pro satın al windows 10 home satın al windows lisans satın al windows 10 satın al